Improving Student Learning Outcomes Through E-Comic Learning Media Ecosystem Component Materials

Penulis

  • Kadek Nia Sri Utami Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • I. G. A. A. Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
  • G. N. Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jil.v1i1.44994

Kata Kunci:

Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Komik

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya variasi media pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada saat proses pembelajaran. Hal ini tentu membuat guru kesulitan saat menyampaikan materi ajar yang tentu saja akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Penilitian ini bertujuan untuk mengecek rancang bangun, kualitas, serta membuktikan efektivitas media pembelajaran e-komik. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yaitu ahli isi mata pelajaran, desain, media, dan siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Rancang bangun e-komik yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap analisis (Analyze), tahap desain (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluations). (2) E-komik dinyatakan berkualitas dengan hasil review ahli isi mata pelajaran mencapai skor 94%, review ahli desain pembelajaran mencapai skor 94%, review ahli media pembelajaran mencapai skor 92%, uji coba perorangan mencapai skor 97%, uji coba kelompok kecil mencapai skor 96,4%, dan uji coba lapangan mencapai skor 96,3% dengan keseluruhan berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-komik efektif digunakan di sekolah dasar.

Biografi Penulis

Kadek Nia Sri Utami, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

Jurusan Pendidikan Dasar

I. G. A. A. Wulandari, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

Jurusan Pendidikan Dasar

G. N. Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

Jurusan Pendidikan Dasar

Referensi

Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk Sma. Jurnal Kwangsan, 6(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.66

Agung, A. A. G. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agbo, F. J., Oyelere, S. S., & Suhonen, J. (2021). Produksi ilmiah dan terobosan tematik dalam lingkungan pembelajaran cerdas : analisis bibliometrik. https://doi.org/10.1186/s40561-020-00145-4

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Antera, S. (2021). Kompetensi Profesional Guru SMK : Tinjauan Konseptual. 459–479. https://doi.org/10.1007/s12186-021-09271-7

Azizi, M., & Prasetyo, S. (2018). Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa MI/SD. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 185–194. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.25

Boetto, E., Fantini, M. P., Gangemi, A., Golinelli, D., Greco, M., Nuzzolese, A. G., Presutti, V., & Rallo, F. (2021). Using altmetrics for detecting impactful research in quasi-zero-day time-windows: the case of COVID-19. Scientometrics, 126(2), 1189–1215. https://doi.org/10.1007/s11192-020-03809-7

Campedelli, G. M. (2021). Di mana kita ? Menggunakan Scopus persimpangan antara kecerdasan buatan dan penelitian tentang kejahatan. https://doi.org/10.1007/s42001-020-00082-9

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790

Farias, S., & Ignacio, G. (2021). Transformasi dan literasi digital : Pemetaan literatur sistematis. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10624-x

Hamadi, M., El-den, J., Azam, S., & Sriratanaviriyakul, C. (2021). Kerangka kerja baru untuk mengintegrasikan media sosial sebagai alat pembelajaran kooperatif di ruang kelas pendidikan tinggi. https://doi.org/10.1186/s41039-021-00169-5

Ketut Arisantiani, N., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science (Clis) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Made Putra Ni Nyoman Ganing. Journal of Education Technology, 1(2), 124–132. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. 4(19), 939–946. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.553

Musdalifah. (2019). Diajukan kepada Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan dalam Menyelesaikan Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Nordby K., S., Annette, N., Bjerke, H., & Mifsud, L. (2022). Pemikiran Komputasi di Kelas Matematika Dasar. Pengalaman DIgital dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.1007/s40751-022-00102-5

Pujiyanto dan Budhi Widodo. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMTON, 03(02), 343–358. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/3536/4069

Putri, N. M. C. D., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas , Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 78. http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/3076/1643%0Ahttp://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/716

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST: Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7–11. https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Rahmawati, Anik. 2020. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran IPA Subtema Komponen Ekosistem". Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8845

Rashid, A., Farooq, M. S., Abid, A., Umer, T., Bashir, A. K., & Zikria, Y. Bin. (2021). Social media intention mining for sustainable information systems: categories, taxonomy, datasets and challenges. Complex & Intelligent Systems. https://doi.org/10.1007/s40747-021-00342-9

Rotar, O. (2022). Dukungan siswa online : kerangka kerja. https://doi.org/10.1186/s41039-021-00178-4

Sotero, M. C., Alves, Â. G. C., Arandas, J. K. G., & Medeiros, M. F. T. (2020). Local and scientific knowledge in the school context: Characterization and content of published works. Journal of Ethnobiology and Ethnomedicine, 16(1), 1–28. https://doi.org/10.1186/s13002-020-00373-5

Suartama, I. K. (2016). Materi 4 Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran Oleh : I Kadek Suartama Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2016. Ubiquitous Learning Environment Based on Moodle Learning Management System, January 2016, 1–17.

Sudarma, I Komang, dkk. 2015. Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16.

Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Philip (2021). Publikasi prosiding konferensi dalam basis data bibliografi : studi kasus negara-negara. https://doi.org/10.1007/s11192-020-03773-2

Wahyudi, M., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2021). Kontribusi Gaya Kognitif dan Sikap Ilmiah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 17–25. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32307

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29259

Yuliastini, L. G. I., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. 25(1), 11-19. file:///C:/Users/lenovo/Downloads/24471-42085-1-PB%20(1).pdf

Diterbitkan

2022-02-25

Terbitan

Bagian

Articles