Strategi Powers Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Report Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.27812Keywords:
Keterampilan Menulis, Strategi POWERSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan siswa dengan menggunakan strategi POWERS di SMA Laboratorium Undiksha khususnya kelas X Ilmu Bahasa dan budaya. Ada 21 siswa di kelas, terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian berbasis tindakan kelas yang diselesaikan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua jenis instrumen yaitu kualitatif dan kuantitatif, untuk kualitatif penulis menggunakan observasi dan wawancara yang dianalisis secara deskriptif dan untuk kuantitatif wirter menggunakan tes menulis siswa yang dianalisis dengan menggunakan rubrik menulis dari Brown (2007). Target penelitian ini adalah mencapai nilai ketuntasan minimum yaitu ≥75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi POWERS efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam skor rata-rata dalam tes menulis dan jumlah siswa yang lulus tes. Setelah dua siklus dilakukan, ada peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata siswa. Ditemukan bahwa nilai rata-rata siswa dalam tes pra-tes adalah 58,81% (rendah), dan ini meningkat menjadi 68,10% (sedang) pada post-test1 dan kemudian menjadi 81,95% (di atas rata-rata) pada post-test 2. Berdasarkan evaluasi dari siklus pertama. Peneliti memutuskan untuk mengubah modifakasi kelompok sehingga penelitian ini mencapai target yang diharapkan. Peningkatan skor rata-rata siswa juga didukung oleh minat siswa selama proses belajar mengajar. Selain itu, para siswa menemukan bahwa kegiatan dalam strategi POWERS membantu mereka untuk menulis teks laporan. Selanjutnya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kerja kelompok dapat digunakan untuk membantu siswa untuk bekerja bersama dan mendorong partisipasi mereka.
References
Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta:Depdiknas.
Brown. (2007). Language Assessment Principles and Classroom Practices.
Haryanto. (2013). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat satuan pendidikan. Yuma Pustaka.
Land, S. (n.d.). Writing with POWER. William and Mary of education. http://education.wm.edu/centers/ttac/resources/articles/teachtechnique/writewpower/index.php
Nurgiyanto, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran Bahasa dan Sastra. Sabda Media.
Ratminingsi.N.M. (2017). Strategi pembelajaran Bahasa Inggris.
Ratna, J. (2012). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Sebuah Teks Recount Dengan Menggunakan Metode Latihan Pada Siswa Kelas Viii.A2 Madrasah Tsanawiyah (Mts) Darul Hikmah Pekanbaru.
Rinnert, C., & Kobayashi, H. . (n.d.). Situated Writing practices in foreign Language settings:The role of previous experience and instruction. Dalam R.M Manchon (Ed.) Writing in Foreign Language Context Learning, Teaching, and Research. Bristol:Miltilungual matters.
Rofi’uddin, A., & Zuhdi., D. (2006). Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.Jakarta. Depdiknas.
Rofi’uddin, A., & Zuhdi, D. (1999). Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi. Depdikbud.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sulistia, D. E. (2013). Meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dengan pengintegrasian POWERS dalam assesment portofolio elektronik. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis: Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Th.M, S., & Gracia, E. (2016). Pathway to English. Erlangga.
Widyartono, D. (2012). Teknik Penulisan Kutipan. http://didin.lecture.ub.ac.id/ keterampilan-menulis/teknik-penulisan-kutipan
Young, C. (1998). The P.O.W.E.R.S of Writing: A students guide to the Writing proces. http://edweb.sdsu.edu/webques/.html
Yulianti, A. S., & Agustinus Ngago. (n.d.). , Penerapan Strategi Power Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas Xi Smk Nasional Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.