Strategi Powers Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Report Siswa

Authors

  • P. R. Kefi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.G.L.P Utami Universitas Pendidikan Ganesha
  • L.P. Widyareni Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.27812

Keywords:

Keterampilan Menulis, Strategi POWERS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan siswa dengan menggunakan strategi POWERS di SMA Laboratorium Undiksha khususnya kelas X Ilmu Bahasa dan budaya. Ada 21 siswa di kelas, terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian berbasis tindakan kelas yang diselesaikan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua jenis instrumen yaitu kualitatif dan kuantitatif, untuk kualitatif penulis menggunakan observasi dan wawancara yang dianalisis secara deskriptif dan untuk kuantitatif wirter menggunakan tes menulis siswa yang dianalisis dengan menggunakan rubrik menulis dari Brown (2007). Target penelitian ini adalah mencapai nilai ketuntasan minimum yaitu ≥75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi POWERS efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam skor rata-rata dalam tes menulis dan jumlah siswa yang lulus tes. Setelah dua siklus dilakukan, ada peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata siswa. Ditemukan bahwa nilai rata-rata siswa dalam tes pra-tes adalah 58,81% (rendah), dan ini meningkat menjadi 68,10% (sedang) pada post-test1 dan kemudian menjadi 81,95% (di atas rata-rata) pada post-test 2. Berdasarkan evaluasi dari siklus pertama. Peneliti memutuskan untuk mengubah modifakasi kelompok sehingga penelitian ini mencapai target yang diharapkan. Peningkatan skor rata-rata siswa juga didukung oleh minat siswa selama proses belajar mengajar. Selain itu, para siswa menemukan bahwa kegiatan dalam strategi POWERS membantu mereka untuk menulis teks laporan. Selanjutnya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kerja kelompok dapat digunakan untuk membantu siswa untuk bekerja bersama dan mendorong partisipasi mereka.

Author Biographies

P. R. Kefi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

I.G.L.P Utami, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

L.P. Widyareni, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

References

Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta:Depdiknas.

Brown. (2007). Language Assessment Principles and Classroom Practices.

Haryanto. (2013). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat satuan pendidikan. Yuma Pustaka.

Land, S. (n.d.). Writing with POWER. William and Mary of education. http://education.wm.edu/centers/ttac/resources/articles/teachtechnique/writewpower/index.php

Nurgiyanto, B. (2001). Penilaian dalam pengajaran Bahasa dan Sastra. Sabda Media.

Ratminingsi.N.M. (2017). Strategi pembelajaran Bahasa Inggris.

Ratna, J. (2012). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Sebuah Teks Recount Dengan Menggunakan Metode Latihan Pada Siswa Kelas Viii.A2 Madrasah Tsanawiyah (Mts) Darul Hikmah Pekanbaru.

Rinnert, C., & Kobayashi, H. . (n.d.). Situated Writing practices in foreign Language settings:The role of previous experience and instruction. Dalam R.M Manchon (Ed.) Writing in Foreign Language Context Learning, Teaching, and Research. Bristol:Miltilungual matters.

Rofi’uddin, A., & Zuhdi., D. (2006). Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.Jakarta. Depdiknas.

Rofi’uddin, A., & Zuhdi, D. (1999). Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi. Depdikbud.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sulistia, D. E. (2013). Meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dengan pengintegrasian POWERS dalam assesment portofolio elektronik. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis: Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Th.M, S., & Gracia, E. (2016). Pathway to English. Erlangga.

Widyartono, D. (2012). Teknik Penulisan Kutipan. http://didin.lecture.ub.ac.id/ keterampilan-menulis/teknik-penulisan-kutipan

Young, C. (1998). The P.O.W.E.R.S of Writing: A students guide to the Writing proces. http://edweb.sdsu.edu/webques/.html

Yulianti, A. S., & Agustinus Ngago. (n.d.). , Penerapan Strategi Power Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas Xi Smk Nasional Makassar.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Kefi, P. R., Utami, I., & Widyareni, L. (2023). Strategi Powers Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Report Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 293–298. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.27812

Issue

Section

Articles