Penggunaan Digital Mind Mapping Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik

Authors

  • Medyana Inna Sairo Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.27813

Keywords:

Digital Mind Mapping, Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas sepuluh melalui penggunaan Pemetaan Pikiran Digital di SMA Negeri 1 Singaraja khususnya di kelas X MIPA 1.  Ada 34 siswa di kelas, terdiri dari 13 laki-laki dan 21 perempuan. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian berbasis tindakan kelas yang diselesaikan dalam dua siklus dan siklus 1 dalam 3 sesi dan siklus 2 dalam 2 sesi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemetaan Pikiran Digital efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa. Setelah dua siklus dilakukan (menggunakan aktivitas Pemetaan Pikiran Digital dengan kerja kelompok acak pada siklus 1 dan kerja kelompok lotre pada siklus II), ada peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata siswa. Ditemukan bahwa nilai rata-rata siswa dalam tes pra tes adalah 24% dan ini meningkat menjadi 90% pada post test I dan pada post test II mengalami peningkatan pada peserta didik yang sebelumnya tidak mencapai KKM. Peningkatan nilai rata-rata siswa juga didukung oleh minat siswa selama proses belajar mengajar karena metode menggunakan teknologi. Selain itu, para siswa menemukan bahwa kegiatan Pemetaan Pikiran Digital membantu mereka untuk mengorganisir ide siswa, menjadi berpikir kritis, kreatif dan meningkatkan tulisan siswa. Selanjutnya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kerja kelompok dapat digunakan untuk membantu siswa untuk bekerja bersama dan mendorong partisipasi mereka.

Author Biography

Medyana Inna Sairo, Universitas Pendidikan Ganesha

Program Pendidikan Profesi Guru

References

Alfian, E. (1985). Persepsi Masyarakat tentang Kebudayaan. PT Gramedia.

Brown, H. (2007). Teaching by Principles: An Interactive Approch to Language Pedagogy. Pearson Longman.

Budd, J. (2004). Mind Maps as classroom exercises. Journal of Economic Education, 35(1), 41–46. DOI: https://doi.org/10.3200/JECE.35.1.35-46

Buzan, T. (2009). Buku Pintar Mind Mapp. Gramedia Pustaka Utama.

Chik, V., & B. Plimmer, e. a. (2007). Intelligent mind-mapping. DOI: https://doi.org/10.1145/1324892.1324931

Erdogan, Y. (2008). Paper-based and computer-based concept mappings: the effects on computer achievement, computer anxiety and computer attitude. British Journal of Educational Technology, 40(5), 821–836. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2008.00856.x

Hermansyah. (2012). Teaching Descriptive Writing Using Clustering Technique at Second Grade Students of MAN Cimahi. An Undergraduated Thesis. English Education Program Language and Art Department.

Hwang, G. J. (2014). Definition, framework and research issues of smart learning environment-a-context-aware ubiquitous learning perspective. Smart Learning Environment, 1(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.1186/s40561-014-0004-5

Karim, M., & Rachmadi, S. (1996). Writing. Depdikbud.

Mufid, M. (2009). Etika dan Filsafat Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Sairo, M. I. (2023). Penggunaan Digital Mind Mapping Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 369–374. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.27813

Issue

Section

Articles