IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING KAKI BAGIAN LUAR

I Komang Dwi Astika, , I Gusti Lanang Agung Parwata

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini siswa kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 1 Singaraja, yang berjumlah 32 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata aktivitas belajar passing  kaki bagian luar, secara klasikal pada observasi awal 6,2 (cukup aktif), meningkat pada siklus I menjadi 7,14 (aktif), dan meningkat pada siklus II menjadi 7,92 (aktif). Sedangkan persentase kentuntasan hasil belajar secara klasikal pada observasi awal 20%,  meningkat pada siklus I menjadi 84%, dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing menggunakan kaki bagian luar sepakbola meningkat melalui penerapan model pembelajaran NHT pada siswa kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 1 Singaraja. Disarankan kepada guru PJOK untuk menerapkan model pembelajaran NHT karena meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  passing menggunakan kaki bagian luar siswa.

Full Text:

PDF

References


Dimiyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metodologi Penelitian Keolahragaan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurkancana dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Permendikbud no 65. 2013. Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Sudjana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyanto. 1998. Perkembangan dan Belajar Motorik. Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Undiksha. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Singaraja: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27837

Article Metrics

Abstract view : 290 times
PDF file view : 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.