HUBUNGAN HASIL BELAJAR DENGAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TRADING PLACE TERHADAP PRESTASI BELAJAR

elviya wati, Nyoman Kusmariyatni

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan staregi trading place dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan pembelajaran strategi trading place,  2) untuk mengetahui hubungan hasil belajar IPA dengan menggunakan strateg trading place antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran strategi trading place dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan strategi trading place. Jenis penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan teknik pengambilan proposional random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 45 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V SD Negeri 3 Kaliuntu sebagai kelompok eksperimen sebanyak 25 orang siswa dan kelas V SD Negeri 1 Kaliuntu sebagai kelompok control sebanyak 22 orang siswa. Data tentang prestasi belajar dikumpul melalui metode tes statistic inferensial ( regresi ) dengan menggunakan tes objektif. Selanjutnya data analisis dengan menggunakan regresi Fhitung= 77,090 dan Ftabel = 3,80. Berdasarkan criteria pengujian, rhitung>rtabel (0,634>0,1541). Dengan taraf signifikansi 5%, maka H1diterima. Hal ini terbukti bahwa hubungan strategi trading palce berpengaruh sangat baik terhadap perestasi belajar siswa. Dengan demikian, perhitungan analisis data membuktikan adanya hubungan hasil belajar dengan strategi trading place terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SD Gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/202.

References


Abidin, M. J. Z., Rezaee, A. A., Abdullah, H. N., & Singh, K. K. B. (2011). Learning styles and overall academic achievement in a specific educational system. International Journal of Humanities and Social Science, 1(10). Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/d37e/6a97e55fbfb79f2799e144948e3e571f6318.pd

Arifin, Z. (1991). Evaluasi instruksional: Prinsip teknik prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. http://doi.org/1988

Dimyati & Mudjiono. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Djamarah, S. B. (2012). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Dmarah, Syaiful Bahri dkk,.(2010). Strategi Belajar Mengajar (Jakarta : PT Asdi Mahasatya), h. 5.

Feng, H.Y., Fan, J.J., & Yang, H.-Z. (2013). The relationship of learning motivation and achievement in EFL: Gender as an intermediated variable. Educational Research International, 2(2), 2307–3713. Retrieved from www.savap.org.pk

Furniss, E. (2012). Assessing learning achievement. New York, N.Y. Retrieved from https://www.unicef.org/lifeskills/files/AssessingLearningAchievement.doc

Kasirye, I. (2009). Determinants of learning achievement in Uganda. Retrieved from https://www.csae.ox.ac.uk/conferences/2009 -EdiA/papers/325-Kasirye.pdf

Silberman, Malvin L. 2009. Active learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Susanto, A. (2013).Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sutarjo, Adi Susilo .(2012). Pembelelajaran Nilai Karakter: Kontruktivisme dan VCI sebagai Inovasi (Jakarta : Raja Grafindo Persada), h. 87-89.

Ula, S. S. (2013). Revolusi belajar: Optimalisasi kecerdasan melalui pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v2i1.34198

Article Metrics

Abstract view : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.