Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Melalui Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Dewi Kresnawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gst. Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gd Wawan Sudatha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44965

Keywords:

Strategi Pembelajaran Tipe Quiz Team, Lesson Study, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team melalui lesson study  dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa SD kelas V. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 130 siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas V SD yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar matematika dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif dan statistik t-test dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (5,90) lebih dari ttabel (2,00172) dan nilai rata - rata kelompok eksperimen 19,5 dan rata-rata kelompok kontrol 15,55 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team melalui lesson study dan kelompok siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Simpulan penelitian bahwa strategi pembelajaran aktif tipe quiz team melalui lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD.

Author Biographies

Dewi Kresnawati, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

I Gst. Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

I Gd Wawan Sudatha, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Teknologi Pendidikan

References

Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905

Angraini, N., & Masykur, R. (2018). Modul Matematika Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Pokok Trigonometri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 217–228. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2558. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2558

Ernawati, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pai Dengan Metode Team Qiuz Siswa Kelas Vi. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(1), 29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v11i1.26014

Nurdiansyah, N. M., Arief, A., Agustin, F. R., Hudriyah, H., Muassomah, M., & Mustofa, S. (2021). Education Reconstruction: A Collaboration Of Quiz Team And Kahoot Methods In Learning Arabic. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 22(2), 93–106. https://doi.org/10.24036/komposisi.v22i2.111436. DOI: https://doi.org/10.24036/komposisi.v22i2.111436

Putri, D. P. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn. Journal of Education Action Research, 4(4), 452–458. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28640

Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development of Computer-based Interactive Multimedia: Study on Learning in Elementary Education. International Journal of Engineering and Technology, 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384. DOI: https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384

Raisal, A. Y., & Suwondo, N. (2018). Effectiveness Of Active Learning Method Quiz Team Type On Student Learning Outcomes In Subject Ohm Law In SMA Negeri 1 Pundong. Indonesian Review of Physics, 1(2), 33–36. https://doi.org/10.12928/irip.v1i2.716. DOI: https://doi.org/10.12928/irip.v1i2.716

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1 – 10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Kresnawati, D., Japa, I. G. N., & Sudatha, I. G. W. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team Melalui Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44965

Issue

Section

Articles