Model Discovery Learning Berbantuan Peta Pikiran Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Authors

  • I Kadek Yoga Sanjaya Universitas Pendidkan Ganesha, Singaraja, indonesia
  • Made Sumantri Universitas Pendidkan Ganesha, Singaraja, indonesia
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidkan Ganesha, Singaraja, indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44991

Keywords:

Discovery Learning, Peta Pikiran, IPA

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V disebabkan oleh pembelajaran yang masih cenderung bersifat konvensional yang membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan model Discovery Learning berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Discovery Learning berbantuan Peta Pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah quasi eskperimen dengan menggunakan rancangan non-equuivalent post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 183 orang dan sampel penelitian ini berjumlah 58 siswa yang diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Data pada penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan jumlah soal 20 butir. Data hasil belajar IPA dianalisis menggunakan statistik deskriftif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Discovery Learning berbantuan peta pikiran dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (thitung sama dengan 4,34 lebih dari ttabel sama dengan 1,67). Simpulan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini adalah dengan penerapan model Discovery Learning berbantuan Peta Pikiran, siswa menjadi lebih aktif dan dapat membangun pengetahuannya secara mandiri.

Author Biographies

I Kadek Yoga Sanjaya, Universitas Pendidkan Ganesha, Singaraja, indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Made Sumantri, Universitas Pendidkan Ganesha, Singaraja, indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

Ndara Tanggu Renda, Universitas Pendidkan Ganesha, Singaraja, indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Agung, A., Trisna, B., Candra, A., Sujana, I. W., & Ardana, I. K. (2017). “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas VI Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017.” Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20

Astuti, M. S. (2015). Peningkatan Ketermpilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 10–23. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p10-23

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Bamiro, A. O. (2015). Effects of Guided Discovery and Think Pair Share strategies on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry. SAGE Open, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.1177/2158244014564754. DOI: https://doi.org/10.1177/2158244014564754

Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Map. PT Gramedia.

Candiasa, I. M. (2010). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Undiksha Press.

Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. PT. Raja Grafindo Persada.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. PT Indeks.

Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Hanafi, H. (2016). The Effect of Discovery learning Method Application on Increasing Students’ Listening Outcome and Social Attitude. Dinamika Ilmu, 16(2), 291. https://doi.org/10.21093/di.v16i2.552.

Hanafi, Hanafi. (2016). The Effect of Discovery Learning Method Application on Increasing Students’ Listening Outcome and Social Attitude. Dinamika Ilmu, 16(2), 291–306. https://doi.org/10.21093/di.v16i2.552. DOI: https://doi.org/10.21093/di.v16i2.552

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama.

Harususilo, Y. E. (2019). Skor PISA Terbaru Indonesia, Ini 5 PR Besar Pendidikan pada Era Nadiem Makarim.

Kadir, N., Pasaribu, M., & Syamsu, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Berbasis Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(2), 33–37. https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i2.10436. DOI: https://doi.org/10.22487/j25805924.2018.v6.i2.10436

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Narulita, D. (2018). Pengaruh Model Discoverylearning Dengan Menggunakan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 4 Metro Barat.

Patta Bundu. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains SD. Depdiknas RI.

Polat, O., Aksin Yavuz, E., & Ozkarabak Tunc, A. B. (2017). The Effect of Using Mind Maps on the Development of Maths and Science Skills. Cypriot Journal of Educational Sciences, 12(1), 32–45. https://doi.org/10.18844/cjes.v12i1.1201. DOI: https://doi.org/10.18844/cjes.v12i1.1201

Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017a). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711.

Putra, Margunayasa, & Wibawa. (2017b). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10711. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11773

Putri, N. M. C. D. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15960

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62. DOI: https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Sari, N. M. M. P., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kelas V di SD. Mimmbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–11.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Wardani, N. K. T. Y. P., Sulastri, M., & Margunayasa, I. G. (2015). Pengaruh Model Heuristik Vee dengan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).

Winaputra, U. S. (2001). Strategi Belajar Mengajar IPA. Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Sanjaya, I. K. Y., Sumantri, M., & Renda, N. T. (2023). Model Discovery Learning Berbantuan Peta Pikiran Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44991

Issue

Section

Articles