PBL Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini

PBL pada AUD

Authors

  • Sary Rina Naruvita Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Rustatik
  • Rima Dewi Kartini
  • Santy Hataul
  • Nita Priyanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50761

Keywords:

Model Problem Based Learning, Siikap mandiri, AUD

Abstract

Sikap mandiri sangat penting bagi anak usia dini. Sikap mandiri pada anak usia dini tidak tumbuh dengan sendirinya, tetapi memerlukan latihan dan pendekatan yang tepat kepada anak. Problem based learning adalah salah satu model pembelajaran yang menekankan keaktifan dan kemandirian siswa, dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana model problem-based learning mampu meningkatkan sikap mandiri pada anak usia dini di RA Al Muhajirin Bekasi. Hal ini dilakukan agar guru memiliki pandangan model pembelajaran yang tepat untuk menstimulasi kemandirian pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan psikologis. Perolehan data dilakukan melalui 3 cara yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti mengamati dan terlibat langsung dengan anak-anak saat proses bermain, belajar, dan kegiatan lainnya. Peneliti kemudian mengamati setiap fenomena yang terjadi. Simpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan sikap kemandirian anak usia dini di RA Al Muhajirin Bekasi Timur.

References

Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702. DOI: https://doi.org/10.1177/2158244020938702

Almulla, Mohammed Abdulatif. (2019). The Efficacy of Employing Problem-Based Learning (PBL) Approach as a Method of Facilitating Students’ Achievement. Jurnal IEEE. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/8861053/. DOI: https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2945811

Cici, M., Yuni, A., & Yanti, F. (n.d.). Critical Thinking Skill Improvement Using Problem Based Learning (PBL) Model of 4th Grade Students of Elementary School. International Journal of Science and Research (IJSR). http://repository.unp.ac.id/21930/.

Crawford, B. A., & Capps, D. K. (2018). Teacher Cognition of Engaging Children in Scientific Practices. Springer, 9–32. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66659-4_2. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-319-66659-4_2

Diastuti, I. M., & Sulton, A. (2021). Effect of Problem Based Learning (PBL) Models on Motivation and Learning Outcomes in Learning Civic Education. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 401. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21565. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21565

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Hera, S. S. H., & Siti, S. (n.d.). A Problem Based Learning (PBL) Model in Developing Students’ Soft Skills Aspect. https://eric.ed.gov/?id=EJ1242554.

Hung, W., Dolmans, D. H. J. M., & Van Merrienboer, J. J. G. (2019). ). A review to identify key perspectives in PBL meta-analyses and reviews: trends, gaps and future research directions. Advances in Health Sciences Education, 24(5), 943–957. https://doi.org/10.1007/s10459-019-09945-x. DOI: https://doi.org/10.1007/s10459-019-09945-x

Lapuz, A. M. E., & Fulgencio., M. N. (n.d.). Improving the Critical Thinking Skills of Secondary School Students using Problem-Based Learning. International Journal of Academic Multidisciplinary Research (IJAMR). https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3543211 .

Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota Serang Provinsi Banten , Tahun Ajaran 2017/ 2018). (n.d.). Pernik PAUD, 2(1). DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3115

Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) Method Through Marquee Model to Cultivate Literacy. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(2), 220. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i2.2573. DOI: https://doi.org/10.32332/tapis.v4i2.2573

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL. Lantanida Journal, 7(1), 1–100. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1615691&val=10112&title=METODE PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNIG PBL . DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Suhandi, A., & Kurniasari, D. (2019). Meningkatkan Kemandirian Siswa Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 125–137. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6972

Susanto, A. (2015). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-Kanak (Pertama).

Widiyarti, Wiwi, R., & Soetisna, U. (2021). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan, 8(1).

Yamin, M., & S.S., J. (2013). Panduan PAUD. Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Naruvita, S. R., Rustatik, Kartini, R. D., Hataul, S., & Priyanti, N. (2022). PBL Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini: PBL pada AUD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 387–392. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50761

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)