Media Pembelajaran Interaktif Mandiri melalui Aplikasi Quizizz pada Materi Pernapasan pada Manusia dan Hewan

Authors

  • Ni Kadek Arsita Tirtadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Rahayu Ujianti Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50972

Keywords:

Pengembangan, , Media Pembelajaran, Interaktif, Mandiri, Quizizz

Abstract

Pembelajaran IPA dapat dikatakan belum optimal dilaksanakan dikarenakan ketersediaan media masih terbatas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui proses pengembangan serta hasil validasi pengembangan media pembelajaran interaktif mandiri melalui aplikasi quizizz pada materi pernapasan pada manusia dan hewan kelas V sekolah dasar. Penelitian ini berpedoman pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini menggunakan beberapa subjek diantaranya ahli media, ahli materi, praktisi, serta siswa. Metode pengumpulan adalah metode kuesioner. Data dianalisis untuk mendapatkan rata-rata skor validitas media dengan rumus Mean. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan ini memperoleh skor validitas ahli media yaitu 3,80, ahli materi dengan skor 3,90, praktisi dengan skor 3,93, perorangan dengan skor 3,75 dan kelompok kecil dengan skor 3,71 sehingga pengembangan media pembelajaran interaktif mandiri melalui aplikasi quizizz dinyatakan valid dengan kualifikasi yaitu kualifikasi sangat baik. Implikasi dari penelitian ini, siswa dapat belajar menggunakan media pembelajaran interaktif mandiri melalui aplikasi quizizz pada materi pernapasan pada manusia dan hewan dengan efektif dan efisien.

References

Ahmadi, S., and S. Syahrani. 2022. “Pelaksanaan Pembelajaran Di STAI Rakha Sebelum, Semasa Dan Sesudah Pandemi Covid-19.” Adiba: Journal of Education 2(1): 51–63.

Bili, K. D. 2017. “Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan Masyarakat Desa.” Jurnal Edukasi Sumba 1(2). DOI: https://doi.org/10.53395/jes.v1i2.30

Cahyani, R. R. 2021. Pengembangan Soal Tes Berbasis Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Untuk Menumbuhkan Motivasi Berkompetisi Siswa. Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Cholik, C. A. 2017. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Indonesia 2(6): 21–30.

Eka, G. “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI.” Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Fathurrohman, Muhammad. “Penggunaan Multimedia Dalam Proses Pembelajaran.”

Fransina Thresiana Nomleni, and Theodora Sarlotha Nirmala Manu. 2018. “Pengembangan Media Audio Visual Dan Alat Peraga Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah.” Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 8(3): 219 – 230. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Gusty, S. et al. 2020. “Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19.” Yayasan Kita Menulis.

Huda, M., and R Adlina. 2021. Didikan Seorang Guru Cerminan Masa Depan. Pembelajaran Untuk Menjaga Ketertarikan Siswa Di Masa Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Biologi).

Jamun, Y. M. 2018. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 10(1): 48–52. DOI: https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54

Kahfi, A. 2020. “Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19.” Kahfi, A 3(2): 137–54.

Mawati, A. T. et al. 2020. Inovasi Pendidikan: Konsep. Yayasan Kita Menulis.

Megawanti, P. 2015. “Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2(3). DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.111

Muammar, M., and S. Suhartina. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak.” Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 11(2): 176–88. DOI: https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Nugroho, G. B. 2020. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendampingan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Online.” Psiko Edukasi 18(1): 176–88.

Nurfadhillah, S. et al. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Aplikasi Quiziz Pada Pelajaran Matematika VI SDN Karang Tengah 06.” PENSA 3(2): 280–96.

Ode, E. O. 2014. “Impact of Audio-Visual (AVs) Resources on Teaching and Learning in Some Selected Private ‎Secondary Schools in Makurdi.” International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL) 2(5): 195–202.

Pakpahan, R., and Y. Fitriani. 2020. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 4(2): 30–36.

Paseleng, M. C., and R Arfiyani. 2015. “Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5(4): 131–49. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p131-149

Rosyadi, M. B. 2022. “Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8(1). DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2675

Salsabila, U. H. et al. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 2(2): 1–13. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Sari, A. O. “Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) Berbantuan Google Slide Dan Quizizz Pada Materi Matriks.” Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Septiana, Wahyu. 2009. “Pengembangan Pembelajaran Mandiri Secara Online Menggunakan Moodle Untuk Membantu Pemahaman Konsep Rangkaian Logika Pada Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNNES.” Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujana, I. W. C. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1): 29–39. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sun’iyah, S. L. 2020. “Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar.” DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora 7(1): 1–18.

Syaifulloh, M. “Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di MTS Negeri 7 Malang.” Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Syamsuar, S., and R. Reflianto. 2019. “Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0.” E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 6(2). DOI: https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Tania. Media Pembelajaran Interaktif. http://tania91.ilearning.me/laporan-kkp/bab-ii/2-8-media-pembelajaran-interaktif.

Tegeh, I M. 2019. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tohar, M. 2020. “Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Pada Sekolah Menengah Atas.” Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 5(2): 166–70.

Wahyono, H. 2019. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Penilaian Hasil Belajar Pada Generasi Milenial Di Era Revolusi Industri 4.0.” Proceeding of Biology Education 3(1): 192–201.

Wulandari, H. et al. 2021. “Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT Untuk Menanggulangi Dampak Covid-19 Dalam Bidang Pendidikan.” Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2): 145–53. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i2.956

Yu, Zhiyuan et al. 2020. “Internet of Vehicle Empowered Mobile Media Scenarios: In-Vehicle Infotainment Solutions for the Mobility as a Service (MaaS).” Sustainability 12(7448): 7448. DOI: https://doi.org/10.3390/su12187448

Yuangga, K. D., and D Sunarsi. 2020. “Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Pandemi Covid-19.” Jurnal Guru Kita 4(3): 51–58. DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v4i3.19472

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Ni Kadek Arsita Tirtadewi, I Gusti Ayu Tri Agustiana, & Putu Rahayu Ujianti. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Mandiri melalui Aplikasi Quizizz pada Materi Pernapasan pada Manusia dan Hewan. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 324–335. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50972

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)