Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV

Authors

  • Rohmadani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Rokania, Indonesia
  • Elvina Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Rokania, Indonesia
  • Nila Efrida Nasution Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Rokania, Indonesia
  • Yusliana Hasibuan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Rokania, Indonesia
  • Dwi Andari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Rokania, Indonesia
  • Dia Kumala Sari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Rokania, Indonesia

Keywords:

Media, Interaktif Articulate Storyline, Hasil Belajar

Abstract

Kurangnya minat belajar siswa disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran yang digunakan guru dalam melakukan proses pembelajaran serta kurangnya kompetensiyang dimiliki guru sehingga tidak dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kategoris untuk melihat kelayakan media yang digunakan. Hasil penelitian diperoleh media interaktif berbasis Articulate Storyline dapat dikatakan layak dengan hasil pengujian ahli materi sebesar 80% yang dikategorikan sangat baik dan dari ahli media sebesar 75% yang dapat dikategorikan baik. Dari pengujian yang sudah dilakukan penerapan media pembelajatran interaktif Articulate Storyline sangat layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV.

References

Arda, Saehana, S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas Viii. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77. https://media.neliti.com/media/publications/153834-ID-pengembangan-media- pembelajaran-interakt.pdf

Fitria, Dini, 2022. Penerapan Media Pembelajaran Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 008 Rambah. Skripsi. Stkip Rokania. Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353

Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 91–96. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article

Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009

Kumalasari, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Maharani Putri Kumalasani PGSD Universitas Muhammadiyah Malang Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK ) bergerak secara dinamis seiring dengan perkembangan zam. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 1–11. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD/article/view/2345/1726

Masruroh, Choirum, Nufus, 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline 3 Terhadap Pemahaman IPA Pada Pembelajaran Daring Kelas VI MIN 2 Sidoarjo. Skripsi . UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mustadi, Ali, dkk 2018. Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta : UNY Press 2018.

Nuraedin, Wafa 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Soryline Pada Pembelajaran Pjok Kelas IV SD/MI. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nurjanah, Siti. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Articulate Storyline Dalam Peningkatan Hasil Pembelajaran Fiqih Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarwbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Rahayu, Sri. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Kepenuhan Hulu. Skripsi. Stkip Rokania.

Rahmawati, Devi. 2022. Penerapan Media Fun Thinkers Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SS Negeri 013 Kepenuhan. Skripsi. Stkip Rokania.

Rofikoh, Hilmy, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline 3 Materi Ekosistem Pada Kelas VII Mts Baitul Hikmah Jember. Skripsi, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Suardi, Paradila, Nopi. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Pada Kelas VI Tema 9 Subtema 2 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pematang Gajah. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Published

2023-02-05

How to Cite

Rohmadani, Elvina, Nila Efrida Nasution, Yusliana Hasibuan, Dwi Andari, & Dia Kumala Sari. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV . Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/54804

Issue

Section

Articles