Memanfaatkan Getah Pisang untuk Membatik pada Anak Usia Dini
Keywords:
Manfaat, Getah Pisang, MembatikAbstract
Kecamatan Maospati adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur, Di kelurahan tersebut banyak pohon pisang yang tidak digunakan oleh penduduk sekitar. Peneliti memanfaatkan batang pohon tersebut untuk diambil getahnya untuk diolah menjadi bahan baku membatik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menstimulasi Anak Usia Dini dalam memanfaatkan lingkungan sekitar mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada TK Dharma Wanita Maospati Magetan Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan menunjukkan selama pembelajaran menggunakan media pembelajaran getah, siswa sangat senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran ini juga terbukti mampu meningkatkan motorik halus dan kreativitas siswa, hal ini ditandai dengan banyak siswa yang mampu mempraktekkan proses membatik dengan menggunakan media getah pohon.
References
Asyraful Hida, A., Prastiwi, L., Nila Salsabila, W., Kusuma Lestari, V., Triono, T., Prastyo, B., & Rizqi Robby, R. (2022). Batik Cap Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di Tk Pertiwi Bendosari (Vol. 6, Issue 2). Http://Ejournal.Urindo.Ac.Id/Index.Php/Pamas
Delfia, E., & Nurhafizah, N. (N.D.). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Merancang Pembelajaran.
Dewi, N. S., & Aulina, C. N. (2021). Penerapan Kegiatan Bajumput (Membatik Jumputan) Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2).
Handayani, W. (2018). Bentuk, Makna Dan Fungsi Seni Kerajinan Batik Cirebon. Jurnal Atrat, 6(1).
Handayanto, E., Nuraini, Y., Muddarisna, N., Syam, N., & Fiqri, A. (2017). Fitoremediasi Dan Phytomining Logam Berat Pencemar Tanah. In Universitas Brawijaya Press.
Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1). Https://Doi.Org/10.32332/Elementary.V5i1.1340
Ikhsanti, N. T., & Hendrawan, A. (2020). Pengolahan Pewarna Alami Indigo Dengan Teknik Cap Pelepah Pisang Pada Produk Busana. E-Proceeding Of Art & Design, 7(2).
Ingkir, Y., Wondal, R., & Arfa, U. (2020). Kegiatan Membatik Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2).
Mahda Rena, M., & Daniel Sekolah Tinggi Agama Islam Muslim Asia Afrika, T. S. (N.D.). Hak Pendidikan Anak Usia Dini Pada Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Dalam Perspektif Islam.
Membangun Kemandirian Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Pelepah Batang Pisang Di Dusun Pucung Desa Sidomukti Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Skripsi. (N.D.).
Nimah, F. (2020). Pengembangan Buku Panduan Membatik Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jp2kg Aud (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2). Https://Doi.Org/10.26740/Jp2kgaud.2020.1.2.123-146
Nuryati, N., & Yuniawati, N. (2019). Peningkatan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Kelas Sd Awal Usia 6-8 Tahun Melalui Metode Praktikum Membatik. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).
Roostin, E. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik Sederhana. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). Https://Doi.Org/10.19105/Kiddo.V1i2.3481
Sri Handayana, Zuhairi, N. H. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Pekon Negeri Ratu 2 Pesisir Barat Melalui Lukisan Teknik Kolase 1. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Sukaeti, A. T., & Pd, S. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik Di Kelompok B Taman Kanak Kanak Muslimat N.U Kota Tasikmalaya. In Desember (Vol. 5, Issue 2).
Suriantoso, F. A., Suryaningsih, N. M. A., & Endah, K. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Playdough Pada Anak Kelompok Bermain Di Paud Tegaljaya. Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1).
Sutini, A., & Rahmawati, M. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Model Pembelajaran Bals. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). Https://Doi.Org/10.17509/Cd.V6i2.10519
Syed Shaharuddin, S. I., Shamsuddin, M. S., Drahman, M. H., Hasan, Z., Mohd Asri, N. A., Nordin, A. A., & Shaffiar, N. M. (2021). A Review On The Malaysian And Indonesian Batik Production, Challenges, And Innovations In The 21st Century. Sage Open, 11(3). Https://Doi.Org/10.1177/21582440211040128
Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B Paud Aisyiyah Iii Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2). Https://Doi.Org/10.33369/Jip.2.2
Wulandari, N. (2020). Media Karman (Kardus Ragam Permainan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Aspek Perkembangan Dasar Pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1). Https://Doi.Org/10.35473/Ijec.V2i1.425
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). Https://Doi.Org/10.19109/Ra.V1i1.1489