Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Authors

  • Ni Putu Amanda Rahma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Kepercayaan Diri, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan kepercayaan diri dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan populasi seluruh siswa kelas V di Gugus IV Kecamatan Sukawati sebanyak 281 orang. Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling berdasarkan tabel R.V. Krejcie dan D.W. Morgan serta perhitungan Warwick dan Lininger diperoleh sampel 189 siswa. Hasil belajar IPA diperoleh melalui pecatatan dokumen nilai raport semester ganjil sedangkan kepercayaan diri dan kecerdasan emosional dengan kuesioner. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t, analisis regresi berganda, serta uji signifikansi uji F. Perolehan analisis: (1) Kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA dengan pengaruh sebesar 23,1%, (2) Kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA dengan pengaruh sebesar 31,9%. (3) Kepercayaan diri dan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA sebesar 55%. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan diri dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA.

References

Anggraini, L. P. R. (2019). Hubungan Sikap dan Percaya Diri Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. 5(2). https://doi.org/10.32699/spektra.v5vi2i.103

Astalini;Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. 07(1), 1–7.

Basri, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 1(April), 56–64.

Fitria, W. A., & Nurlita, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Melalui Diaring SMP Negeri 18 Baubau. 6.

Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Sswa dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. 1(c).

Indriawati, P. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan. 5(2), 1–9.

Labola, Y. A. (2018). Perpaduan Kecerdasan Intelektual (KI), Emosional (KE) dan Spiritual (KS) Kunci Sukses Bagi Remaja-Kajian Konseptual. 0042, 39–45. https://doi.org/10.24198/share.v8i1.16168

Laili, M. (2019). Motivasi dan Kecerdasan Emosional dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. IV(1), 93–109.

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 25(2), 262–270.

Nurmantoro, M. A. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Rasa Percaya Diri terhadap Penguasaan Konsep Matematika. 4(1), 49–62.

Pangestika, S. (2018). Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Mata Pelajaran IPA.

Pratama, F. F. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil. 1, 280–286.

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru. 11(1).

Yuhaniz dan Ibrahim. (2021). Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Sebagai Kontributor Hasil Belajar Matematika Siswa. https://doi.org/10.24036/rapun.v12i2.112276

Published

2023-02-22

How to Cite

Dewi, N. P. A. R. (2023). Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/58231

Issue

Section

Articles