Instrumen Multiliterasi pada Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, dan Literasi Sains bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Putri Budiastini Undiksha

Keywords:

multiliterasi, literasi dasar, literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen yang mampu mengukur multiliterasi pada literasi baca tulis, literasi numerasi, dan literasi sains siswa SD yang dilihat dari validitas, reliabilitas, daya pembeda, serta tingkat kesukaran butir instrumen. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, adaptasi model pengembangan instrumen oleh Retnawati dengan 9 tahapan. Populasi penelitian ini adalah 572 siswa kelas tinggi. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV, V, VI sebanyak 235 orang melalui teknik proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui rumus CVI dan CVR untuk validitas isi dan korelasi point biserial untuk validitas secara empirik. Dilanjutkan perhitungan reliabilitas dengan rumus KR-20. Hasil analisis data diperoleh: (1) penilaian 4 ahli menunjukkan 30 butir soal memperoleh validitas isi dengan kategori “Sangat Valid”, sementara validitas secara empirik melalui uji coba didapatkan 8 butir gugur dan 22 butir valid, (2) penilaian reliabilitas 0,93 dengan kriteria “Sangat Baik”, (3) perhitungan daya pembeda dengan kualifikasi “Sangat Baik” sebanyak 19 butir, “Baik” sebanyak 2 butir, “Cukup Baik” sebanyak 1 butir, “Kurang Baik” sebanyak 4 butir, dan 4 butir dengan kualifikasi “Buruk”, (4) perhitungan tingkat kesukaran terdapat 4 butir soal kategori “Sukar”, 26 butir soal kategori “Sedang”, dan 0 butir soal kategori “Mudah”. Dari 30 butir instrumen multiliterasi pada literasi baca tulis, literasi numerasi, dan literasi sains yang dinilai dan diujicobakan terdapat 8 butir tidak dipakai, sehingga sebanyak 22 butir yang dipakai dalam merakit instrumen multiliterasi. Guru dapat menggunakan instrumen multiliterasi dalam mencari informasi tingkat multiliterasi siswa.

References

Adit, A. (2019). Gebrakan “Merdeka Belajar”, Berikut 4 Penjelasan Mendikbud Nadiem. Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/12/12591771/gebrakan-merdeka-belajar-berikut-4-penjelasan-mendikbud-nadiem?page=all

Alhamid, T., & Anufia, B. (20019). Instrumen Pengumpulan Data. News.Ge, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Astri, N. K. D., Wiarta, Wayan, & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4371

Bagus, I., & Arnyana, P. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9 (1), 153–166.

Baro, S., Nur, S., Trisnawati, I., Ernawati, A., & Azis, F. (2023). Inovasi Kurikulum Di Indonesia Tahta Media Group.

Basar, A. M. (2022). Meningkatkan Budaya Membaca Melalui Literacy Cloud. Journal of IIlamic Primary Education, 5(1), 12–25.

Chasanah, N., Widodo, W., & Suprapto, N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Untuk Mendeskripsikan Profil Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 474–483. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.474-483

Danim, S. (2012). Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Rineka Cipta.

Darmayanti, S., & Arnyana. (2021). Pengembangan Tes Hasil Belajar Ips Dan Kuesioner Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i1.274

Dewi, N. P., Rahmi, Y. L., Alberida, H., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ten-tang Materi Hereditas untuk Peserta Didik SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 138. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/512

Elpina, D., Ambiyar, & Aziz, I. (2021). Aksi Terobosan Merdeka Belajar Melalui Assesmen Kompetensi Minimum dan Survey Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech, 9(1), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Ermawati, D., Y. et al. (2019). Analisis Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Intranet. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(2), 67–70. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n2.p67-70

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Kementerian Pendidikan, K. T. R. I. (2022, August). Tentang Kurikulum Merdeka – Merdeka Mengajar. Pusat Informasi Merdeka Belajar. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Tentang-Kurikulum-Merdeka

Koyan, I. W. (2011). Asesmen Dalam Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Magara, E., Copriady, J., & Linda, R. (2021). Karakteristik Instrumen Asesmen Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 1, 76–88.

Muaja, J. R. T. (2013). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas menggunakan Metode Bootstrap pada Data Kuisioner Tipe Yes/No Questions. 4(1), 513–519.

Mudhakiyah, Z., Wijayati, N., Haryani, S., & Nurhayati, S. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotorik Peserta Didik Pada Praktikum Pembelajaran Kimia Materi Laju Reaksi. Journal Uunes, 11(2), 3.

Munzaini. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Multiliterasi dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Imami Mata Pelajaran Fiqih Kepanjen Kabupaten Malang [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. In Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (Vol. 53, Issue 9). http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12797

Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 31–49. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093

Nafisatun, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Multiliterasi terhadap Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran SKI di MTs Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2604

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke- 21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862

Nurcaya, Ebe, A., Saputra, N., & Muhlis. (2022). Paradigma Pembelajaran Berpendekatan Multiliterasi Di Abad 21. Jote, 3(2), 52–68.

Parlina, F. I., Warlizasusi, J., & Ifnaldi, I. (2022). Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Madrasah Di MI 04 Rejang Lebong. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1291. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1229

Permendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 66 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.

Rahman, M. S., Pd, M. I., Tarbiyah, F., Manado, I., Tarbiyah, F., Manado, I., Tarbiyah, F., & Manado, I. (2021). Persepsi Guru Terhadap Kebeijakan Merdeka Belajar Tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) Di MTs Negeri 1 Manado Dwi Wahyuni Maulana Luawo. Journal of Islamic Education, 03, 1–21.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian) (Pertama). Parama Publishing.

Sahaludin, A., & Kurniawan, I. (2020). Paradigma Transdisiplineritas dalam Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 149–159.

Santo. (2020). Pengembangan soal Tes diagnostik multiple choice two Tier Untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Luwu. Repository UNCP.

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 1(1), 284–291.

Subiyanti, S., Murtono, & Su’ad. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Gerakan Literasi di Sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3), 24–34.

Sudarsana, K. N. . (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Busungbiu Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8, Nomor 1.

Sudibya, E., & Widodo, B. J. dan W. (2016). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1, Nomor 1.

Suryani, L. (2016). Pengembangan Instrumen Penelitian Sikap Ilmiah pada Pembelajaran dengan Model Latihan Penelitian di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3, Nomor 2.

Susilo, S. V., Febrianto, B., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan Model Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 24–31.

Susilo, S. V., & Ramdiati, T. (2019). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 24–31. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1199

Tafryda, S., & Wiyanto. (2022). Pengembangan Instrumen Daring untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Sains. Unnes Physics Education Journal, 11(2), 92–102.

Tryanasari, D., Aprilia, S., & Cahya, W. A. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 173. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1641

Wahyudin, D., Sudrajat, R. T., & Mahardika, R. Y. (2020). Pengaruh Multiliterasi terhadap Perkembangan Minat Menulis di Kalangan Mahasiswa. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(6), 909–914.

Windarto, H. K. (2020). Kajian Keterampilan Menulis Menggunakan Media Jurnal Bergambar Di Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 303–311. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.775

Published

2023-02-22

How to Cite

Budiastini, N. P. P. (2023). Instrumen Multiliterasi pada Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, dan Literasi Sains bagi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/58894

Issue

Section

Articles