Pengaruh Metode Pembiasaan dan Metode Keteladanan Orang Tua di Rumah Terhadap Karakter Disiplin Belajar Siswa

Authors

  • Made Hapsari Vidyastuti Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Metode Pembiasaan, Metode Keteladanan, Karakter Disiplin Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode pembiasaan dan metode keteladanan orang tua di rumah terhadap karakter disiplin belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan sampel sebanyak 186 siswa kelas V di SD Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2022/2023 yang diperoleh melalui teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Perolehan analisis: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembiasaan orang tua di rumah terhadap karakter disiplin belajar siswa sebesar 5,2%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan metode keteladanan orang tua di rumah terhadap karakter disiplin belajar siswa sebesar 27,3% (3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembiasaan dan metode keteladanan orang tua di rumah terhadap karakter disiplin belajar siswa sebesar 32,5%. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembiasaan dan metode keteladanan orang tua di rumah terhadap karakter disiplin belajar siswa.

References

Anggraeni, C., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Metode Pembiasaan untuk Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di RA Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109.

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 69–74.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin pada Peserta Didik di SD Negeri 187/1 Teratai. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 137–145.

Hotimah, N., & Yanto. (2019). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 85–93.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Langi, F. M., & Talibandang, F. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Journal of Psychology: Humanlight, 2(1), 48–68.

Muchlis, Christian, A., & Sari, M. P. (2019). Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih. Eksplora Informatika, 8(2), 149–157.

Mulyawati, Y., Sumardi, & Elvira, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 1–14.

Nasiruddin. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Keteladanan Orang Tua. Jurnal Kependidikan, 6(2), 323–333.

Nasution, S. (2019). Pendidikan Lingkungan Keluarga. Tazkiya, 8(1), 115–124.

Pradana, J. M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Karakter Anak Terbentuk Berdasarkan Didikan Orang Tua dan Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7834–7840.

Ridwan, S. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Karakter Islami Peserta Didik pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kupang Barat. Al Manam: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 2(1), 1–12.

Rofiqah, T., & Sitepu, H. (2019). Bentuk Kenakalan Remaja Sebagai Akibat Broken Home dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan Konseling. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 6(2), 99–107.

Rufaedah, E. A. (2020). Peranan Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-anak. Counselia: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8–25.

Salsabila, A., Affifah, A. N., & Cahyati, S. Y. (2020). Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa SDN JELUPANG 01. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 318–333.

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 10(1), 54–66.

Siska, Rusdi, A., Husni, M., & Ihwanah, A. (2022). Strategi Keluarga di Lingkungan SD Negeri 04 Pemulutan dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab pada Anak. Limas PGMI, 2(2), 13–20.

Sudarni. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter (Disiplin dan Tanggung Jawab) Siswa UPT SDN 24 Binamu Kabupaten Jeneponto. SOCIAL LANDSCAPE JOURNAL Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FIS-UNM, 3(2), 32–43.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larendra Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238.

Twiningsih, A., & Triminur, H. F. (2019). Ayah Terlibat Keluarga Hebat Jurus Jitu Membangun Pendidikan Karakter Pada Anak. Batu: Beta Aksara.

Published

2023-05-06

How to Cite

Vidyastuti, M. H. (2023). Pengaruh Metode Pembiasaan dan Metode Keteladanan Orang Tua di Rumah Terhadap Karakter Disiplin Belajar Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/59680

Issue

Section

Articles