Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas III

Authors

  • I Gusti Putri Dwiyanti Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Scramble, Crossword Puzzle, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dan media yang kurang bervariasi menyebabkan pembelajaran menjadi pasif sehingga mempengaruhi kompetensi pengetahuan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble berbantuan media Crossword Puzzle terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas III SD Negeri Gugus IV Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 187 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif. Analisis data penelitian dengan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial Uji Anakova. Hasil analisis uji Anakova diperoleh t-hitung = 29,10 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 51 adalah 4,030. Menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel (29,10 > 4,030) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Scramble berbantuan media Crossword Puzzle terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas III SD Negeri Gugus IV Kuta Utara tahun ajaran 2022/2023.

References

Adnyani, N. K. M., Pudjawan, K., & Japa, I. G. N. (2020). Motivasi dan Hasil Belajar IPA dalam Pembelajaran Scramble Berbantuan Kartu Pertanyaan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 4(2), 270.

https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25622

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2020). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ashari, A. N., Permana, E. P., & Basori, M. (2022). Model Pembelajaran Scramble Didukung Permainan Teka-Teki Silang Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Tokoh-Tokoh Sejarah Hindu-Budha di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, Vol 10(1), 151–161.

https://doi.org/https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/3274

Astriani, L. W., & Ganesha, U. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, Vol 2(2), 186–194.

https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/17907

Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190.

https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/521

Harefa, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mhasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Di IKIP Gunungsitoli Tahun Akademi 2018/2019. Jurnal Ilmiah DIDAKTIK IKIP Gunungsitoli, Vol 12, 2175–2181.

https://doi.org/https://www.ojs.ikipgunungsitoli.ac.id/index.php/dk/article/view/20/21

Kertiari, L. P., Bayu, G. W., & Sumantri, M. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, Vol 3(3), 335–347.

https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/26982/16553

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Iplementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kusumawati, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, Vol 4(1), 87–100.

https://doi.org/https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/66/54

Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana. https://doi.org/https://bit.ly/3TpZbiR

Rasmawan, R. (2021). Pengembangan Instrumen Microteaching Berdasarkan Pembelajaran Abad Ke-21. Edukasi: Jurnal Pendidikan, Vol 19(1), 31.

https://doi.org/https://bit.ly/3hpZCMz

Shoimin, A. (2021). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Syofiani, S., Zaim, M., Ramadhan, S., & Agustina, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Siswa Melalui Pemanfaatan Media Teka-Teki Silang: Menciptakan Kelas Yang Menyenangkan. Jurnal Ta’dib, Vol 21(2), 87.

https://doi.org/https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/1232/1079

Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji Persyaratan analisis. Semarang: Klik Media.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara. https://bit.ly/3SnszpG

Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka- Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 7(1), 66–74. https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20009/11981

Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media. https://www.google.co.id/books/edition/Asesmen_Dan_Evaluasi_Pendidikan/rlY_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Published

2023-04-18

How to Cite

Dwiyanti, I. G. P. (2023). Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas III . Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/60238

Issue

Section

Articles