Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V

Authors

  • Ni Made Ayu Prasista Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Make A Match, Flash Card, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran dan suasana kelas yang membosankan mengakibatkan rendahnya kompetensi pengetahuan IPA. Tujuan penelitian ini menganalisis model pembelajaran Make A Match berbantuan media Flash Card terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan penelitian semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 436 siswa, penentuan sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yaitu instrumen berupa tes obyektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial uji Anakova. Hasil analisis data diperoleh Fhitung = 51,02 dan Ftabel = 4,030 pada taraf signifikan 5%. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang diberikan perlakuan dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan media Flash Card berdampak positif dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA pada siswa Sekolah Dasar.

References

Agung, Anak Agung Gede. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan (Edisi 2). Singaraja: Aditya Media Publising.

angrayni, afrita. (2019). Problematika Pendidikan di Indonesia. Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon |2, 1–10.

Berlian, Z., Aini, K., & Hikmah, S. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 13–17. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi/article/view/1335

Eka Lengari, M. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flash Card Terhadap Kompetensi Pegetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 65. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25032

Fajri, M. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Jurnal LEMMA, 3(1), 1–11.

https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1884

Harefa, D. (2020). Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Peningkatan Hasil Belajar, 8(1), 1–18.

https://core.ac.uk/download/pdf/327097093.pdf

Intan Sari, M., . R., & Agustini, F. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 41.

https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17283

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rini Haryani, M.Joharis Lubis, D. (2022). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 6(3), 7503–7509.

https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Shoimin, A. (2021). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Yusuf, A., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Ipa Smp Materi Tata Surya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 69–80.

https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33181

Published

2023-04-18

How to Cite

Dewi, N. M. A. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V . Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/60239

Issue

Section

Articles