Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V
Keywords:
Team Games Tournament, Question Card, Kompetensi Pengetahuan IPAAbstract
Daya serap siswa masih rendah terhadap pemahaman materi IPA karena siswa menganggap pembelajaran IPA masih sulit dipahami. Tujuan penelitian ini menganalisis model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Question Card terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini 186 siswa, penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah instrumen berupa tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial uji Anakova. Hasil analisis data diperoleh Fhitung = 39,99 dan Ftabel = 4,030 pada taraf signifikansi 5%. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang diberikan perlakuan dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan model Teams Games Tournament berbantuan media Question Card berdampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA pada siswa sekolah dasar.
References
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan (Edisi 2). Singaraja: Aditya Media Publising.
Ahdar, A., & Wardana, W. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Teori, Desain, Model Pembelajaran dan Prestasi Belajar. Parepare: CV. Kaffah Learning Center.
Anderson, L. W. (2020). Taxonomies of Educational Objectives as Bases for Curriculum Planning. In: Oxford Research Encyclopedia of Education.
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi II. Jakarta: Prosedur Penelitian.
Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/19338
Handayani, N. P. I., Putra, M., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Berbantuan Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Harianja, J. K., Subakti, H., Avicenna, A., Rambe, S. A., Hasan, M., Ramadhani, Y. R., Sartika, S. H., Nirbita, B. N., Chamidah, D., & Rahmawati, I. (2022). Tipe-tipe Model Pembelajaran Kooperatif. Medan: Yayasan Kita Menulis. https://bit.ly/3fdwmaX
Irianto, H. A. (2017). Pendidikan Sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu Bangsa. Jakarta: Kencana.
Lestari, P., & Romdiani, N. S. (2018). Efektifitas Pembelajaran dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Gantang, 3(1), 17–23. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.304
Meidawati, Sobron A.N, Bayu, R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/view/117/107
Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Safina, W. L. (2021). Artikel Peran Guru Dalam Pengembangan Pendidikan. In Artikel Peran Guru Dalam Pengembangan (pp. 1–8).
Setyosari, H. P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media. https://bit.ly/3UwApii
Shoimin, A. (2021). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan (Cetakan ke-13). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Ulfia, T., & Irwandani. (2019). Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT): The Effect on Students Conceptual. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(1), 140–149. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/4220/2709
Wijayanti, N. L. G. S., Suniasih, N. W., & Suara, I. M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kerobokan. Jurnal Ilmiah Penelitian.
Yuliana, R., Hartini, H., & Hajj, Z. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Peserta Didik. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 1–12.
Yuliani, A. (2019). Penyusunan Laporan PTK Guru. Surabaya: Uwais Inspirasi Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=9wCEDwAAQBAJ