Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Quizizz Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V

Authors

  • I Gusti Ayu Putu Sintya Kumala Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Teams Games Tournament, Quizizz, Kompetensi Pengetahuan IPS

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan mata pelajaran IPS serta kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang diterapkan di kelas dapat menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Quizizz terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 199 orang siswa dari 7 sekolah negeri yang berbeda. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling yang sebelumnya populasi disetarakan menggunakan Uji Anava. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda, data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan Uji Anakova. Hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa F-hitung (59,73) > F-tabel (4,004) dengan dk = 59 pada α = 5%, sehingga H1 diterima. Dengan demikian model Teams Games Tournament berbantuan Quizizz berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V.

References

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2020). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2021). Statistika Dasar untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 214–220. https://dx.doi.org/10.23887/jear.v6i2.44635

Astuti, N. F., Suryana, A., & Suaidi, E. H. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 195–218. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i2.1098

Aswab Mahasin, M., Winarni, R., & Purwantiningsih, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1716–1727.

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213.

Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. https://jbasic.org/index.php/basicedu/index

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50.

Ilyas Ismail, M. P. M. S. (2019). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Cendekia Publisher.

Kusumastuti, A., Ahmad Mustamil Khoiron, M. P., & Taofan Ali Achmadi, M. P. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Meldina, T., Melinedri, M., Agustin, A., & Harahap, S. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 15.

Melindawati, S. (2021). Pengaruh Penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 55. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Parni. (2022). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. 3(2), 2.

Razak, F., & Alam, A. J. (2022). Buku Panduan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Ular Tangga. CV. Mitra Cendekia Media. https://books.google.co.id/books?id=T56oEAAAQBAJ

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Toni Nasution, M. P., & Maulana Arafat Lubis, M. P. (2018). Konsep Dasar Ips.

Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji Persyaratan analisis. Semarang: Klik Media.

Yolanda, S., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 915–921.

Published

2023-05-06

How to Cite

Dewi, I. G. A. P. S. K. (2023). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Quizizz Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/60775

Issue

Section

Articles