Hubungan Prokrastinasi dan Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Putu Heny Puspita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika

Keywords:

Hasil Belajar, Prokrastinasi, Regulasi Diri

Abstract

Abstrak

Banyaknya tindakan prokrastinasi yang dilakukan siswa serta rendahnya regulasi diri dari seorang siswa dapat memberikan dampak terhadap kurang optimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan prokrastinasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus IV Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023, (2) hubungan regulasi dari terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus IV Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023, (3) hubungan prokrastinasi dan regulasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar di gugus IV Kecamatan Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini terdiri atas 11 kelas dengan jumlah siswa 243 orang. Jumlah sampel penelitian ini adalah 150 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu non tes berupa angket dan pencatatan dokumen. Berdasarkan hasil uji analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, (1) terdapat hubungan signifikan prokrastinasi terhadap hasil belajar dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 5,64 > Ftabel = 3,91 dan kontribusinya sebesar 4%, (2) terdapat hubungan signifikan regulasi diri terhadap hasil belajar dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 8,36 > Ftabel = 3,91 dan kontribusinya sebesar 3,4%, (3) terdapat hubungan signifikan prokrastinasi dan regulasi diri terhadap hasil belajar dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 5,153 dan Ftabel = 3,06 dan kontribusinya sebesar 6,4%.

References

Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi penelitian.

Fradisa, L. Primal, D. Gustira, L. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Laia, B., Florina Laurence Zagoto, S., Theresia Venty Fau, Y., Duha, A., Telaumbanua, K., Permata Sari Lase, I., Ziraluo, M., Magdalena Duha, M., Laia, B., & Luahambowo, B. (2022). Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Nias Selatan. Tatema Telaumbanua Ilmiah Aquinas, 10(11), 162–168. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index

Primavera, A. A., Yusmansyah, Y., & Andriyanto, R. E. (2019). Penggunaan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Regulasi Diri dalam Belajar. Alibkin: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(3).

Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119. https://doi.org/10.29210/3003907000

Rusdana, N. L., Fitriana, S., & Mujiono, M. (2022). Analisis Deskriptif Tingkat Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X Mipa. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 36–43. https://doi.org/10.26877/empati.v9i1.9994

Setiawan, S. (2017). Pengaruh Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dan Regulasi Diri Terhadap Disiplin Siswa (SMP 17 Agustus 1945 Samarinda). Ejournal.Psikologi. Isip-Unmul.Ac.Id, 5(2), 310–319.

Yasdar, M., & Muliyadi, M. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self-regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–60. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.9

Published

2023-06-26

How to Cite

Puspita Dewi, P. H., & Sastra Agustika, G. N. . (2023). Hubungan Prokrastinasi dan Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/61424

Issue

Section

Articles