Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Audio Visual Pada Muatan Ipas Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Gugus IV Kediri

Authors

  • Gita Pramesti Mahasiswa
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Guided inquiry, media audio visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis muatan IPAS siswa kelas IV SD Negeri Gugus IV Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri Gugus IV Kediri terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa yaitu 205 orang dari 6 Sekolah Dasar. Kelas IV B SD Negeri 1 Kediri yang menjadi kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas IV SD Negeri 4 Kediri yang menjadi kelompok kontrol dengan jumlah siswa 29 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes berupa instrumen tes essai. Data posttest keterampilan berpikir kritis muatan materi IPAS dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus separated varians. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung= 3.350 dan ttabel = 2.001 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 59, karena thitung  ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis muatan materi IPAS.

References

Agung, A. A. G., & I. W. Koyan. 2015. Buku Ajar Desain dan Analisis Eksperimen. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2020). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2021). Statistika Dasar Untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2022). Statistika Infrensial untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, Anak Agung Gede, & Jampel, I. N. (2022). Statistika Inferensial untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, Anak Anak Gede, Parmiti, D. P., & Mahadewi, L. P. P. (2022). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan: Digitalisasi dan Aplikasinya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustin, A. A. P. (2021). Implementation of Guided Inquiry Model with Multimedia to Improve Student Learning Outcomes of Class V MI Implementasi Model Inkuiri Terbimbing dengan Multimedia. Tersedia pada https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v5i2.1531 (diakses pada tanggal 9 Agustus 2022)

Aisah, S. (2020). Analisis Pemahaman Guru Tentang Konsep Hakikat Ipa Dan Pengaruhnya Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Di Depok. In Al-Mubin; Islamic Scientific Journa. Tersedia pada https://doi.org/10.51192/almubin.v3i1.66 (diakses pada tanggal 9 Agustus 2022)

Amijaya. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. 13(2), 38–87.

Antara, A. A. P. (2020). Penyetaraan Vertikal Dengan Pendekatan Klasik Dan Item Response Theory (Teori Dan Aplikasi). Deepublish.

Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi ke-3. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ayu, D., Hastuti, W., & Wiyanto, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 288–298.

Ayu, I. G., & Agustiana, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. 3, 15–21.

Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. 8(2), 253–263.

Dionisius, I. M. K., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pogil terhadap Keterampilan Proses Sains. 271–278.

Diputera, A. M. (2019). Essay or Description Test Assessment Theory. Journal Reseapedia, 1(1), 1–3.

Evangelisa, E., Asri, I. G. A. A. S., & Sujana, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Berbantuan Media Mind Mapping terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. 4, 270–277.

Fahmia, H., Karjiyati, V., & Dalifa, D. (2020). Pengaruh Model Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Siswa SD Kota Bengkulu. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Tersedia pada https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.237-244 (diakses pada tanggal 15 Agustus 2022)

Fitriani, D., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2020). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Mutu Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Siswa. Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Tersedia pada https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649 (diakses pada tanggal 10 Agustus 2022)

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tersedia pada https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574 (diakses pada tanggal 20 Agustus 2022)

Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hamimi, L., Ikhsan, M., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pembuktian Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika. Tersedia pada https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10124 (diakses pada tanggal 19 Agustus 2022)

Hapsari, M. J. (2011). Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Haryani, D. (2012). Membentuk Siswa Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar.

Jamalia, J. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD. Tersedia pada https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.100-105 (diakses pada tanggal 5 September 2022)

Jayawardana, H. B. A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Guided Inquiry terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 2 Banguntapan. Jurnal Bioedukatika. Tersedia pada https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4147 (diakses pada tanggal 19 Agustus 2022)

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126 (diakses pada tanggal 10 Agutus 2022)

Kaiser, I., & Mayer, J. (2019). The Long-Term Benefit of Video Modeling Examples for Guided Inquiry. Tersedia pada https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00104 (diakses pada tanggal 10 Sepember 2022)

Katoningsih, S., Utami, R. D., Maryana, W., & Ishartono, N. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan. Tersedia pada https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14832 (diakses pada tanggal 25 Agustus 2022)

Malang, U. N., Timur, J., Kognitif, B., Sistem, M., & Manusia, S. (2021). Jurnal Pendidikan Biologi.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Panca Terra Firma.

Ngr, D. B. K., & Putra, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA.

Nurhabibah, S., Hidayat, A., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Muatan IPA di Kelas IV.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF).

Pt, N., Kusuma, L., Kusmariyatni, N., & Murda, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar IPA. 153–160.

Riesen, S. A. N. Van, Gijlers, H., Anjewierden, A., & Jong, T. De. (2018). The influence of prior knowledge on experiment design guidance in a science inquiry context. 0693. Tersedia pada https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1477263 (diakses pada tanggal 2 September 2022)

Rindawati, T., Thamrin, L., & Lusi. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Film Kartun Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa SD Lkia. Jurnal Tunas Bangsa.

Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Berbasis Mobile Learning Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Tersedia pada https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.616 (diakses pada tanggal 9 Agustus 2022)

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung.

Schleicher. (2019). Effect of normovolemic anemia with HES on distribution of cardiac output in dogs (Japanese). Japanese Journal of Anesthesiology.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenada Media Group.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenada Media Group.

Siti Zubaidah. (2010). Berfikir Kritis : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Sains 2010 Dengan Tema “Optimalisasi Sains Untuk Memberdayakan Manusia”.

Solimun, Armanu, & Fernandes, A. A. R. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Perspektif Sistem. UB Press.

Suardipa, I. P., Lasmawan, I. W., & Suarni, N. K. (2018). Pembelajaran Dengan Model Pembelajaran Accelerated.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan. Tersedia pada https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.772.2019 (diakses pada tanggal 26 Agustus 2022)

Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. Tersedia pada https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810 (diakses pada tanggal 17 Agustus 2022)

Sutrisna, I. K. A., Arsa, I. P. S., Nurhayata, I. G., Pendidian, J., & Elektro, T. (2015). Penerapan Model Guided Inquiry Meningkatkan Aktivitas Dab Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas Xmia4 Sma N 2 Singaraja Semester II.

Tama, B. J. 2017. "Perbedaan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Team Assisted Individualization dan Metode Drill". SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 322–332. Tersedia pada: https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1303. (diakses pada tangal 6 Februari 2023)

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial. Tersedia pada https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868 (diakses pada tangal 6 September 2022)

Yunarti, N. (2021). Analisa Kesulitan Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa SMP Negeri 1 Rambang. Jurnal Educatio FKIP UNMA. Tersedia pada https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1570 (diakses pada tanggal 26 Agustus 2022).

Published

2023-06-20

How to Cite

Pramesti, G., & Ni Wayan Suniasih. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Audio Visual Pada Muatan Ipas Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Gugus IV Kediri. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/62753

Issue

Section

Articles