Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay berbantuan Media Kartu Soal terhadap Kemampuan Literasi Baca-tulis Siswa Kelas IV SD

Authors

  • I Komang Aditya Permana Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Course Review Horay, Kartu Soal, Literasi Baca-tulis

Abstract

Kemampuan literasi baca-tulis siswa masih rendah karena kegiatan literasi baca tulis belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan Media Kartu Soal terhadap kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental design dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah  siswa kelas IV SD Gugus 11 Mengwi sebanyak 110 siswa. Populasi disetarakan menggunakan uji Anava, setelah dinyatakan setara maka dilanjutkan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling, dan diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD No. 2 Sembung sebagai kelompok eksperimen sebanyak 24 siswa, dan kelas IV SD No. 3 Kuwum sebagai kelompok kontrol sebanyak 21 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh  bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen = 80,291 lebih dari nilai rata-rata kelompok kontrol  = 73,071. Hasil analisis hipotesis diperoleh thitung = 2,516 lebih besar dari ttabel = 2.016 berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dengan dk = 43, sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji-t, maka dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi baca-tulis antara antara siswa yang diberikan perlakuan dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Kartu Soal berdampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan literasi baca-tulis siswa sekolah dasar.

References

Agung, A. A. G. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2013). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Anggraeni, D. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sekaran 01 Semarang. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2), 194–205. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v1i2.1681

Ardani, N. P. M., Putra, I. K. A., & Kristiantari, M. R. (2014). Pengaruh Model Kooperatif TGT Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2275

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Farihatin, A. R. (2013). Kegiatan Membaca Buku Cerita dalam Pengembangan Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Gipayana, M. (2016). Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks Pembelajaran Menulis di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 2–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v11i1.87

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118

Kandow, T., Dengo, S., & Mambo, R. (2021). Strategi Dinas Perpustakaan Daerah Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal Administrasi Publik, 7(109), 34–43.

Kurniasih, I., & Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogia, 13(2), 115–128. https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/view/36000/23206

Purwanto, W. E. (2007). Menghidupi Tradisi Literasi: Problematika bagi Siswa. Guru, Sekolah, dan Negara. www.titikkoma.com/esai (diakses pada tanggal 14 Agustus 2022)

Schleicher, A. (2018). Insights and Interpretations. PISA 2018.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017b). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Semarang: Klik Media.

Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Published

2023-06-15

How to Cite

Permana, I. K. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay berbantuan Media Kartu Soal terhadap Kemampuan Literasi Baca-tulis Siswa Kelas IV SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/63124

Issue

Section

Articles