Model Pembelajaran Synectics berbantuan Mind Map Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Komang Angga Adi Sanjaya Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Model pembelajaran synectics, Mind map, Kompetensi Bahasa Indonesia

Abstract

Pada saat ini minat belajar siswa di sekolah dasar sangat kurang karena pembelajaran yang dilakukan masih cenderung monoton. Maka dari itu diperlukannya model pembelajaran agar dapat meningkatkan minat belajar dan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran synectics berbantuan mind map terhadap kompetensi Bahasa Indonesiasiswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen dalam bentuk non-equivalent control grup desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 171 siswa. Sempel di tentukan dengan teknik rondom sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD N 1 Banjarangkan sebagai klompok kontrol dengan jumlah siswa 29 orang dan siswa kelas V SD N 3 Banjarangkan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 33 orang. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda.Teknik yang digunanakan dalam menganalisis data yaitu analisis statistik deskripstif dan statistik inferensial (uji-t). Rata-rata nilai post-tes kelas eksperimen 79,81 yang berada dalam kategori baik, sedangkan rata-rata post-tes kelompok kontrol 63,3 yang berada pada kategori cukup. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 7,31 dan ttabel pada taraf signifikasi 5% denagn dk = 60 adalah 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar darBahasa Indonesiada ttabel yakni 7,31 > 2,00 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan. Dengan demikian model pembelajaran ini berpengaruh terhadap kompetensi Bahasa Indonesiasiswa kelas V SD. 

 

 

A B S T R A C T

At this time, students' interest in learning in elementary school is very lacking because the learning carried out still tends to be monotonous. Therefore, a learning model is needed in order to increase interest in learning and competence. This study aims to determine the significant influence of the mind map-assisted synectics learning model on the Indonesian competence of grade V elementary school students. This research is an experimental research with a quasi-experimental design in the form of non-equivalent control group design. The population of this study was all grade V students totaling 171 students. Sempel was determined by rondom sampling technique and obtained samples, namely grade V students of SD N 1 Banjarangkan as a control group with a total of 29 students and grade V students of SD N 3 Banjarangkan as an experimental group with a total of 33 students. The instrument used in collecting data is an objective test in the form of multiple choice. The techniques used in.

References

Agung, A. A. G. (2020). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja, Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A.A.G. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.

Ayu Bintang Christina Dewi1, I Wayan Sujana2, I Ketut Adnyana Putra3 1,2,3Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 1 No. 1, April 2018 P- ISSN: 2615-6148 E-ISSN: 2615-7330

Azizah, T. N., Ruminiati, R., & Zainuddin, M. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS melalui Penerapan Model Mind Mapping berbasis Pendekatan SAVI. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 121-124.

Buzan, (sani,2015). Penggunaan Mind Mapping dari perspektif Tony Buzan dalam Proses Pembelajaran

Candiasa, I Made. 2010c. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

EKA, M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Synectics Berbantuan Schoology Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Metakognisi Siswa (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Erna Suhartini 1),Z.A. Imam Supardi2),Rudiana Agustini3) Mahasiswa Program Studi PendidikanSains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 2), 3)Dosen Pascasarjana Prodi Pendidikan Sains Univesrtitas Negeri Surabaya E-mail:erna_vck3d@yahoo.co.id

Hamidi, H., Aunurrahman, A., & Astuti, I. Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Untuk Perolehan Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Zat Kelas Vii Smpn 6 Ketapang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2).

Handoyo,R.F (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Synectics Terhadap Ketrampilan Berfikir Siswa Pada Konsep Asam Basa

Hidayat, Y. N., Wardono, W., & Rusilowati, A. (2019, February). Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau dari metakognisi siswa dalam pembelajaran Synectics berbantuan schoology. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 911-916).

Jurnal Ilmiah PGMI. Volume 2, Nomor 1, Januari 2016 14 Nur alia, thamrin Tayeb, Rafikah,”efektivitas perbandingan model pembelajaran Synectics dengan model konvensional (ceramah) terhadap kemampuanberfikir kreatif siswa”, jurnal biotek, 2016, vol 4,h.355

Koyan, I wayan 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kuncoro, I. (2015). Penggunaan Metode Mind Map Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Aspek Menulis Teks Berita Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas Viiib Smp Negeri 3 Kebasen. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(1).

Margono. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyadiprana, A., & Nur, L. Efektivitas Model Sinektik terhadap Kemampuan Menulis Karangan: Tinjauan pada Aspek Kreativitas Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 25-38.

Muslim, M. (2022). Analisis Faktor Kompetensi, Pengetahuan Dan Pengalaman Kerja Pegawai Dampaknya Terhadap Kinerja Studi Kasus Pegawai Disdikbud Kabupaten Bireuen. IndOmera, 3(5), 57-64.

Mursalin, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Synectics: Mampukah Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa?. Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal, 1(1), 26-32.

Mustami, M. K. (2007). Pengaruh Model Pembelajaran Synectics dipadu Mind maps terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Sikap Kreatif: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 10(2), 173-184.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil

Nurhamidah, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Synectics Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Sub Tema Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku Kelas Iv Mis Guppi 11 Rejang (Doctoral dissertation, IAIN CURUP).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 31.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 31.

Purwanto, A. E., Susanti, N., & Hendri, M. (2016). Studi perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media phet simulations dengan alat peraga pada pokok bahasan listrik magnet di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. EduFisika, 1(1).

Rahmad aziz , “Pengaruh Kegiatan Synectics terhadap Kemampuan Menulis Kreatif”,Jurnal Kebakatan Dan Kreatif, Tahun 2009,vol 3, No 2, h.2. 8 .Ansori Muhammad, Psikologi Pembelajaran, (Bandung: Cv Wacana Prima, 2011) ,h. 61-62

Rose, dan Malcolm (2006: 77). Buku belajar sejarah mind map Pembelajaran sejarah model mind map (2014).

R. Riana dan S. Setiadi Dosen Bahasa Indonesia Universitas Semarang Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Volume 18, Nomor 1, Juni 20 model pembelajaran kooperatif, teknik mind mapping, karangan narasi ekspositoris

Sari, M. D. L., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Menggunakan Media Booklet terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 154-161.

Setianingsih, I. G. A. A., Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visualterhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 3(3), 203-209.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Prenadamedia Group.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Uus karwati. aplikasi model pembelajaran Synectics. Jurnal Seni & Budaya Panggung Vol. 22, No. 2, April - Juni 2012: 147 – 159.

William Gordon (Bandung:, 2000:29) Tahapan: buku model model pembelajaran/departemen pendidikan dan kebudayaan

Published

2023-06-26

How to Cite

Adi Sanjaya, K. A. (2023). Model Pembelajaran Synectics berbantuan Mind Map Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/64594

Issue

Section

Articles