Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa

Authors

  • I Gusti Agung Mutia Adinda Ardhiaswari Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Student Team Achievement Division, Flashcard, Keterampilan Berbicara

Abstract

Rendahnya keterampilan berbicara siswa dikarenakan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai dan bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan media flashcard terhadap keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 157 orang siswa dari 3 sekolah negeri yang berbeda. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava, setelah populasi dinyatakan setara, untuk pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan Uji-t. Hasil analisis hpotesis diperoleh bahwa thitung  7,16≥ttabel 1,998 dengan dk penyebut = 62 dan dk pembilang = 1 pada  α = 5%, makadari itu H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantuan media flashcard berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2022/2023.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Agung, A. A. G. (2021). Statistika Dasar untuk Pendidikan (2021st ed.). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Akbar, R. F. (2018). Studi Analisis Perilaku (Analisis Faktor-faktor Komitmen Organisasional dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru Madrasah Swasta di Jawa Tengah. Skripsi, 121–180.

Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(3), 534–540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395

Aping, M., & Uliyanti, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Numbered Head Together.

Asep Priatna, G. S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. 10(2), 71–76.

Asnita, A., & Khair, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 53. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1501

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran JUCAMA Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.4021

Gusniar. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No.2 Ogoamas II.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika, 9(4), 411–422. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/56

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94

Janna, N. M. (2020). Variabel dan skala pengukuran statistik. Jurnal Pengukuran Statistik, 1(1), 1–8.

Kurniaman, O., Noviana, E., & Dasar, S. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Universitas Riau |, 6, 389–396.

Luh, N. I., Wulan, P., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Dasar, J. P., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN CERITA RAKYAT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN GUGUS KAPTEN KOMPYANG SUJANA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT SISWA KELAS IV SDN GUGUS KAPTEN KOMPYAN.

Mardhatillah, A. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 46–56.

Marlina, L., & Herawati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Menganalisis Pesan Moral Dalam Cerpen. Jurnal Komunitas Bahasa, 6(2), 111–119.

Nur Syamsu, F., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450

Panur Permana, B., Nashir Tsalatsa, A., & Asri Untari, M. F. (2019). Kefektifan Model Student Teams Achivement Divison (STAD) Terhadap Keterampilan Berbicara. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1), 54–62. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17292

Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38–47.

Putranta, H., Madjis, M., Rosita, R., A, N., Rizky, R., S, M., & Nita, N. (2018). MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT.

Putri, P. L., Istiyati, S., & Purnama, F. (2020). Peningkatan keterampilan berbicara melalui media pembelajaran flash card mata pelajaran bahasa indonesia pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(4), 1–5.

Rachmawati, R. (2018). ANALISIS KETERKAITAN KOMPETENSI INTI ( KI ), DAN KOMPETENSI DASAR ( KD ). XII, 231–239.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95. http://repository.uinsu.ac.id/8503/1/Diktat Media Pembelajaran RH 2019.pdf

Rostikawati, Y. (2019). Penerapan Model Mapping Activity (Ma) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Semantik (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(2), 178–189.

SANNAH, I. N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Teori Atom Bohr. 53(9), 1689–1699.

Sianturi, R. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Subhayni, Sa’adiah, S., & Armia, A. (2017). Keterampilan Berbicara. Keterampilan Berbicara, 9–37. https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.276

Sumampouw, E. A., & Sobon, K. (2020). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Student Teams Achievement Division. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 81. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.617

Supardi, S. (1993). Populasi dan Sampel Penelitian. Unisia, 13(17), 100–108. https://doi.org/10.20885/unisia.vol13.iss17.art13

Tambunan, P. (n.d.). PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI SEKOLAH DASAR.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Agung, A. A. G. (2021). Statistika Dasar untuk Pendidikan (2021st ed.). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Akbar, R. F. (2018). Studi Analisis Perilaku (Analisis Faktor-faktor Komitmen Organisasional dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru Madrasah Swasta di Jawa Tengah. Skripsi, 121–180.

Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(3), 534–540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395

Aping, M., & Uliyanti, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Numbered Head Together.

Asep Priatna, G. S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. 10(2), 71–76.

Asnita, A., & Khair, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 53. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1501

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran JUCAMA Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.4021

Gusniar. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN No.2 Ogoamas II.

Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika, 9(4), 411–422. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/56

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94

Janna, N. M. (2020). Variabel dan skala pengukuran statistik. Jurnal Pengukuran Statistik, 1(1), 1–8.

Kurniaman, O., Noviana, E., & Dasar, S. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Universitas Riau |, 6, 389–396.

Luh, N. I., Wulan, P., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Dasar, J. P., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN CERITA RAKYAT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN GUGUS KAPTEN KOMPYANG SUJANA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT SISWA KELAS IV SDN GUGUS KAPTEN KOMPYAN.

Mardhatillah, A. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 46–56.

Marlina, L., & Herawati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Terhadap Kemampuan Menganalisis Pesan Moral Dalam Cerpen. Jurnal Komunitas Bahasa, 6(2), 111–119.

Nur Syamsu, F., Rahmawati, I., & Suyitno, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 344. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19450

Panur Permana, B., Nashir Tsalatsa, A., & Asri Untari, M. F. (2019). Kefektifan Model Student Teams Achivement Divison (STAD) Terhadap Keterampilan Berbicara. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1), 54–62. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17292

Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 38–47.

Putranta, H., Madjis, M., Rosita, R., A, N., Rizky, R., S, M., & Nita, N. (2018). MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT.

Putri, P. L., Istiyati, S., & Purnama, F. (2020). Peningkatan keterampilan berbicara melalui media pembelajaran flash card mata pelajaran bahasa indonesia pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(4), 1–5.

Rachmawati, R. (2018). ANALISIS KETERKAITAN KOMPETENSI INTI ( KI ), DAN KOMPETENSI DASAR ( KD ). XII, 231–239.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95. http://repository.uinsu.ac.id/8503/1/Diktat Media Pembelajaran RH 2019.pdf

Rostikawati, Y. (2019). Penerapan Model Mapping Activity (Ma) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Semantik (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(2), 178–189.

SANNAH, I. N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Teori Atom Bohr. 53(9), 1689–1699.

Sianturi, R. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Subhayni, Sa’adiah, S., & Armia, A. (2017). Keterampilan Berbicara. Keterampilan Berbicara, 9–37. https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.276

Sumampouw, E. A., & Sobon, K. (2020). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Student Teams Achievement Division. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 81. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.617

Supardi, S. (1993). Populasi dan Sampel Penelitian. Unisia, 13(17), 100–108. https://doi.org/10.20885/unisia.vol13.iss17.art13

Tambunan, P. (n.d.). PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI SEKOLAH DASAR.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754

Published

2023-06-27

How to Cite

Ardhiaswari, I. G. A. M. A. (2023). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/64598

Issue

Section

Articles