Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Gugus R.A Kartini

Authors

  • Putu Devi Rahayu Ningsih Mahasiswa

Keywords:

Persepsi Guru, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurikulum Merdeka masih tergolong baru di kalangan pendidikan sehingga banyak memunculkan persepsi yang berbeda beda terkhususnya bagi para guru yang mengajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi guru terhadap implementasi kurikulum merdeka. Selain itu untuk mengetahui persepsi guru dalam menghadapi hambatan-hambatan terhadap implementasi kurikulum merdeka di SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Denpasar Barat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan mix methods. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas I dan guru kelas IV di SDN Gugus R.A Kartini Kecamatan Denpasar Barat sebanyak 26 responden. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode non tes berupa kuesioner dengan menggunakan skala empat. Data yang diperoleh kemudian di uji dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil data diperoleh persentase rerata dimensi pendampingan guru yaitu 84% dengan kriteria positif. Sedangkan pada dimensi hambatan diperoleh persentase rerata 62% dengan kriteria kurang positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru dapat mendampingi peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka serta pada dimensi hambatan guru mampu dalam menghadapi hambatan- hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum merdeka.

References

Addarsy, Rahmatika, Sri Hartati, and Asdi Wirman. 2018. Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Kelompok Bermain Terhadap Motivasi Untuk Menyekolahkan Anak. Vol. 9.

Aeni Wardiah, and Suhirman. 2021. Hubungan Kinerja Guru Dan Pola Asuh Rang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Vol. 2.

Agung, A. 2014. Metologi Penelitian Pendidikan. Malang. Aditya Media Publishing. ALFABETA.

Aida Jawadiyah dan, ul. 2021. Pengembangan LKPD Berbasis PBL Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Matrei Larutan Penyangga Development of PBL Student Worksheet to Train Critical Thinking Skill in Buffer Solution Material. Vol. 10.

Alex Sobur, (2013) Psikologi Umum dalam Lintas Sejarah, (Bandung: Pustaka Setia, hal. 445

Amiruddin, Barkat, Kementerian Agama, and Bengkulu Tengah. 2020. Persepsi Tenaga Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Terhadap Program Belajar Dari Rumah. Vol. 4.

Andriani, Windy. 2022. Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum Dan Permasalahannya. Anggianita, Sonia, and Muhammad Syahrul Rizal. 2020. Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Di

Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Vol. 1.

Ansori, Isa. 2015. Persepsi Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Negeri 07 Kauman Batang.

Arif, M. 2022. Persepsi Guru PAI Tentang Proses Pembelajaran Daring.

Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RINEKA CIPTA. Asrori, Psikologi Pendidikan, (Jawa Tengah: CV Pena Persada, 2020), hlm.53

Dahlan, Rahmat. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Nazhir Terhadap Wakaf Uang Rahmat Dahlan.

Damayanti, Cicilia, Yohanes Probo, and Dwi Sasongko. 2021. “Restorasi Dunia Pendidikan Di Indonesia Dalam Perspektif Paulo Freire.” Riset Intervensi Pendidikan 3.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kusioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. SEMNASKEP

Dina, Bela Atiqoh. 2020. “Respon Guru Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19”.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Volume 2 Nomor 1.

Eka Retnaningsih, Lina, Ummu Khairiyah, and Stain Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. 2022. “Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini.”

Endhes Isthofiyani, Sri, Andreas Priyono Budi Prasetyo, and Sri Sukaesih Jurusan Biologi. 2014. “Persepsi Guru Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Terhadap Kurikulum 2013.” Unnes Journal of Biology Education 3(1):50229.

Fakhrurrazi, Oleh :. 2018. Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Vol. XI. Fakhrurrazi. 2018. Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Vol. XI.

Fitrianasari, Hanik, and Dan Budiyanto. 2015. Persepsi Guru Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Sesuai Latar Pendidikan Di Kabupaten Blitar.

Fitriyani, Eka Putri. 2017. “Persepsi Guru Kelas Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013.”

Gusmawan, Dendy, and Tatang Herman. 2023. “Persepsi Guru Matematika Terhadap Kemampuannya Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 7(1):83–92. doi: 10.35706/sjme.v7i1.7103.

Hartanto, Dicki, and Sri Yuliani. 2019. Statistik Riset Pendidika.

Hidayati, Zuhriyyah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Fattah Siman Lamongan, Pengawas PAI Kemenag Lamongan, and Indonesia Pos-el. 2023. “Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar.” doi: 10.37850/cendekia.

Huryanah, Yatimatul. 2021. Persepsi Orang Tua Tentang Makanan Sehat Pada Anak Usia 4-5 Tahun.

Jamin, Nunung Suryana. 2021. “Implementasi Merdeka Belajar Dan Social Distancing Di Masa Pandemi Covid-19.” Universitas Negeri Gorontalo.

KBBI Daring, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Persepsi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoiron, Kusumastuti AAhmad Mustamil. 2019. “Metode Penelitian Kualitatif.”

Komang Wahyu Wiguna, I., Made Adi Nugraha Tristaningrat, and Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja. 2022. “EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” 3(1):17–26.

Krissandi, Apri Damai Sagita. 2018. “Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013.” Profesi Pendidikan Dasar 1(1):79. doi: 10.23917/ppd.v1i1.5397.

Magdalena, Ina, Wulan Noviyanti, Rifdah Fauziah, and Ade Wiliah. 2021. Penggunaan Teknik Non Tes Dalam Penilaian Sikap Siswa Pada Pelajaran Budi Pekerti Kelas IV SDN Dukuh 3 Di Masa Pandemi Covid-19. Vol. 3.

Mahlianurrahman, Mahlianurrahman, and Rapita Aprilia. 2022. “Menyusun Cerita Praktik Baik Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Anugerah 4(1):43–49. doi: 10.31629/anugerah.v4i1.4283.

Martina. 2019. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Tulung Selapan Kabupaten Oki.

Martines, Lesvi. 2022. Persepsi Guru Pada Proses Pembelajaran Daring Di TVRI.

Nadar, Wahyuni. 2017. Persepsi Orang Tua Mengenai Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini.

Nisa, Khoirun. 2021. “Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Tematik Di Kelas III SDN 1 Jamburejo.”

Novita, D. (2016). Peran Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur. In Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah (Vol. 1).

Nugraha, Ugi. 2015. “Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi.”

Padangsidimpuan Afridapane, Iain. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.” Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 03(2).

Pemerintah Indonesia. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 yang Mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Pinasti, Anisa Nugrahening. 2022. Implementasi Evaluasi Non Tes Dalam Menilai Peserta.

Putu Meina Ayuningsih, Ni. 2020. “Validitas Isi Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning Dan Pendidikan Karakter.” (1):54–61. doi: 10.36294/jmp.vxix.xxx.

Putu Pradnya Paramitha Shinta Devi, Ni, Ni Wayan Suniasih, and I. B. Gede Surya Abadi. 2020. “Motivasi Belajar Ditinjau Dari Status Pekerjaan Ibu.” Jurnal Mimbar Ilmu 25(2).

Qomusuddin, I., V. (2019). Statistik Pendidikan (Lengkap Dengan Aplikasi IMB SPSS Statistic 20.0).

Deepublish.

Rindayati, Evilia, Cindi Arjihan Desita Putri, and Rian Damariswara. 2022. “Kesulitan Calon Pendidik Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 3(1):18–27. doi: 10.53624/ptk.v3i1.104.

Ristianah, Niken, Toha Ma’sum, Sekolah Tinggi, Agama Islam, and Darussalam Nganjuk. 2022. “Konsep Manajemen Mutu Pendidikan.”

Riyani, Eko. 2019. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Obyek Wisata Alam Air Terjun Jumog Dan Dampak Terhadap Kondisi Ekonomi Masyarakat (Studi Di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah).

Rosita, Esi, Wahyu Hidayat, and Wiwin Yuliani. 2021. “Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4(4):279. doi: 10.22460/fokus.v4i4.7413.

Sadikin, Ali dan Hamidah, Afreni. 2020.“Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 06. No. 02.

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta.PRENADAMEDIA GROUP. Simanjuntak, Ramses. 2018. Pentingnya Penerapan Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter

Bagi Terciptanya Generasi Emas Indonesia Tahun 2045.

Sita Pratiwi, Dea, Ajeng Ayu Widiastuti, Maria Melita Rahardjo, and Program Studi Pendidikan Guru PAUD. 2018. Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Di Lingkungan RW 01 Dukuh Krajan Kota Salatiga.

Sudarsono, Andi, and Yudi Suharsono. 2016. Hubungan Persepsi Terhadap Kesehatan Dengan Kesadaran (Mindfulness) Menyetor Sampah Anggota Klinik Asuransi Sampah Di Indonesia Medika. Vol. 04.

Sudijono, A. 2018. Pengantar Statistik Pendidikan. Depok. PT RajaGrafindo Persada. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA.

Sukardi. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta. BUMI AKSARA.

Sumarsih, Ineu, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5):8248–58. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3216.

Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suprapto Arifin, Hadi, Engkus Kuswarno, and Benyamin Pramono. 2017. Persepsi Mahasiswa Untirta Terhadap Penerapan Perda Syariah Di Kota Serang. Vol. 1.

Suriadi, Harri Jumarto, Firman Firman, and Riska Ahmad. 2021. “Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(1):165– 73. doi: 10.31004/edukatif.v3i1.251.

Ulfahyana, Habiba. 2017. Persepsi Guru Matematika Tentang Implementasi Kurikulum 2013 Kelas X Di SMA Negeri 16 Makasar.

Utomo, Budi. 2018. “Analisis Validitas Isi Butir Soal Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di MadrasahBerbasis Nilai-Nilai Islam.” Jurnal Pendidikan Matematika.

UU RI No.14 tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen

Wahyudi, Yuda. 2021. Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Di Dusun Sapen Umbulmartani Ngemplak Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wijaya Saputra, Dendi, Muhamad Sofian Hadi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, and Jl Kh Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Tangerang Selatan. 2022. Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka.

Wijaya Saputra, Dendi, Muhamad Sofian Hadi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, and Jl Kh Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat Tangerang Selatan.

n.d. Persepsi Guru Sekolah Dasar Jakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka.

Wulandari, Yuni. Mahmuda, Adzra Afifah. Astuti, Maylinda Dwi. Ariyanto, Wikan Tiyasning. Darmadi. 2021. “Orientasi Pengembangan Dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Program Studi Pendidikan Matematika.” Universitas Pahlawan 4(2).

Yuliani, Wiwin. 2018. “Quanta Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling.” 2(2). doi: 10.22460/q.v2i1p21-30.642.

Yulifa, E., S. Yustiana, and N. Nurdin. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas IV.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL.

Published

2023-06-27

How to Cite

Rahayu Ningsih, P. D. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Gugus R.A Kartini. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/64677

Issue

Section

Articles