Efektivitas Media Video Animasi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Suhu dan Kalor Siswa SD
Keywords:
Video Animasi, Saintifik, IPAAbstract
Kurangnya penggunaan media video animasi dalam proses pembelajaran sekolah dasar khususnya pembelajaran IPA memberikan penurunan dalam kompetensi pengetahuan IPA. Guru yang kurang inovatif dalam mengembangkan media video animasi berdampak pada proses pembelajaran yang terjadi kurang menarik dan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dalam bentuk media video animasi berbasis pendekatan saintifik pada materi suhu dan kalor IPA siswa kelas V SDN.1 Dajan Peken tahun pelajaran 2022/2023. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan (RnD) yang menggunakan model ADDIE. Pada penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, wawancara, tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang ahli isi materi, 1 orang ahli desain instruksional, 1 orang ahli media pembelajaran, 3 orang subjek uji perorangan, 9 orang subjek uji kelompok kecil, dan 35 orang jumlah siswa kelas V. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis uji-t adalah diperoleh thitung sebesar 6,350. Harga thitung tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = n1+n2-2 = 70–2 = 68 adalah sebesar 2,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,350> 2,000), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Implikasi dari penelitian ini adalah terbukti bahwa penggunaan media video animasi berbasis pendekatan saintifik sangat baik untuk digunakan dalam pembelajaran siswa kelas V SD, sebab mampu meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA siswa serta mampu membuat proses pembelajaran yang bervariasi, mengaktifkan siswa, dan berjalan dengan optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran.
References
Alia, T., & Irwansyah, I. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 65. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639
Anwar, H., Jamaluddin, J., & A.W., J. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model 5E Di SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 142–151. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8385
Apriyani, D. D., & Ramdhan, V. (2022). Desain Pembelajaran Berbasis Android Berbantu Smart Apps Creator (SAC) Pada Pelajaran Bermusik. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 943–946. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5833
Arif, S., & Muthoharoh, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi IPA di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 112–124. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.19779
Azami, H. H. R., & Ibrahim, R. (2019). Development and Evaluation of Massive Open Online Course (MOOC) as a Supplementary Learning Tool: An Initial Study. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 10(7), 532–537. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2019.0100773
Bermawi, Y., & Fauziah, T. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Aceh Besar. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 1(4), 63–71. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753
Delu Pingge, H. (2022). Merdeka Belajar dengan Pendidikan Resolusi Konflik di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i1.1900
Efendi, A., & Nurjanah, R. (2019). Literary Learning For Teenager Inmates In Institute For Children Special Rehabilitation. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3), 411–425. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.27322
Fitriyana, N., Wiyarsi, A., Ikhsan, J., & Sugiyarto, K. H. (2020). Android-Based-Game And Blended Learning In Chemistry: Effect On Students’ Self-Efficacy And Achievement. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 507–521. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.28335
Hanggara, Y., & Zendato, I. J. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Arcs Dan Active Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Smk. Pythagoras, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V6I1.617
Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The Development of Physics Teaching Materials Based on Local Wisdom to Train Saraba Kawa Character. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14249
Hikmawan, F. (2017). Perspektif Filsafat Pendidikan Terhadap Psikologi Pendidikan Humanistik. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 31. https://doi.org/10.17977/um023v6i12017p31-36
Irianti, A. H. S., Aini, N., & Rahayu, S. E. P. (2020). Apprenticeship assessment tool development to improve the competitiveness of fashion design graduates. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 524–530. https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85084367209
Kaur, I., Jyoti, & Aggarwal, V. (2020). Development of E-content: “no longer a critical step.” International Journal of Advanced Science and Technology, 29(8 Special Issue), 981–990. https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85083852491
Kusuma, I. D. P. S. J. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Pada Materi Pecahan Muatan Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tulangampiang. Universitas Pendidikan Ganesha.
Kusumastuti, D., Soesanto, R. P., Kurniawati, A., & Kurniawan, M. T. (2020). E-learning Content Design using ADDIE and SECI: Case of Shelving Activity in Research Organization. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 10(3), 1072. https://doi.org/10.18517/ijaseit.10.3.10841
Lesmono, A. D., Bachtiar, R. W., Maryani, & Muzdalifah, A. (2018). The instructional-based andro-web comics on work and energy topic for senior high school students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 147–153. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14245
Mamat, R., Abdul Halim, H., Mansor, S., & Abdul Rashid, R. (2018). Penggunaan Manga dan Anime sebagai Media Pembelajaran dalam Kalangan Pelajar Bahasa Jepun di Universiti Awam Malaysia (Manga and Anime Consumption as A Learning Media Among Japanese Learners in Malaysian Public Universities). Jurnal Komunikasi, Malaysian Journal of Communication, 34(3), 298–313. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2018-3403-18
Maramis, A. A., Mege, R. A., Paus, J. R., & Mantiri, J. (2019). Effectiveness of Realia Media: A Case Study in SMP Negeri 1 Likupang Barat as a Partner in KKN-PPM Program. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, Issue 1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012070
Mariani, R., Marzal, J., & Zurweni, Z. (2021). Pengembangan Media Mobile Learning Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI MAN 2 Kota Jambi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3295–3310. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.815
Mohd, C. K. N. C. K., Shahbodin, F., Sedek, M., & Samsudin, M. (2020). Game based learning for autism in learning mathematics. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4684–4691. https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85084646610
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Rahayuningsih, S. (2020). Animation media of animal husbandry thematic science learning to stimulate scientific attitude in early childhood. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 5879–5882. https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85079884518
Ramadhani, M. J. F., & Hanggara, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Kancing Gemerincing Ditinjau Dari Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pythagoras, 8(2), 72–81. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V8I2.1904
Ritonga, A. W., Ritonga, M., Nurdianto, T., Kustati, M., Rehani, R., Lahmi, A., Yasmadi, Y., & Pahri, P. (2020). E-Learning Process of Maharah Qira’ah in Higher Education during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Higher Education, 9(6), 227. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p227
Rohmawati, E., & Kristanto, V. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Geogebra Pada Sub Pokok Bahasan Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 78–88. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i1.1186
Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Sharif, A. M., Azman, M. N. A., Balakrishnan, B., Yaacob, M. I. H., & Zain, H. H. M. (2018). The Development and Teachers’ Perception on Electromagnet Teaching Aid: Magnobolt. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3), 252–258. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i3.13491
Suana, W., Maharta, N., Nyeneng, I. D. P., & Wahyuni, S. (2017). Design and Implementation of Schoology-Based Blended Learning Media for Basic Physics I Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 170–178. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8648
Sutarto, S. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Wibowo, E., & Dg Matona, M. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Whiteboard Animation Pada Matakuliah Trigonometri Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tompotika Luwuk. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 60–71. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i2.1988
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348
Yusuf, A. Z. A., Faelasofi, R., & Rahayu, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Wondershare Filmora Pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 615. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.8232
Zuchdi, D., & Nurhadi, N. (2019). Culture Based Teaching And Learning For Indonesian As A Foreign Language In Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3), 465–476. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.26297
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Luh Putu Hendika Putri Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.