LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Pengukuran Sudut Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD

Authors

  • Flowerina Kadek Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Addie, Matematika, Pendekatan Kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun,kelayakan dan efektifitas. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,kuesioner,dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif,kualitatif,statistik deskriptif,dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil validitas menurut ahli rancang bangun berkualifikasi sangat baik memperoleh skor 90%,ahli isi materi berkualifikasi sangat baik memperoleh skor 92%,ahli desain berkualifikasi sangat baik memperoleh skor 93%,ahli media pembelajaran berkualifikasi sangat baik memperoleh skor 92%,uji perorangan berkualifikasi sangat baik memperoleh skor 94%,uji kelompok kecil berkualifikasi sangat baik memperoleh skor 92%. Hasil uji efektivitas dengan uji-t univariat memperoleh hasil thitung = 5.43 untuk db=60 dan taraf signifikansi 5% ttabel = 1,69. Hal ini menunjukkan thitung ≥ ttabel,sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik pembelajaran Matematika berbasis Pendekatan Kontekstual pada muatan materi pengukuran sudut efektif untuk diterapkan di kelas IV SD.

References

Agus, Pribadi Beni dan Padmo putri, Dewi. 2019. Pengembangan bahan ajar. Universitas Terbuka.

Agung, A. A. G. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, A. A. Gede. 2020. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 1–8. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/art.

Az Zafi, A., & Partono, P. (2020). Desain Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran al-Quran Hadis. MATAN: Journal of Islam and Muslim Society, 2(1), 16–25. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.matan.2020.2.1.2292

Fahrurrozi, M., Mohzana, & Mispandi. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(1), 7–14. Tersedia pada http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2271.

Gazali, R. Y. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Matematika untukSsiswa SMP BerdasarkanTteori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644.

Istiningsih, S., Fauzy, M., & Nisa, K. 2018. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 31–41. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.04.

Isrok’atun, & Rosmala, A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.

Juniati, Kartini,& Maimunah. 2021. Perangkat Pembelajaran Materi Segiempat dan Segitiga Berbasis Model PBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1359–1373. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.545.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kristyowati, R. 2018. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 284.

Muri Yusuf, A. 2017. Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Novalia, H., & Noer, S. H. 2019. Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa SMA.JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika),12(1), 51-65.Tersedia pada http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4854.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. Tersedia pada https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. 2019. Pengembangan LKS Berbasis PMRI Menggunakan Konteks Etnomatematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2(2), 73–79. https://doi.org/10.31539/judika.v2i2.870.

Purmadi, A., & Surjono, H. D. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8285.

Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. 2018. LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 39. Tersedia pada https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1926.

Sagita, D., Sutiarso, S., & Asmiati, A. 2020. Pengembangan LKPD Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 846–856. Tersedia pada https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.309

Saefuddin, Asis dan Ika Berdiati. 2015. Pembelajaran Efektif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suartama, I. K. 2016. Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sidiq, & Najuah. 2020. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1). https://doi.org/10.21009/jps.091.01.

Setiawan, W. 2021. Matematika pada Sekolah Dasar di Era Pandemi. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 12–22. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/888/509.

Tegeh, I. M., dkk. 2017. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wiryanto, W. 2020. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132.

Widodo, S. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204. Tersedia pada http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis.

Widiastuti, N. L. G. K., & Priantini, D. A. M. M. O. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1). Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45530.

Wiranata, R. A., & Sujana, I. W. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Masalah Sosial Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1. Tersedia pada https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31926 .

Widiastuti, N. L. G. K. 2020. Pengembangan BahanAjar IPA Berbasis Kontekstual dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479–490. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26436

Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Cakrawala Media.

Published

2023-07-06

How to Cite

Kadek, F. (2023). LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Pengukuran Sudut Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/65251

Issue

Section

Articles