Hubungan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dan Kemampuan Menulis Puisi Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Liya Feni Alfianita Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

penguasaan kosakata, kemampuan menulis, menulis puisi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 199 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Cluster Random Sampling dengan penentuan sampel berdasarkan rumus Issac and Michael dan diperoleh sampel sebanyak 131 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: Penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas V SD memperoleh skor rata-rata keseluruhan adalah 60 dengan kategori cukup baik; Kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD memperoleh skor rata-rata keseluruhan adalah 66,1 dengan kategori cukup baik; Hasil dari pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh uji signifikansi regresi diperoleh Fhitung sebesar 11,027. Kemudian pada Ftabel 0,05 atau taraf signifikansi 5% sebesar 3,91. Dari hasil analisis uji regresi linear sederhana diperoleh Fhitung = 11,027 > Ftabel = 3,91 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dimana terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata bahasa Indonesia dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD

References

Adityaningrum, D., Slamet, S. Y., & Budiharto, T. (2021). Studi Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Minat Menulis dengan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 449, 14.

https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/48714%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/viewFile/48714/30807

Alpian, Y., Anggraeni, S. M., Unika, W., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(2), 1–13.

Dwi Jayanti, M. (2017). Keterampilan Berbahasa dan Reseptif Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Conferemce on Language and Language Teaching, 279.

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34.

http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412

Filisyamala, J. (2018). Pengaruh Media Televisi untuk Mengembangkan Kosakata Anak. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3 (2), 253–259.

Gunawan, G. (2019). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Cigudeg Bogor. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.54125/elbanar.v2i1.25

Gustal, E. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dan Penguasaan Kosa Kata terhadap Keterampilan Menulis Puisi.

Harjianti, T., Halidjah, S., & Salimi, A. (2014). Korelasi Penguasaan Kosakata Aktif-Produktif Dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079.

Istiqomah, R. (2021). Pengembangan media anagram dan gambar untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa Kelas I SD Negeri Purwoharjo. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Kadir, H. (2010). Analisis Struktur Puisi “Kita Adalah Pemilik Syah Republik Ini “ Karya Taufik Ismail. Inovasi, 7(2), 33–51.

Kurniawati, W., & Karsana, D. (2020). Aspek Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia oleh Siswa Sekolah Dasar di Kota Medan. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 286. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2977

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI, 3 (2), 243–252.

Nur, M., Mannahali, M., & Burhanuddin. (2021). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Puisi Bahasa Jerman. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 65. https://ojs.unm.ac.id/INTERFERENCE/article/view/20129

Nurfadilla, N., R., S., & Usman, M. (2020). Pengajaran Sastra Bahasa Jerman DI Sekolaj Menengah Atas (SMA). Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1 (2), 121–127.

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. BPFE- Yogyakarta.

Nurmuslimah, R., Saleh, M., & Usman. (2021). Hubungan Penguasaan Diksi dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Gowa. 1–11.

Prastika, D. D. (2023). Hubungan Antara Penguasaan Diksi dan Motivasi Berprestasi dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMPIT Nur Hidayah Surakarta. Universitas Negeri Islam, 4(1), 88–100.

Ramadhania, S., & Yamin, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 960–965. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3042

Rohilah, R., & Hardiyana, R. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata Dan Metode Karyawisata Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Membaca (Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(1), 51. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3745

Rosyidah, M., & Fijra, R. (2021). Metode Penelitian. Deepublish CV Budi Utama.

Sadulloh, U. (2018). Pengantar Filsafat Pendidikan. Alfabeta.CV.

Sari, M. U. K., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Sunanto, S. (2021). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (5), 3614–3624.

Serani, G., & Heni, L. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 43 Tapang Aceh Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Kansasi, 5 (1), 71–80.

Sihite, S. T., Jubilezer, & Simandalahi. (2021). Poetic Devices And Rubrics On Luisa Gluck ‘An Adventure. Syntax Lit. J. Imiah Indones, 6, no, 405–413,.

Siregar, J. (2020). Metode Pembelajaran Brainstorming dan Penguasaan Kosakata. In R. Hasibuan (Ed.), Syria Studies (2020th ed., Vol. 7, Issue 1). Yayasan Salman Pekanbaru. https://bit.ly/3cPFLVc

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428

Sukardi, M. (2018). Metodelogi Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Praktiknya (R. Damayanti (ed.); Revisi). Sinar Grafika Offset.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42

Sunariati, R., Ismawati, E., & Riyadi, I. (2019). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Struktur Kalimat Dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 309. https://doi.org/10.31571/bahasa.v8i2.1564

Sunarni Agustina. (2022). Hubungan Antara Minat Baca dan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Danguran Tahun Pelajaran 2021/2022. Agustina Sunarni, 33(1), 1–12.

Suryadi, E., & Milawasri, F. A. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Mahasiswafkip Universitas Tridinanti Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Bindo Sastra, 2 (2), 232–239.

Suryono, D., & Soedjito. (2020). Seri Terampil Menulis Bahasa Indinesia : Kosakata (F. Azzahrah (ed.); 2020th ed.). PT. Bumi Aksara.

Sutarya, A. (2018). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indonesia Sutarya Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Pemelajaran bahasa Indonesia belum mampu memberikan kondisi yang kondusif . sesuatu kebutu. 1(1), 1–10.

Syamsuddin, R. (2021). Buku keterampilan berbahasa indonesia. Universitas Negeri Makassar, May, 64.

Ummul Khair, 2018. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Yanti, P. G., Zabadi, F., & Rahman, F. (2020). Bahasa Indonesia : Konsep Dasar dan Penerapan (T. Lesmana (ed.)). PT. Grasindo.

Yassir, M. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa. In Pdgk4101/Modul1.

Yuliati, A. (2018). Jenis Puisi Penyair Muda Bangkalan dalam Kumpulan Puisi Bersama Keluarga Besar Penyair Bangkalan. Jurnal Sastra Aksara, 6(2), 1–15.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884

Published

2023-07-06

How to Cite

Alfianita, L. F. (2023). Hubungan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dan Kemampuan Menulis Puisi Kelas V Sekolah Dasar . Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/65401

Issue

Section

Articles