E-LKPD Berbasis Project Based Learning Efektif Meningkatkan Kopetensi Pengetahuan IPAS siswa
Keywords:
E-LKPD, PjBL, IPASAbstract
Proses pembelajaran IPA bisa dikatakan belum maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan E-LKPD berbasis PjBL untuk memfasilitasi belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari ahli rancang bangun, materi, media, dan desain. Subjek uji coba penelitian ini yaitu kelas IV SD. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawamcara, dan kuesioner.Teknik analisis data penelitian yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian yang diberikan oleh ahli rancang bangun mencapai tingkat 90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli isi materi pembelajaran mencapai tingkat 91% berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian oleh ahli media pembelajaran mencapai tingkat 87% (baik). Hasil penilaian dari ahli desain yaitu mencapai tingkat 87% berada pada kualifikasi baik. Hasil Thitung uji efektifitas sebesar 20.432 > 2.00 nilai Ttabel. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha di terima. Maka E-LKPD dinyatakan efektif di gunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV pada materi Wujud Zat dan Perubahannya mata pelajaran IPAS.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Amiruddin, A., Rukma, A., & Setialaksana, W. (2012). PKM Workshop dan Pendampingan Pembuatan Desain LKPD (Jobsheet) bagi Guru Smk di Kabupaten Pangkep. Seminar Nasional Pengabdian …, 379–388. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/25724%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/25724/12934
Anggraini, W., Anwar, Y., & Madang, K. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi pada Manusia untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 3(1), 49–57.
Banawi, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 90. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.850
Dewi, A. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA Negeri 7 Kota Banda Aceh. Braz Dent J., 33(1), 1–12. http://eprints.umsida.ac.id/1625/1/Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan.pdf
Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350
Dini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi AndroidDini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajara. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7, 2.
Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 1–4.
Fahlevi, M. R. (2022a). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714
Fahlevi, M. R. (2022b). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414
Gustin, L., Sari, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 111–127. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.154
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 6–16.
Hattarina, S., Saila, N., Faradila, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Ketut Sri Puji Wahyuni, I Made Candiasa, & I Made Citra Wibawa. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476
Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 282–288. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10150
Laksono, M. B. T., Firmanda, D. A., Damayanti, V., & Novita, D. (2021). Pengembangan E-LKPD untuk Melatihkan Kemampuan Analisis dan Evaluasi Siswa Kelas XI pada Materi Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Prosiding Seminar Nasional Kimia (SNK), 285–300.
Lesmana, C. &, & Arpan, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Psikomotor, Aktivitas Belajar, Dan Respon Mahasiswa. Jjurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 06(Juni), 1–19.
Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257
Mokambu, F. (2021). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ipa di kelas V SDN 4 Talaga Jaya. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 56–62.
Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574
Nugraheni, D. (2018). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis inquiry materi pengukuran untuk meningkatkan kreativitas siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 98. https://doi.org/10.30738/natural.v5i2.3252
Nurdyansyah. (2017). Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Sumber Daya Dalam Teknologi Pendidikan, 1–22. http://eprints.umsida.ac.id/1625/1/Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan.pdf
Nurhidayati, S. (2019). Pengintegrasian Potensi Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Rasa Hormat Mahasiswa Terhadap Lingkungan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 0–5. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.995
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen kurikulum merdeka. 20, 75–94.
Purniasih, K. R., Pudjawan, K., & Mahadewi, L. P. P. (2017). Pengembangan LKS IPA Bermuatan Karakter dengan Setting Guided Inquiry di SD Negeri 1 Astina. Jurnal Edutech …, 5, 62–71. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20204
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319.
Rahayu, L. S., Sony, I., & Anggoro, S. (2019). Materi Volume Bangun Ruang Tak Beraturan Menggunakan Model Project Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 243–256.
Srikawati, N. K. A. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di Gugus VII Kecamatan Buleleng. In Repository Undiksha (Vol. 1, Issue 1).
Sudianah, S., Makhrus, M., & Taufik, M. (2021). Keterampilan Generik Sains Melalui Model Pembelajaran Perubahan Konseptual pada Materi Alat-Alat Optik Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 18–23. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.1394
Susiana, D. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Project Based Learning Dengan Aktivitas Hots Pada Muatan Matematika Siswa Kelas V Semester …. https://repo.undiksha.ac.id/7287/%0Ahttps://repo.undiksha.ac.id/7287/3/1711031010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Model Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Wati, I., & Kamila, I. (2020). Pentingnya Guru Profesional Dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2, 599.
Widiyanti, T., & Fitrotun Nisa, A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1269–1283. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Komang Widiana Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.