Problem Based Blended Learning: Strategi Pembelajaran Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kemandirian Belajar Informatika Siswa SMP

Authors

  • I Putu Rencanaguna Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Agustini
  • I Gde Wawan Sudatha

Keywords:

PBBL, Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based blended learning (PBBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar Informatika siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP yang berjumlah 368 orang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 64 orang yang diambil dengan teknik random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan model PBBL, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Data kemampuan berpikir kritis siswa dikumpulkan menggunakan metode tes berupa soal pilihan ganda dan data sikap kemandirian belajar dikumpulkan menggunakan non tes berupa kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model PBBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar sekolah menerapkan model PBBL sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kemandirian belajar siswa dalam mata pelajaran Informatika.

References

Agustini, K., Santyasa, I. W., & Ratminingsih, N. M. (2019). Analysis of Competence on “TPACK”: 21st Century Teacher Professional Development. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012035

Bengkulu, N., Sakti, I., Puspasari, Y., & Risdianto, E. (n.d.). The Effect Of Direct Learning Model Through Animation Media Based On Macromedia Flash On Learning Interest And Understanding Of Students’ Physics Concepts In Sma Plus Negeri 7 Bengkulu. 10(1), 1–10.

Brown-Martin, G. (2017). Education and the Fourth Industrial Revolution (Learning to Thrive in a Transforming World). In 11th Annual International Conference of Education, Research and Innovation. https://doi.org/10.21125/iceri.2018.2771

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 16. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.763

Dwicky Putra Nugraha, D. M. (2021). Station Rotation Type Blended Learning Model Against Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students. Journal of Education Technology, 4(4), 516. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29690

Fadhillah, N., & Faradina, S. (2016). Hubungan Kelekatan Orangtua Dengan Kemandirian Remaja SMA Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Psikologi, 1(3).

Fauzan. (2017). Pelaksanaan Program Ikatan Guru Indonesia (Igi) Dalam Pengembangan Kemampuan Guru Membuat Media Pembelajaran Berbasis Tik Di Aceh Timur [Tesis]. Universitas Negeri Medan.

Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pendidikan Dan Pelatihan. Prosiding SENDI_U 2019, 359–364. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7302

Gusnita, G., Melisa, M., & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif TPSq. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286–296. https://doi.org/10.30606/absis.v3i2.645

Hadi, M., & Sovitriana, R. (2019). Model Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta. Urnal IKRA-ITH Humaniora , 3(3), 26–32.

Hasanah, A. U., & Imami, A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX SMP Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 290–302. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1981

Herliani, R., & Sibarani, C. G. G. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 10(2), 202. https://doi.org/10.24114/jtp.v10i2.8732

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID -19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154. https://doi.org/10.21009/PIP.342.9

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari. (2018). Identifikasi Kesiapan LKPD Guru Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan , 3(2), 124–128.

Mudjiman, H. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Pustaka Pelajar.

Ngatiyem. (2021). Penerapan pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 149–157. https://doi.org/10.51878/action.v1i2.637

Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 155. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1633

Pamungkas, D., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 212. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17774

Pradnyana, I. K. (2021). Pengembangan Multimedia Gamifikasi Interaktif Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Di Smk Negeri 1 Nusa Penida [Tesis, Universitas Pendidikan Ganesha]. https://repo.undiksha.ac.id/6783/

Prayuda, R., Thomas, Y., & Basri, M. (2014). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 3(8).

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–259. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259

Safitri, I. K., Bancong, H., & Husain, H. (2013). Pengaruh pendekatan multiple intelligences melalui model pembelajaran langsung terhadap sikap dan hasil belajar kimia peserta didik di Sma Negeri I Tellu Limpoe. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v2i2.2717

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Bumi Aksara.

Sari, D. P. (2021). Tingkat Ketercapaian Tugas Perkembangan Dewasa Awal: Studi Deskriptif pada Mahasiswa IAIN Curup. Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(2), 243. https://doi.org/10.29240/jbk.v5i2.3330

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution: what it means and how to respond. World Economic Forum: Fourth Industrial Revolution. https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-fourth-industrial-revolution-what-it-means-and-how-to-respond/

Seels, B. B. (1994). Teknologi pembelajaran definisi dan kawasannya. Unit percetakaan Universitas Negeri Jakarta.

Setiawan, W., Fitrajaya, E., & Mardiyanti, T. (2012). Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1).

Simanjuntak, M. F., & Sudibjo, N. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH [IMPROVING STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND PROBLEM SOLVING ABILITIES THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 108. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1331

Syibli, M. A. (2018). Profil Kemandirin Belajar Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Gantang, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.380

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontstruktivistik. konsep, landasan teoritis-praktis dan implementasinya. Prestasi Pustaka.

Zahriani, Z. (2014). Kontektualisasi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Sains. Lantanida Journal, 2(1), 95. https://doi.org/10.22373/lj.v2i1.667

Zulkifli, Z. (2020). Analisis Kompetensi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1286

Published

2024-03-01

How to Cite

I Putu Rencanaguna, Ketut Agustini, & I Gde Wawan Sudatha. (2024). Problem Based Blended Learning: Strategi Pembelajaran Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kemandirian Belajar Informatika Siswa SMP. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/70662

Issue

Section

Articles