MEDIA AUDIO GAMELAN MULUT BERBASIS KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MUATAN SBDP SISWA SEKOLAH DASAR TUNANETRA SLB NEGERI 1 DENPASAR

Authors

  • Dewi Sudiartini Ni Pande Kadek Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Pengembangan, Gamelan Mulut, Media audio, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Rendahnya karakter pada dimensi Profil Pelajar Pancasila menyebabkan hasil belajar siswa tunanetra menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun media, validitas media, dan efektivitas media audio gamelan mulut berbasis karakter Profil Pelajar Pancasila pada muatan SBdP siswa sekolah dasar tunanetra SLB Negeri 1 Denpasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yakni metode nontes berupa lembar penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun media audio sebesar 93,18% yang dikualifikasikan sangat baik, (2) media audio ini dinyatakan layak yakni sebesar 93,33% yang dikualifikasikan sangat baik, (3) diperoleh nilai thitung = 30,487 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh = 2,101. Hasil tersebut menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media audio gamelan mulut berbasis karakter Profil Pelajar Pancasila efektif diterapkan pada muatan SBdP siswa sekolah dasar tunanetra di SLB Negeri 1 Denpasar.

References

Feen-Calligan, H., & Matthews, W. K. (2016). Pre-professional arts based service-learning in music education and art therapy. International Journal of Education & the Arts, 17(17). http://www.ijea.org/v17n17/.

Haeyen, S., Hooren, S.A.A.V., & Hutschemaekers, G. (2015). Perceived effects of art therapy in the treatment of personality disorders, cluster B/C: A qualitative study. The Arts in Psychotherapy. 45.

Isni, L., Nurrohman, M., dan Mambela, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Braille pada Siswa Tunanetra di Kelas di Taman Kanak-Kanak SLB A YPAB Surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 15(28), 195-201.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2019.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Tahun 2022.

Makki, A. 2019. Mengenal Sosok Edward Lee Thorndike Aliran Fungsionalisme Dalam Teori Belajar. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 14(1), 78-91.

Munif, A., Susanto, H., & Susilo, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Audio Berbasis Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Gerak Untuk Anak Tunanetra Kelas Vii Smp/Mts Lb. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 1-11.

Nurfadhillah, S., Fadhilatul Barokah, S., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., Yanti, A. A., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas 1 Mi Al Hikmah 1 Sepatan. In PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, N., ... & Mahdi, M. (2023). Pendidikan Karakter Membangun Generasi Unggul Berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Sinuraya, B., Musyaddad, M., Febriyanti, D., Pathoni, H., & Tiodora Br Sinuraya, W. 2023. Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Kesehatan Mental Berbasis Audiovisual Dan Augmented Reality Untuk Mengatasi Permasalahan Mental Pada Siswa Disabilitas. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. 3(5): 2092-2104. Doi:https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Praptaningrum, Agnes. “Penerapan Bahan Ajar Audio Untuk Anak Tunanetra Tingkat SMP di Indonesia”, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 5 No. 1 (2020),7.

Suartama, I. K. 2019. Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudiartini, N. P. K. D., Utami, N. K. T. P., Candrayani, N. M. W., Widianita, N. K. F., Devi, B., & Sujana, I. W. (2022). Unjuk Kreativitas Mewujudkan Mimpi Secara Kolaboratif Anak Tunanetra dan Tunarungu dalam Tari Menggunakan Gamut. International Journal of Community Service Learning, 6(4).

Tegeh, I Made dan I Gede Wawan Sudatha. 2019. Model-Model Desain Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wirawan, I. 2021. Seni Kreatif di Masa Pandemi dalam Alunan Musik Gamut (Gamelan Mulut). Jurnal Ilmiah Cakrawarti. 4 (2):114-120.

Published

2024-03-01

How to Cite

Ni Pande Kadek, D. S. (2024). MEDIA AUDIO GAMELAN MULUT BERBASIS KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MUATAN SBDP SISWA SEKOLAH DASAR TUNANETRA SLB NEGERI 1 DENPASAR. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/75349

Issue

Section

Articles