PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD N 1 BUAHAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • kadek dwiyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Basilius Redan Werang
  • Dewa Ayu Puteri Handayani

Keywords:

Learning outcomes, Learning Model, TGT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pebelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen (TGT) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di SD N 1 Buahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif statistik deskriptif, lebih tepatnya penelitian dengan Quasi Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Dalam penelitian ini terdapat pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Sehingga dalam penelitian ini hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan (treatment) dan setelah diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD N 1 Buahan, Kecamatan Payangan Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 33 siswa. Pengambilan Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sehingga sempel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Buahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan Teknik analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial (Uji-t). Sebelum dilakukan uji-t dilakukan terlebih dahulu uji prasyarat yakni uji normalitas sebaran data menggunakan rumus kolmogorov-smirnov dan homogenitas varians menggunakan rumus levene. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournamen (TGT) terdapat hasil belajar IPAS SD N 1 Buahan Tahun Pelajaran 2023/2024.

References

Al Fath, A. M. (2021). Teams Games Tournament Assisted by Tic Tac Toe Media on the Effectiveness of Students in Learning. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1287-1294. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.784

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Astiwi, K. P. T., Antara, P. A., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 459. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29457

Arusman, and Muliani Rina Dwi (2022) Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat 2(2), 133-139

Annisa et al, 2020 Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal Penelitian 8(1) 35-37

Brinda, S. & Ardiyanto, F. R. (2022). The Effectiveness of Teams Games Tournament Strategy to Teach Reading Comprehension in Descriptive Text to the Tenth-Grade Students of SMK Pemuda Kutorejo. Channing: Journal of English Language Education and Literature, 7(2), 37-46. https://doi.org/10.30599/channing.v7i2.1513

Bafadal Ibrahim. (2009) Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Budian et al, (2020) Model Kooperatif Team Game Tournament: Peningkatan Kreatifitas, Kerja Sama dan Keterampilan bermain Sepak Bola siswa tunarungu, Jurnal Education 1(2) 128-140

Depdiknas RI. Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. (Jakarta: Depdiknas 2006)

Dewi et al, (2023) Pengaruh Perubahan Kurikulum Baru Bagi Peserta Didik Dan Pendidikan Di SD Muhammadiyahpangka.Seminar Nasional PGMI 2023 http://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai

Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. (2021). Feasibility of the prototype of teaching materials on the topic of classification of lifestyle based on the advantage of local wetland. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2).

Gayatri, Y. (2009). Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournaments (TGT) Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Biologi. Didaktis, 8(3), 1-67. file:///C:/Users/USER/Downloads/mimin,+6+okt+yuni-1.pdf

Handayani, N. L. (2021). Determinasi Model Resolusi Konflik Terhadap Prestasi Belajar Agama Hindu Dengan Kovariabel Sikap Multikultur Dan Efikasi Diri Pada Mahasiswa Pgsd Stahn Mpu Kuturan Singaraja. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(2), 151. https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.2798

Hasanah., H Himami., S., A (2021) . Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan 1(1) https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/

Handayani. E, S and Subakti., H (2021) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu 5(1) 151-164

Hadiana Deni (2015) Penilaian Hasil Belajar Untuk Siswa Sekolah dasar. Pusat Penilaian Pendidikan, Balitbang Kemdikbud Jakarta Pusat

Herawati, H. (2018). Memahami proses belajar anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV(1), 27–48

Ihwan Mahmudi, Muh. Zidni Athoillah, Eko Bowo Wicaksono, & Amir Reza Kusuma. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1132

Juwita, L., Sari, N. P. W. P., & Septianingrum, Y. (2017). The effect of team game tournament (TGT) cooperative learning method application towards learning motivation and achievement. The Effect Of Team Game Tournament (Tgt) Cooperative Learning Method Application Towards Learning Motivation And Achievement, 2(2), 154-163.

Kustiawati, D. (2017). Pembelajaran Geometri Berbantuan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. JIPMat, 1(2), 113–120. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1237

Maryam Eka (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT terhadap Presetasi Belajar Fisika Peserta didik Kelas XI SMAN 1 Tugumulyo, Journal Education 1(1) 34-42

Muhlis, F., & Ali, N. (2020). Eksperimentasi Pembelajaran Fisika melalui Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar dan Pendekatan Konvensional di Tinjau dari Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 896–902. https://doi.org/10.5281/zenodo.4312216

Muttaqien, A. R., Suprijono, A., Purnomo, N. H., & Rendy, D. B. (2021). The Influence of Cooperative Learning Types of Teams Game Tournaments on Students’ Critical Thinking Ability. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(6), 432-437. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i6.4620

Musanna, A., Wibowo, U. B., & Hastutiningsih, A. D. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.529

Najmi, N., Rofiq, M. H., & Maarif, M. A. (2021). The Effect Of Cooperative Learning Model Type Of Teams Games Tournament (Tgt) On Student's Learning Achievement. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 3. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430

Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). Hubungan Antara Validitas Item Dengan Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda Pas. Natural Science Education Research, 4(3), 249–257. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8682

Nasution. 1989.Kurikulum danPengajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Nurfaizah. A P, A, Endang Kusuma Amir (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD INPRES 7/83 PASEMPE Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 2(2) 2597-4424

Pendidikan, P., Hajar , K. I., Kurikulum , D., & Yanuarti, E (2017).298614675.11(2), 237-266

Peronika Purba, Ayu Rahayu, Murniningsih (2023) Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal 1 (2) 136-152 https://journal.rafandhapress.com/BEMI

Rahayu et al, 2023 Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV di SD Negeri Tahunan Yogyakarta, Journal Education 1(2) 136-152

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahman Sinarti. 2021 Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tahun ke 10, No 8 289-302

Sandra et al, (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah 1 Padangsimpiduan, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2(2) 22-31

Sartika et al, (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPAS SD/MI, Journal Education 3(2) 51-65

Salsabila et al, (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jurnal Pendidikan 3(1) 2747-268

Siregar Nasyariah (2022), et.al “Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning pada Jenjang Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial”. Jurnal Pendidikan 2(2) 183-192 https://doi.org/10.35878/guru/v2.i2.443

Sri Armidi (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Journal Of Education 6 (2) 214-220

Shohimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti Rahman (2021) Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Gorontalo, 2(8) 623-98648

Sunardin (2020) Deskripsi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Medel Team Game Tournament (TGT) Pada Pembelajaran IPS . Jurnal Pendidikan 3(1) 2654-6434

Syaiful Bahri, Djamara dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta,2010

Turnip, S. P., Sihombing, L. N., & Sijabat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Kelas V SD Negeri Percontohan Pematang Siantar. Journal on Education, 06(01), 2879–2890.

Tolla, I., & Ali, M. S. (2017). The Effect of Cooperative Learning Model of Teams Games Tournament (TGT) and Students' Motivation toward Physics Learning Outcome. International Education Studies, 10(2), 123-130. http://dx.doi.org/10.5539/ies.v10n2p123

Werang, B. R. (2019). Perkembangan Peserta Didik. Malang: Elang Mas.

Werang, B. R. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Edisi 3. Malang: Elang Mas.

Werang, B. R. & Betaubun, M. (2017). Strategi Pembelajaran. Edisi 2. Malang: Elang Mas.

Wigena et al, Sistem Subak Sebagai Sumber Belajar IPS Kurikulum Merdeka, Jurnal Rivew Pendidikan, 6 (2) 2655-6022

William, & Hita. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint. JSM STMIK Mikroskil, 20(1), 71–80.

Zigato., M., M (2022) Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square, Jurnal Pendidikan 1(1) 1-7

Published

2024-03-01

How to Cite

kadek dwiyanti, Basilius Redan Werang, & Dewa Ayu Puteri Handayani. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD N 1 BUAHAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/75442

Issue

Section

Articles