Model Pembelajarn SQ3R Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V
Keywords:
model pembelajaran SQ3R, media wordwall, hasil belajar Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan dan tidak menerapkan model pembelajaran SQ3R berbantuan media Wordwall pada siswa, serta untuk mengidentifikasi dampak yang signifikan dari penerapan model pembelajaran SQ3R berbantuan media Wordwall. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan rancangan Non-equivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di kelas V Gugus 4 Dajan Peken Kecamatan Tabanan Tahun Ajaran 2023/2024, melibatkan 14 kelas dari 4 sekolah dengan total 449 siswa sebagai populasi penelitian. Sampel diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling, di mana kelas VA SD Negeri 1 Dajan Peken dijadikan kelompok eksperimen dengan 34 siswa, dan kelas V SD Negeri 8 Dajan Peken sebagai kelompok kontrol dengan 28 siswa. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui tes objektif. Hasil perhitungan Anakova menunjukkan nilai Fhitung sebesar 21,3, dibandingkan dengan nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan dk pembilang = 1 dan dk penyebut = 60, didapatkan nilai Ftabel = 2,37. Karena Fhitung (21,3) > Ftabel (2,37), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan ini mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar Bahasa Indonesia antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran SQ3R berbantuan media Wordwall dan kelompok siswa yang tidak menggunakan model tersebut.
References
Afiana, R., Pratiwi, W. D., & Nurhasanah, E. (2021). Keefektifan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Fiksi di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2362–2370. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.855
Agusalim, S. R., Sayidiman, & Nurhaedah. (2023). Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat di Kabupaten Takalar. In Pinisi Journal of Education (Vol. 3, Issue 1).
Aminah, S. A. & E. (2020). Penggunaan SQ3R Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. , Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran,. 55–63.
Amini Amini, Dea Rahma Damanik, Zakiyah Andiny Sihombing, Vita Shahnaz Maharani Rangkuti, R. R. (2024). Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 2(2), 121. https://doi.org/10.24036/komposisi.v2i2.6445
Darmiyanti, Z. (2007). StrategiPeningkatanKemampuan Membaca, Peningkatan Komprehensi Yogyakarta: UNY Press.
Faatin, N. A., & Rusnilawati, Nf. (2022). Pengembangan Media Digital Wordwall Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Materi Operasi Bilangan Kelas Vi. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 221. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v10n2.p221--238
Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412
Habibah. (2020). Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Narasi pada Siswa Kelas V SD dengan Menggunakan Metode SQ3R. Journal Collase (Creative of Students Elementary Ecucation, 3(6), 327–334.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Ilmi, D. N., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2017). Metode Pembelajaran SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 88–99.
Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jpk, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Man 1 Lamongan. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, VI(Vol 6 No 2), 189–199. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628
Novikasari, I. (2017). Uji Validitas Instrumen. Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 1(1), 530–535. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/1075/799
Parhan, P., Abdul Jalil, M., Idrus, I., & Raup, A. (2022). Peningkatan Pemahaman Teks Bahasa Arab Melalui Metode (SQ3R). Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(1), 21–33. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i1.9
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Putu Silvira Maharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.