E-Modul Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Siswa Kelas IV SD
Keywords:
E-Modul, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan PancasilaAbstract
Minimnya variasi media penunjang pembelajaran yang dimiliki guru berdampak pada minimnya pencapaian akademis peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Studi ini ditujukan untuk mengembangkan E-Modul berbasis Profil Pelajar Pancasila mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan penerapan model Dick and Carey. Data dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda serta kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) rancang bangun E-Modul berbasis Profil Pelajar Pancasila telah sesuai dengan tahapan pengembangan Dick and Carey, (2) kelayakan E-Modul berbasis Profil Pelajar Pancasila menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 95% (Sangat Baik), uji ahli bahasa sebesar 93,33% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 98,33% (Sangat Baik), uji ahli desain instruksional sebesar 94,44% (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 91,66% (Sangat Baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,77% (Sangat Baik), serta (3) efektivitas E-Modul berbasis Profil Pelajar Pancasila berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,001 yang dengan keputusan ≤ 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media E-Modul Pendidikan Pancasila ini efektif digunakan pada siswa kelas IV di SD Negeri 7 Pedungan.
References
Aditya, M. L. N., Sujana, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2023). Media Video Pembelajaran Desa Penglipuran Berbasis Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58534.
Agung, A. A. G. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236.
Astra, I. M., Raihanat, & Mujayanah, N. (2020). Development of Electronic Module Using Creative Problem-Solving Model Equipped with Hots Problems on The Kinetic Theory of Gases Material. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2), 181–194. https://doi.org/10.21009/1.06205.
Bria, M. A. Y., & Gading, I. K. (2023). VAK-Based E-Module for Grade IV Elementary School Students. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(3), 454–460. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.64922.
Damayanti, P. Y., & Putra, M. (2021). Pop-Up Book Learning Media on the Pancasila and Civic Education Learning Content. International Journal of Elementary Education, 5(1), 166–174. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.32280.
Dewi, N. K. A. M. A. & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348.
Diputra, I. M. Y., & Sujana, I. W. (2023). Multimedia Interaktif Berorientasi Profil Pelajar Pancasila Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan pada Muatan IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 242–254. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63362.
Erniwati, E., Hunaidah, H., Nurhidayat, R., & Fayanto, S. (2022). The Testing of E-Module Flip-PDF Corporate to Support Learning: Study of Interests and Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 6(4), 586–597. https://doi.org/10.23887/jet.v6i4.43857.
Erica & Sukmawarti. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran PKN di SD. Journal of Education and Social Analysis, 2 (4), 110-122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321.
Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.4230.
Ferdiantini, A., Sudiana, I. N., & Sariyasa. (2023). Buku Cerita Bergambar Kearifan Lokal Arja untuk Menananamkan Profil Pelajar Pancasila pada Dimensi Berkebhinekaan Global. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60694.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.
Junia, N. M. I. & Sujana, I. W. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 130–139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243.
Melyastiti, N. M., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2023). E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 82–92. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58538.
Mery, Martono, Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617.
Munandar, T., & Ahmad, M. (2022). E-Modul Berbasis Nearpod pada Materi PPKn Kelas 2 Tema Hidup Rukun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jippg.v 5i1.48503.
Novayana, G., Margunayasa, G., & Renda, T. (2021). Bahan Ajar E-Modul Intaraktif Muatan IPA Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34315.
Oktaviani, N. L. M. M., Wibawa, I. M. C., & Riastini, P. N. (2023). Project Based Learning (PjBL) Model in the Pancasila Learning Profile of Fourth Grade Elementary School Students. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(3), 390–397. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.64908.
Pamungkas, K. O., Ngazizah, N., & Ratnaningsih, A. (2023). Pancasila Student Profile Project Module on Entrepreneurship Theme for Elementary School Students. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(3), 352–360. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.68126.
Pel, T. A. C., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2023). Learning Videos Based on Contextual Approaches to the Content of Pancasila and Citizenship Education. Journal of Education Technology, 7(1), 186–193. https://doi.org/10.23887/jet.v7i1.56770.
Pratiwi, L. D. S., Suranata, K., & Yudiana, K. (2023). Media Pembelajaran Kartu Kuartet Berbantuan Panduan Model Picture and Picture Pada Muatan Pendidikan Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 265–275. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.63959.
Putra, I. W. D., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Modul Interaktif Berorientasi Karakter Peduli Lingkungan untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 185–196. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45886.
Putri, K. P. C., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2023). Balinese Culture-Based Digital Comic Learning Media for Strengthening Pancasila Student Profiles for Elementary School Students. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(2), 305–314. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i2.61431.
Rahmiati, Saputra, I., & Oktarina, R. (2023). Interactive Electronic Module: Is it Beneficial for Learning?. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(2), 209–218. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i2.60477.
Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. (2023). E-modul Pendidikan Pancasila Berbasis Canva Berbantuan Flip PDF Profesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 11(2), 178-195. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v 11i2.27262.
Sanjaya, P. A., Pageh, I. M., & Suastika, I. N. (2023). Bahan Ajar E-Modul Book Creator untuk Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 410–421. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i2.64252.
Shopuro, D., & Sukasih, S. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Bermuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.68462.
Sintawati, N. P., & Margunayasa, I. G. (2021). Interactive E-Module for Science Learning Content: Validity and Feasibility. International Journal of Elementary Education, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34281.
Suantara, K. A., Gading, I. K., & Sanjaya, D. B. (2023). E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Satua Bali untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 198–206. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60241.
Susanti, N. K. W., & Suastika, I. N. (2022). Children’s Story Book on Science and Social Learning Oriented Pancasila Student Profile. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 351–357. https://doi.org/10.23887/jjpgsd. v10i2.46940.
Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449–456. https://doi.org/10.23887/ paud.v9i3.41385.
Tegeh, I. M. 2014. Buku Metodelogi Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wahyuni, L. T. S., & Arnyana, I. B. P. (2022). E-Module Based on Tri Kaya Parisudha Effectively Improves Science Learning Outcomes. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 358–366. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.46733.
Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59281.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Ayu Indraswari Ayu Indraswari, I Gusti Agung Ayu Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.