Video Interaktif Jolly phonics Muatan Bahasa Indonesia Materi Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar
Keywords:
Video Interaktif, Jolly Phonics, Bahasa Indonesia, Membaca PermulaanAbstract
Kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar membaca permulaan siswa kelas 1 berdampak pada terhambatnya kemampuan membaca siswa. Maka dari itu dilakukan penelitian untuk menganalisis efektivitas video interaktif Jolly phonics muatan bahasa Indonesia materi membaca permulaan menurut para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian yaitu ahli rancang bangun, ahli isi mata pelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas 1 sebanyak 10 siswa. Metode dan instrument pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang dengan analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan teknik (uji-t) sample dependent. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan video interaktif Jolly phonics muatan bahasa Indonesia materi membaca permulaan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1. Implikasi dari penelitian ini yakni diharapkan dengan media ini dapat membantu siswa saat belajar membaca dan membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran.
References
Anggraeni, S., Suyono, S., & Kuswandi, D. (2019). Metode Jolly Phonics Sebagai Metode Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 91–95.
Azkia, N., & Rohman, N. (2020). Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sd/Mi Kelas Rendah. Al-Aulad: Journal Of Islamic Primary Education, 3(2), 69–77.
Bestari, I. U., & Wulandari, P. Y. (2023). Efektifitas Jolly Phonics Dan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Abjad Dan Kesadaran Fonologis Pada Anak Tk B Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Yang Rendah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 816–829.
Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337–1346.
Hamidi, K., Jamaluddin, W., Koderi, K., & Erlina, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Interaktif Untuk Siswa Madrasah Aliyah. Journal On Education, 5(2), 5289–5296.
Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8.
Hasibuan, A. S. R., Nurhayati, N., Humaira, S., & Hasibuan, E. D. (2023). Ruang Lingkup Dan Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Tips Jurnal Riset, Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 1–6.
Jaelani, W. R., & Irianto, D. M. (2023). Application Of Media Level Up Pop-Up Book In Improving The Initial Reading Ability Of Grade 1 Elementary School Students. Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 1085–1088.
Janawati, D. P. A. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sd Negeri 3 Ubud, Gianyar, Bali. Surya Dewata.
Kamilah, A., Mugara, R., & Ruqoyyah, S. (2021). Pembelajaran Daring Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sd Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Kartu Kata. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, 4(1), 218–226.
Muhlisoh, V. I., Sudatha, I. G. W., & Yudiana, K. (2022). Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal For Lesson And Learning Studies, 5(3), 429–438.
Puji Utami, N. (2022). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.9498
Prasong, F., & Kalang, F. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Membaca Dengan Tema Kegemaranku Pada Siswa Kelas 1 Mis Al-Fitrah Oesapa. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 276–280.
Rahmandani, S. N., Idris, M., & Ayurachmawati, P. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Permulaan Untuk Siswa Kelas I Sd Negeri 90 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(4), 1545–1550.
Rahmawati, M. C., Samino, F. A., Agustian, M., Revaria, N. R., & Ernestya, T. G. (2021). Pengembangan Buku Siswa Membaca Menulis Permulaan Berbasis Budaya Dengna Menggunakan Prosedur Addie Untuk Kelas 1 Sd. Jurnal Pgsd: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 133–143.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Safitri, E. R., Raharjo, M., & Harlin, H. (2023). Validitas Video Interaktif Dengan Pendekatan Etnopedagogik Berbasis Saintifik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal On Early Childhood, 6(3), 330–338.
Toni., & Janer. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan kita menulis.
Utomo, W. T., Waroka, L. A., & Sembada, A. D. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Multisensori Dan Media Flashcard Terhadap Peningkatan Kemampuan Pramembaca Anak. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 135–140.
Widiani, C. (2023). Penggunaan Metode Jolly Phonics Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas V Sdlb Di Splb C Yplb Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Widiasanti, I., Nirvia, G. A., Zahra, F. Y., Hamidah, F., & Prasetyo, B. (2023). Implementasi Kendala Guru Di Era Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Sistem Pembelajaran Di Sekolah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1301–1314.
Zanah, D. N., Putri, C., & Melati, I. I. (2023). Penggunaan Media Video Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Dengan Model Discovery Learning. Journal Of Education Research, 4(2), 592–598.
Zelvia, V. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi Pada Keterampilan Membaca Permulaan Tema 2 Di Kelas Ii Sdn 01 Asam Kumbang Pesisir Selatan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Made Adi Sastrawan, maria goreti rini kristiantari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.