Pengembangan E-Modul Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Muatan Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar

Authors

  • Vickha Putri Suprapto Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Putu Sukma Trisna Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

E-Modul, Mind Mapping, kreativitas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan e-modul berbasis mind mapping yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE. Subjek penelitian yaitu e-modul berbasis mind mapping, sedangkan objek penelitian yaitu validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Hasil dari uji validitas dari ahli media senilai 0,983 dan ahli materi senilai 0,980. Hasil dari uji kepraktisan dari respons guru senilai 99,15%, sedangkan respons siswa senilai 97,58%. Hasil dari uji efektivitas dengan uji t berkorelasi memperoleh t-hitung senilai 13,481. Nilai t-hitung tersebut lebih besar dari pada t-tabel untuk dk=31 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,04, sehingga e-modul dinilai efektif. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis mind mapping dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa.

References

Afdholiyah, E., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD Negeri 2 Seren Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 95–105.

Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85–92.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arinda, K. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Mind Map Materi Klasifikasi Serangga Ordo Odonata Untuk Siswa Kelas X Sma. Universitas Jambi.

Artini, N. W. B., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2023). Efektivitas Pengembangan E-LKPD dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 36–45.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019a). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Astuti, R., & Aziz, T. (2019b). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2).

Elwijaya, F. (2021). Sistem, Nilai, dan Norma dalam Pendidikan Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1840–1845.

Eriyanti, R. W., Cholily, Y. M., & Masduki, M. (2022). Meningkatkan kreativitas guru dalam inovasi pembelajaran berbasis hots untuk mengembangkan berpikir ktitis dan kreatif siswa. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 416–428.

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2).

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Fraillon, J., Schulz, W., Ainley, J., & Achievement, I. A. for the E. of E. (2012). ICCS 2009 Asian Report: Civic Knowledge and Attitudes among Lower-Secondary Students in Five Asian Countries. In International Association for the Evaluation of Educational Achievement.

Hamalik, O. (2017). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Laraphaty, N. F. R., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 4(1), 145–156.

Magdalena, I., Ramadanti, F., Az-Zahra, R., Kunci, K., Belajar, :, & Ajar, B. (2021). Analisis Bahan Ajar dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar di SDN Karawaci 20. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 434–459.

Mahdi, N., & Yusrizal, Y. (2018). Efektivitas Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada MATERI Ciri-Ciri Makhluk Hidup di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Montasik Kabupaten Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi Dan Kependidikan, 3(1).

Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI).

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (3rd ed.). Rineka Cipta.

Nasution, A. J., Ziliwu, S., Akhiriani, W., & Waina, A. (2023). Penguatan Moral Melalui Pembelajaran PPKN di MIS Al-Afkari Kabupaten Deli Serdang. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(1), 151–159. https://doi.org/10.47467/edui.v3i1.3156

Orkha, M. F., Anggun, D. P., & Wigati, I. (2020). Pengembangan modul pembelajaran berbasis mind mapping pada materi sistem peredaran darah SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 77–85.

Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054.

Raharjo, R. (2020). Analisis perkembangan kurikulum PPKn: dari Rentjana pelajaran 1947 sampai dengan merdeka belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63–82.

Rahayu, A. P. (2021). Penggunaan Mind Mapping dari Perspektif Tony Buzan dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Paradigma, 11(1), 65–80.

Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Bumi Aksara.

Rahdiyanta, D. (2016a). Teknik Penyusunan Modul. Artikel.(Online) Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Dr-Dwi-Rahdiyanta-Mpd/20-Teknik-Penyusunan-Modul. Pdf. Diakses, 10.

Rahdiyanta, D. (2016b). Teknik Penyusunan Modul. Artikel.(Online) Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Dr-Dwi-Rahdiyanta-Mpd/20-Teknik-Penyusunan-Modul. Pdf. Diakses, 10.

Sajiman, S. U. (2015). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.92

Septi, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Belajar Di SD/MI. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip PDF Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672

Setiawan, E., & Rizki, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Barisan Dan Deret Matematika Berbasis Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 465–472.

Siswono, T. Y. E. (2007). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah dan pemecahan masalah matematika. Makalah Simposium Nasional.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.

Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan (1st ed.). Comdes.

Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Elex Media Komputindo.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Ika, 11(1).

Triana, K. A., Cipta, N. H., & Rokmanah, S. (2023). Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Perkembangan Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 24623–24627.

Uliniam, Edy, S., & Sumarta. (2023). Analisis Kebijakan Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa (dalam Perespektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional). Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 9(1), 127–148. https://doi.org/10.37842/sinau.v9i1.141

Widiyono, A. (2022). Analisis Kajian Metodik Didaktik Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 4(2), 524–537. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.4585

Winataputra, U. S. (2019). Hakikat, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–46.

Zuhriyah, I., Rosidi, I., Tamam, B., Qomaria, N., & Putera, D. B. R. A. (2022). Analisis kreativitas siswa pada pembuatan mind mapping dengan penilaian portofolio materi sistem ekskresi. Natural Science Education Research (NSER), 5(2), 92–104.

Published

2024-08-30

How to Cite

Vickha Putri Suprapto, I Gede Astawan, & I Gusti Ayu Putu Sukma Trisna. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Muatan Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/83359

Issue

Section

Articles