PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMK

Authors

  • I Gusti Bagus Sumarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11963

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan menganalisis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan mind map dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest non Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Kubutambahan tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dari penelitian ini sebanyak 4 kelas yang terdiri atas kelas XI Keperawatan 1 dan kelas XI Keperawatan 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Keperawatan 3 dan kelas XI Keperawatan 5 sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan tes hasil belajar. Instrumen tes diuji tingkat validitas, reliablitis, daya beda dan tingkat kesukaran soal. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif dan MANOVA. Skor rata-rata Gain Score untuk kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Mind Map dan pembelajaran langsung berturut-turut adalah 0,76 dan 0,43,  Sedangkan rata-rata Gain Score untuk hasil belajar siswa berturut-turut adalah 0,46 dan 0,22. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Mind Map  lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Downloads

Published

2017-10-04

How to Cite

Sumarta, I. G. B. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11963

Issue

Section

Articles