PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI DENGAN MEDIA FOTO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DITINJAU DARI MINAT MENULIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11964Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh interaksi antara pemanfaatan metode sugesti imajinasi dan minat menulis siswa terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa, (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang memiliki minat menulis tinggi, (4) mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang memiliki minat menulis rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Jenis penelitian ini menggunakan model desain Matching Pretest and Posttest Comparison Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Denpasar. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes keterampilan menulis teks deskripsi siswa dan kuesioner minat menulis siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik Anava Dua Jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi, (2) ada pengaruh interaksi antara pemanfaatan metode sugesti imajinasi dan minat menulis siswa terhadap keterampilan menulis teks deskripsi, (3) ada pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang memiliki minat menulis tinggi, (4) ada pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang memiliki minat menulis rendah. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, metode sugesti imajinasi memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis siswa, baik yang memiliki minat menulis tinggi maupun rendah. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran menulis teks deskripsi, metode sugesti imajinasi dengan media foto tepat digunakan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)