PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI DENGAN MEDIA FOTO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DITINJAU DARI MINAT MENULIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 DENPASAR

Authors

  • Ida Ayu Putu Udiyani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11964

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh interaksi antara pemanfaatan metode sugesti imajinasi dan minat menulis siswa terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa, (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang memiliki minat menulis tinggi, (4) mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang memiliki minat menulis rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Jenis penelitian ini menggunakan model desain Matching Pretest and Posttest Comparison Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Denpasar. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks deskripsi siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes keterampilan menulis teks deskripsi siswa dan kuesioner minat menulis siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik Anava Dua Jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi, (2) ada pengaruh interaksi antara pemanfaatan metode sugesti imajinasi dan minat menulis siswa terhadap keterampilan menulis teks deskripsi, (3) ada pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang memiliki minat menulis tinggi, (4) ada pengaruh pemanfaatan metode sugesti imajinasi dengan media foto terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa yang memiliki minat menulis rendah. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, metode sugesti imajinasi memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis siswa, baik yang memiliki minat menulis tinggi maupun rendah. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran menulis teks deskripsi, metode sugesti imajinasi dengan media foto tepat digunakan.

Downloads

Published

2017-10-04

How to Cite

Udiyani, I. A. P. (2017). PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI DENGAN MEDIA FOTO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DITINJAU DARI MINAT MENULIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 DENPASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i1.11964

Issue

Section

Articles