KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN PELAYAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11983Abstract
Kinerja guru di gugus PAUD Jempiring Kecamatan Denpasar Utara menunjukan kecenderungan rendah yangmenyebabkan rendahnya mutu pendidikan.Rendahnya knerja tersebut diduga dipengaruhi banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal tersebut seperti: disiplin kerja, etos kerja, motivasi kerja, minat, dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternal seperti: kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, komitmen organisasi, iklim kerja, dan lain-lain. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan pelayan kepala sekolah, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini diadakan di Gugus PAUD Jempiring Kecamatan Denpasar Utara, menggunakan pendekatan ex-post facto dengan populasi subyek yaitu guru PAUD sejumlah 45 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh.Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. dengan menggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana, regresi ganda, dan analisis korelasi parsial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecenderungan kepemimpinan pelayan kepala sekolah digugus PAUD Jempiring berada dalam kategori baik. Terdapat kontribusi yang signifikan kepemimpinan pelayan kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien kontribusi (rx1y) sebesar 0,572, determinasi sebesar 32,70%, dan sumbangan efektif (SE) sebesar 16,50% (2) Kecenderungan motivasi kerja guru di Gugus PAUD Jempiring berada dalam kategori baik. Terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru, dengan koefisien kontribusi (rx2y) sebesar 0,460, determinasi sebesar 21,20%.dan sumbangan efektif (SE) sebesar 11,60% 3) Kecenderungan disiplin kerja Guru di gugus PAUD Jempiring berada dalam kategori baik. Terdapat kontribusi yang signifikan disiplin kerja dengan kinerja guru, dengan koefisien kontribusi (rx3y) sebesar 0,855, determinasi sebesar 73,10% dan sumbangan efektif (SE) sebesar 53,80%. 4) Secara simultan terdapat kontribusi yang signifikan antar kepemimpinan pelayan kepala sekolah , motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di gugus PAUD Jempiring Kecamatan Denpasar Utara, dengan koefisien kontribusi (ry123) sebesar 0,905 dan determinasi (R2) sebesar 81,90%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)