KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN PELAYAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU

Authors

  • I Wayan Wijania Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11983

Abstract

Kinerja guru di gugus PAUD Jempiring Kecamatan Denpasar Utara menunjukan kecenderungan rendah yangmenyebabkan rendahnya mutu pendidikan.Rendahnya knerja tersebut diduga dipengaruhi banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal tersebut seperti: disiplin kerja, etos kerja, motivasi kerja, minat, dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternal seperti: kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, komitmen organisasi, iklim kerja, dan lain-lain. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan pelayan kepala sekolah, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini diadakan di Gugus PAUD Jempiring Kecamatan Denpasar Utara, menggunakan pendekatan ex-post facto dengan populasi subyek yaitu guru PAUD sejumlah 45 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan  teknik sampel jenuh.Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. dengan menggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana, regresi ganda, dan analisis korelasi parsial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecenderungan  kepemimpinan pelayan kepala sekolah digugus PAUD Jempiring berada dalam kategori baik. Terdapat kontribusi yang signifikan  kepemimpinan pelayan kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien kontribusi (rx1y) sebesar 0,572, determinasi sebesar 32,70%, dan sumbangan efektif (SE) sebesar 16,50% (2)  Kecenderungan motivasi kerja guru di Gugus PAUD Jempiring  berada dalam kategori baik. Terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru, dengan koefisien kontribusi (rx2y) sebesar 0,460, determinasi sebesar  21,20%.dan sumbangan efektif (SE) sebesar 11,60%   3) Kecenderungan disiplin kerja Guru di gugus PAUD Jempiring  berada dalam kategori baik. Terdapat kontribusi yang signifikan disiplin kerja dengan kinerja guru, dengan koefisien kontribusi (rx3y) sebesar 0,855, determinasi sebesar 73,10% dan sumbangan efektif (SE) sebesar 53,80%. 4) Secara simultan terdapat kontribusi yang signifikan  antar kepemimpinan pelayan kepala sekolah , motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru  di gugus PAUD Jempiring Kecamatan Denpasar Utara,  dengan koefisien kontribusi (ry123) sebesar 0,905 dan determinasi (R2) sebesar 81,90%.

Downloads

Published

2017-10-05

How to Cite

Wijania, I. W. (2017). KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN PELAYAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11983