POTENSI DUKUNGAN BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 : KASUS MUATAN SIKAP PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11987Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan mendeskripsikan nilai sikap spiritual, (2) menganalisis dan mendeskripsikan nilai sikap sosial, (3) menganalisis dan mendeskripsikan nilai budaya lokal dalam aktivitas anak kelas tinggi yang mendukung muatan sikap spiritual dan sikap sosial pada tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan variabel nilai sikap spiritual, nilai sikap sosial, dan nilai budaya lokal. Subjek penelitian ini adalah: budayawan, guru kelas IV, dan orang tua siswa. Instrumen yang digunakan adalah pencatatan dokumen dan pedoman wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil temuan menunjukkan muatan sikap spiritual yang muncul yaitu ketaatan beribadah, berperilaku syukur dan toleransi dalam beribadah. Muatan sikap sosial yang muncul yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan percaya diri. Potensi budaya lokal yang mendukung muatan sikap spiritual ketaatan beribadah adalah kegiatan sembahyang seperti mebanten saiban dan mesegeh; berperilaku syukur didukung oleh mendengarkan satua seperti Bawang Teken Kesuna; dan toleransi dalam beribadah didukung oleh salam budaya lokal seperti Om Swastiastu dan Om Shanti, Shanti, Shanti Om. Potensi budaya lokal yang mendukung muatan sikap sosial jujur adalah mendengarkan satua seperti I Lutung Teken I Kekua; disiplin didukung oleh permainan tradisional seperti magoak-goakan dan meong-meongan; tanggung jawab didukung oleh bernyanyi gending rare seperti Putri Cening Ayu; peduli didukung oleh mendengarkan satua seperti Bawang Teken Kesuna; dan percaya diri didukung oleh mendengarkan satua seperti Pan Balang Tamak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)