PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS KELAS 4 SD

Authors

  • Rini Susilowati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13870

Abstract

This type of research  is a class action research. The purpose of this research enhances students ' critical thinking ability by application of Problem Based Learning with  Audio Visual Media. Data were collected by using a sheet of observation and evaluation tests. The average percentage of critical thinking ability of students overall observation sheet on precyae 13.8% increase in cycle cycle I 69% and increased again in cycle II 96.5%. And the overall percentage on the test results the evaluation cycle I 44.8% increase in cycle II 96.6%. Thus the results showed that the application of problem based learning with audio visual media is able to enhance the critical thinking ability of students.

References

Arikunto , S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Christina, L. V., & Kristini, F. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Sholaria: Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 6(2), 217-230.

Faiz, F. (2012). Thingking Skill, pengantar menuju berpikir kritis. Yogyakarta: SUKA-Press.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95-101.

Kustandi, Cecep, & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nopia, R., Julia, & Sujana, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah, 1, No.1, 641-650.

Puspita, V., & Yuhelman, N. (2017, April). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning di Kelas III SD. Pendidikan dan Keguruan, VIII No.1.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika melalui Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Sholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.

Rahmawati , A., & Hizqiyah , I. N. (2017, Juni). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Defisiensi Nutrisi Tumbuhan pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasundan. J. Bio & Pend.Bio, 2, No.1, 21-25.

Redhana, I. W. (2012, November). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Sockratik untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa. Cakrawala pendidikan, XXXI, No.3.

Rusyna, A. (2014). Ketrampilan berpikir. Yogyakarta: Ombak.

Saputra, A. T. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 1, 1-16.

Sidi, J., & Mukminan. (2016, Juni). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP. Socia, 15. No.1, 52-72.

Suparno, & Iranto, D. (2014, Oktober). The Effect of PBL Method Using The Hypermedia to The Student' Critical Thinking Skill on The Social Studies Subject. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 2 No.2, 40-52.

Syaribuddin, Ibnu Khaldun, & Musri . (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audio Visual pada Materi Ikatan Kimia Terhadap Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik Sma Negeri 1 Panga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 04, No.02, hlm 96-105, 2016 .

Virgiana, A., & Wasitohadi, W. (2016). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN Gadu Ambong-Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6 (2), 100-118.

Zakiyah, S., Suryandari, K. C., & Wahyudi. (2017). Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA Tentang Gaya Siswa kelas V SD Negeri 1 Gebangsari Tahun ajaran 2016/2017. KALAM CENDEKIA, 5, No.3, 231-237.

Downloads

Published

2018-05-04

How to Cite

Susilowati, R. (2018). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS KELAS 4 SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13870

Issue

Section

Articles