PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSEP PERKALIAN SKALAR DUA VEKTOR

Authors

  • Yustina Rini Purwantati Sma Swasta Katolik Bhaktyarsa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatankan kompetensi professional pendidik dan meningkatkan prestasi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika   dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya.  Subjek penelitian ini adalah peserta didik Semester 2 MIPA 2 SMAS Katolik Bhaktyarsa Maumere. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengamatan,  ketrampilan berdiskusi peserta didik dengan tutorial, dan tes hasil akhir peserta didik. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif diskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh  yaitu persentase  keaktifan  peserta didik, ketelitian dalm penyelesaian soal dan ketuntasan belajar dan produk mengalami peneingkatan pada setiap siklus. Kemampuan rata-rata  peserta didik sebelum adanya implementasi tindakan berkategori kurang. Namun, setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata peserta didik menjadi berkategori baik. Hasil penelitian menunjukan (1) secara proses, pembelajaranmatematika konsep perkalian scalar dua vector  mengalami peningkatan yang signifikan. Sebelum implementasi tindakan, peserta didik masih belum aktif melakukan diskusi dan belum mampu bekerjasama dengan baik pada saat berdiskusi. Setelah implementasi tindakan, peserta didik menjadi aktif dan mampu bekerjasama dengan baik pada saat berdiskusi; (2) secara produk, dalam menyeleseiakan soal perkalian scalar dua vector memperoleh  skor rata-rata  86,67 untuk siklus I dan 89,92 untuk siklus II. Peningkatan prestasi belajar antar siklus yang diperoleh adalah  8,67% untuk ketuntasan klasikal dan 3,25 untuk rata-rata kelas

References

Ali, Muhammad, 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru

Asmani, J A. (2011). 7 Tips Aplikasi Pakem; (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta : Diva Press.

Djamarah, Syaiful, Bahri , 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful, Bahri , 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas, 2014. Pedoman Pengembangan Penilaian. Yogyakarta : Depdiknas

Hudojo, Herman, 2000. Strategi Mengajar Matematika , Bandung : IKIP.

Hendriansyah, Dede, Rita Milyartini, Engkur Kurdita. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Ornamen Suling Lubang Enam. Jurnal Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia Volume 1 Nomor 3.

Indriani, Angela Merici Fina , Siti Mutmainnah. 2014. Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Accounting and Business Education Volume 2 Nomor 4.

Indrianie, Niken Sholi. 2015. Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 1, Nomor 1.

Munthe, Lamhot. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 101740 Tanjung Selamat. Jurnal Handayani volume 3 Nomor 2.

Nera, Aprina, 2014. Perbandingan Metode Sokratis dan Tanya Jawab Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika. Palembang : Universitas PGRI.

Nurmala, Sukayasa, dan Baharuddin Paloloang. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 20 Toli-Toli Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 9

Idarta, Made, 2008. Cara Belajar Mengajar di Universitas Negara Maju. Jakarta : Bumi Aksara

Simanjuntak, Lisnawaty, dkk, 2003 Metode Mengajar Matematika,. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sunhaji. (2009). Strategi Pembelajaran, Konsep Dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Suyitno, I. (2011). Memahami Tindakan Pembelajaran; Cara Mudah dalam Perencanaan PTK. Bandung: PT. Refika Aditama.

Downloads

Published

2018-12-18

How to Cite

Purwantati, Y. R. (2018). PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSEP PERKALIAN SKALAR DUA VEKTOR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 385–394. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i3.16313