Efektivitas Media Maket 3 Dimensi Karakteristik Tanah Kota Padang pada Matakuliah Mitigasi Bencana
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21833Abstract
Penelitian ini didasari oleh pentingnya pengetahuan mengenai indek kerentanan tanah berdasarkan karakteristik tanah untuk mengurangi dampak kerusakan akibat gempa bumi di Kota Padang sebagai salah satu wilayah rawan gempa di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur efektvitas hasil pengembangan media maket 3D Karakteritstik tanah Kota Padang. Pengukuran efektivitas menggunakan instrument tes hasil belajar berupa soal objektif, pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t test, sampel penelitian adalah mahasiswa jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang berjumlah 20 orang masing-masing kelompok. Hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis yang diajukan diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan skor rata-rata hasil tes kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok control. Penelitian ini merekomendasikan bahwa penggunaan media maket 3D Karakteristik Tanah Kota Padang untuk memudahkan penyampaian materi terkait dengan karakteristik tanah kota Padang pada mata kuliah mitigasi bencana.
Kata kunci: Efektivitas, Media Maket, 3D, Karakteristik Tanah, Mitigasi Bencana
References
Aldjufri, Ghaniy Noval M. 2016. Pengembangan Media Maket 3D Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Hidrosfer dengan Model 4D untuk Siswa Kelas X SMA. Swara Bhumi, Volume IV Nomor 02, Hal 33-36. Tersedia Pada: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/17961/16367.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers.
Badrul Mustafa . 2010. Analisis Gempa Nias Dan Gempa Sumatera Barat Dan Kesamaannya Yang Tidak Menimbulkan Tsunami. Jurnal Ilmu Fisika (Jif), Vol 2 No 1, Maret 2010
BNPB. 2009. Total damage and verification for West Sumatera due to Padang earthquake, available at http://www.bnpb.go.id
Daryanto. 2010. Media pembelajaran, peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta. Gava media.
Hermita, Rani. 2015. Fungsi Maket Sebagai Media Visual pada Karya Desain Interior. Jurnal Proporsi, Vol. 1 No.1 Hal. 16-27. Tersedia Pada: http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/article/download/494/605.
Isra, A.M. 2010. Kajian Kebencanaan. Jurnal Teknik Arsitektur, Vol 1, No 1, Universitas Bung Hatta, 2010
Rusnardi, Kiyono, Hari Ram Parajuli. 2012. Seismic Hazard Analysis For Indonesia, Journal of Natural Disaster Science, Vol. 33, No.3 pp.59-70, June 2012, Vol. 33, No.3 pp.59-70, Japan.
Tritono, Rahmat. 2015. Review Gempabumi Sumatera Barat 30 September 2009 Sebagai Upaya Mitigasi Bencana. https://www.eoffice.bmkg.go.id/Dokumen/Artikel/Artikel_20150930095815_0717xn
Wulansari, Melisa Dwi. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Maket dalam Pembelajaran Geografi pada Tema Hidrosfer (Sub Bab Jenis Perairan Sungai) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tanjunganom, Nganjuk. Swara Bhumi, Vol. 3 No. 2 Hal.11-18. Tersedia Pada: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/6244.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)