Penerapan Kegiatan Bermain Gawang Pintar dalam Menumbuhkan Minat dan Pengembangan Konsep Matematika pada Anak TK

Authors

  • Putu Surniyati TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21835

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat dan pengembangan konsep matematika terhadap siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian adalah siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan sebanyak 17 orang. Kemampuan matematika awal siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan mengalami peningkatan dengan penerapan metode bermain gawang pintar. Pada siklus I sebaran nilai kemampuan matematika permulaan anak, yang dinyatakan tuntas 76,47% dan tidak tuntas 23,53%. Pada siklus II sebaran nilai hasil observasi kemampuan kognitif anak, yang dinyatakan tuntas 88,24%dan tidak tuntas 11,76%. Berdasarkan ketuntasan belajar (KB) yang ditetapkan penelitian ini sudah berhasil. Saran dalam penelitian inia yaitu kepada guru untuk lebih memanfaatkan permainan yang sederhana yang dapat memicu perkembangan matematika anak.

 

Kata kunci: Matematika, Taman Kanak-Kanak, Gawang Pintar, Bermain

References

Aisyah, Siti. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas terbuka.

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2000). Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, 2005. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009. Jakarta: Depdiknas.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kemis, W.C. & Taggart, R. M. 1988. The Action Research Planner. Geelong Victoria: Deakin University.

Megawangi, Ratna dkk. (2005). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan. Jakarta:Indonesia Heritage Foundation.

NAEYC (National Association of Early Childhood). (2010). DAP. [online]. Tersedia: www.naeyc.org. [21 Juni 2010].

Papalia, Diane E.. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Papalia, Diane E. Sally Wendkos Old, dan Ruth Duskin Feldman. 2008. Human Development, Edisi Kesembilan. Jakarta: kencana Prenada Media Group.

Rifa. (2009). Nobel dan Pendidikan Matematika Bagi Usia Dini. [online]. Tersedia: www.pontianakpos.com. [11 Maret 2013].

Rohmitawati. (2006). Mengasah Kecerdasan Matematika Logis Anak Sejak Usia Dini. [online]. Tersedia: www.p4tkmatematika.org. [26 Januari 2012].

Santrock, J.W. (1995). Perkembangan Masa Hidup (Jilid I). Alih Bahasa:Achmad Chusairi&Juda Damanik. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. (2007). Child Development (Eleventh Edition). Americas-New York: The McGraw-Hill Companies.

Sudono, Anggani. (2000). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru. Bandung: Algensindo.

Sujiono, Yuliani N. dan Sujiono, Bambang. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Indeks.

Suparno, Paul. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget . Yogyakarta: Kanisius.

Suyatno. (2005). Permainan pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Gramedia.

Downloads

Published

2019-11-13

How to Cite

Surniyati, P. (2019). Penerapan Kegiatan Bermain Gawang Pintar dalam Menumbuhkan Minat dan Pengembangan Konsep Matematika pada Anak TK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 271–279. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21835