Peningkatan Matematika Awal dengan Cara Bermain pada Siswa Kelompok A1
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21838Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan konsep matematika awal (permulaan) terhadap siswa Kelompok A1 Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Kecamatan Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian adalah siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan sebanyak 17 orang. Kemampuan matematika awal (kognitif) siswa TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan mengalami peningkatan dengan penerapan metode bermain, khususnya dengan permainan congklak. Pada siklus I sebaran nilai kemampuan matematika awal anak yang dinyatakan tuntas 70,05%dan tidak tuntas 29,42%, dengan skor rata-rata sebesar 73,45 dengan daya serap anak (DSA) 73,45%, standar deviasi sebesar 5,68. Pada siklus II sebaran nilai hasil observasi kemampuan matematika awal anak, yang dinyatakan tuntas 94,12% dan tidak tuntas 5,88% dengan nilai rata-rata sebesar 82.00 dengan daya serap anak (DSA) 82.00%, standar deviasi sebesar 5.95.
Kata kunci: Matematika, Taman Kanak-Kanak, Permainan, Bermain
References
Aisyah, Siti. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas terbuka.
Aji. (2008). Mengenang Permainan Congklak. [online]. Tersedia: www.matabumi.com. [10 Maret 2013].
Alviani. Z.K. (2009). Efektivitas Metode Permainan Tradisional utuk Mengembangkan Keceerdasan Interpersonal Anak. Skripsi. Tidak diterbitkan. PPB FIP UPI.
Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. (2000). Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas, 2005. Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009. Jakarta: Depdiknas.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Exfat. (2009). Congklak Permainan Tradisional Indonesia. [online]. Tersedia: www.budayangeblog.wordpress.com. [ 10 Maret 2013].
Hayati, A.K. (2010). Beberapa Implementasi Algoritma Greedy dalam Permainan Congklak. Makalah pada Program Studi teknik Informatika . Bandung: ITB.
Husna, A. (2009). (2009). 100+Permainan Tradisional Indonesia Untuk Kreativitas, Ketangkasan, dan Keakraban. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET
Kemis, W.C. & Taggart, R. M. 1988. The Action Research Planner. Geelong Victoria: Deakin University.
Kurniati, Euis. (2006). Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Pedagogia,Vol.4, No. 2, 123.
Kusmaedi, Nurlan. (2009). Permainan Tradisional. Sumedang: UPI.
Megawangi, Ratna dkk. (2005). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan. Jakarta:Indonesia Heritage Foundation.
NAEYC (National Association of Early Childhood). (2010). DAP. [online]. Tersedia: www.naeyc.org. [21 Juni 2010].
Papalia, Diane E.. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Papalia, Diane E. Sally Wendkos Old, dan Ruth Duskin Feldman. 2008. Human Development, Edisi Kesembilan. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
Rifa. (2009). Nobel dan Pendidikan Matematika Bagi Usia Dini. [online]. Tersedia: www.pontianakpos.com. [11 Maret 2013].
Rohmitawati. (2006). Mengasah Kecerdasan Matematika Logis Anak Sejak Usia Dini. [online]. Tersedia: www.p4tkmatematika.org. [26 Januari 2012].
Santrock, J.W. (1995). Perkembangan Masa Hidup (Jilid I). Alih Bahasa:Achmad Chusairi&Juda Damanik. Jakarta: Erlangga.
Santrock, J.W. (2007). Child Development (Eleventh Edition). Americas-New York: The McGraw-Hill Companies.
Sudono, Anggani. (2000). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru. Bandung: Algensindo.
Sujiono, Yuliani N. dan Sujiono, Bambang. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Indeks.
Suparno, Paul. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget . Yogyakarta: Kanisius.
Suyatno. (2005). Permainan pendukung Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)