Analisis Perbandingan Pemerolehan Kosakata Bahasa Bali pada Balita
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21839Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemerolehan kosa kata bahasa Bali pada balita di Perumahan Padang Asri dengan di Banjar Jerowan Tumbak Bayuh, dan perbedaan pemerolehan kosa kata bahasa Bali di Perumahan Padang Asri dengan di Banjar Jerowan Tumbak Bayuh. Metode yang dibunakan dalam memeroleh data pad penelitian ini adalah metode Observasi Sebelum melakukan penelitian, pertama-tama mengobservasi atau survei lokasi yang akan dijadikan tempat penelitian, setelah itu peneliti menentukan siapa yang cocok dijadikan subjek penelitian ini, metode yang kedua adalah metode teknik rekam. Dalam penelitian ini peneliti mengguakan teknik merekam gambar (rekaman) dalam mendapatkan data. Alat perekam yang peneliti gunakan berupa telepon genggam (HP) milik pribadi. Teknik ini digunakan agar data yang diperoleh lebih jelas dan valid. Peneliti merekam gambar ketika anak balita dan orang tuanya sedang berkomunikasi. Di dalam rekaman tersebut, peneliti akan lebih mudah mengetahui kosa kata bahasa bali apa saja yang keluar dalam percakapan antara balita dengan orang tuanya tersebut. Subjek penelitian ini adalah anak balita usia satu sampai lima tahun dari kedua lokasi yang toalnya mencapai 20 anak balita. Objek penelitian ini adalah kosa kata bahsa bali. Data dianalisis melalui hasil rekaman balita yang sedang berinteraksi dengan orang tuanya. Hasil Pemerolehan kosa kata bahasa Bali pada anak balita di perumahan padang asri memang masih kurang dibandingkan dengan di desa Tumbak Bayuh yang mecapai 115 kosa kata bahasa bali total dalam waktu 50 menit dibandingkan dengan di perumahan padang asri yang mencapai 40 kosa kata bahsa Bali.
Kata kunci: Pemerolehan Kosa Kata Bahsa Bali, Metode Obsevasi, Teknik Rekam, dan Hasil Penelitian
References
Ari. 2017. Teori Pemerolehan Bahasa. Tersedia pada https://tulisanterkini.com/artikel/bahasa/12008-teori-pemerolehan-bahasa-language-acquisition.html. diunduh pada tanggal 30 Maret 2019
Arnawa, Nengah. 2005. Bahasa Bali Usia Anak-Anak Kajian Metabahasa Semantik Alami. Disertasi tidak diterbitkan : Denpasar
Aryastini, Dwi. 2015 Model Pembelajaran Berbadid Masalah Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XI UPWSMK WIRA Harapan Tegal Jaya Dalung. Tesis tidak diterbitkan : Singaraja
Beranda ilmu. 2016. Teori Bahasa ibu. Tersedia pada http://berandailmu33.blogspot.com/2016/11/makalah-bahasa-ibu-lengkap.html. diunduh pada tanggal 30 Maret 2019
Baradja, M.F. 1989. Kapita Selekta Pengajaran Bahasa. Malang : IKIP Malang.
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta : PT Rineka Cipta
Dardjowidjodjo, Soendjono. 2000. ECHA Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta : Grasindo Gramedia Widiarsana Indonesia
Dharmowidjono, Widjajandi. 2009. Psikolinguistik Teori Kemampuan Berbahasa dan Pemerolehan Bahasa Anak. Denpasar : Udayana University Press
Fandi, Irvan. 2017. Pengertian Bahasa Ibu. Tersedia pada. https://www.kompasiana.com/juanasaf/54ff7b52a33311a64c51039d/apa-yang-dimaksud-bahasa-ibu-itu Diunduh pada tanggal 30 Maret 2019.
Nurliya Febrisma. 2013. Upaya Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode Bermain Peran pada Anak Tunagrahita Ringan (PTK Kelas DV di SLB Kartini Batam). E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) Vol. 1 No. 2 Hal. 109121. Tersedia Pada: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/1150/999.
Iskandarwassid. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Khoirun Nissa, Intan. 2007. Hakikat Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Tersedia pada http://sedikitbicarabanyakilmu.blogspot.com/2013/07/hakikat-pemerolehan-bahasa-anak.html). Diunduh pada tanggal 23 Juli 2019
Lestari, Pasek. 2019. Prinsip Kerjasama Dalam Novel Magening Karya Wayan Jengki Sunarta. Tesis tidak diterbitkan : Singaraja.
Marta, I Nengah. 2012. Buku Ajar Pemerolehan Bahasa Kedua. Modul tidak diterbitkan : Singaraja.
Pranata, Rio. 2017 Teoori Pembelajaran Bahasa. Tersedia pada . http://pranatario.blogspot.com/2017/01/makalah-teori-pembelajaran-bahasa.html. Diunduh pada tanggal 30 Maret 2019
Prasetyo, Agung. 2016.Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif. Tersedia pada https://www.linguistikid.com/2016/09/pengertian-penelitian-deskriptif-kualitatif.html. diunduh pada tanggal 3 Juli 2019
PPG Sparda. 2010. Hakikat Bahasa Indonesia. Tersedia pada. http://ppg.spada.ristekdikti.go.id/mod/page/view.php?id=2253). Diunduh pada tanggal 23 Juli 2019
Sari, Santika Damayanti. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Melalui Model Think Talk Write dengan Pemanfaatan Media Kliping Foto Jurnalistik Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 8 Batang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 5 No. 1 Hal. 25-30. Tersedia Pada: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi. 30 Maret 2019.
Sudira, I Nyoman Seloka. 2006. Modul Pembinaan dan Pengajaran Bahasa Indoneisa. Modul tidak diterbitkan : Singaraja
Tarigan, Henry Guntur. 1988. Pengajaran Kedwibahasaan. Bandung : Angkasa
Tarigan, Hendry Guntur. 1984. Psikolinguistik. Bandung : Angkasa
Terre, Cinque. 2014. Pengertian Kosa Kata Menurut Para Ahli. Tersedia pada (https://sastrawacana.id/pengertian-kosakata/). Diunduh pada tanggal 30 April 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)