LKS PEMBELAJARAN STEM BERDASARKAN KEMAMPUAN 4C DENGAN MEDIA LIGHTNING TAMIYA CAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25312Keywords:
LKS, Pembelajaran STEM, FGDAbstract
Bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS) di Sekolah Dasar umumya lebih kepada soal-soal evaluasi dan dijadikan sebagai alat penilaian kognitif bagi siswa. Sedangkan, makna LKS yang sebenarnya adalah sebagai gambaran proses tahapan belajar siswa untuk mendapatkan konsep/ pengetahuan. Hadirnya kurikulum 2013 mengharuskan guru untuk mendidik siswa melalui sejumlah aktivitas agar memiliki keterampilan abad 21 atau sering disebut 4C ( commication, collaboration, critical thinking dan creativity). Pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 bersifat tematik dengan harapan siswa mampu menemukan maupun menerapkan konsep secara langsung pada saat pembelajaran. Hadirnya pembelajaran berbasis STEM ( Science, Technology, Engineering, and Mathematic) dengan tujuan sebagai upaya mengembangkan paket pembelajaran terpadu untuk kurikulum 2013. Penerapan pembelajaran STEM dengan menggunakan LKS akan menjembatani paket pembelajaran terpadu (tematik) yang berfokus pada pembelajaran sains/IPA dan matematika, kemudian akan menghasilkan produk dengan kemampuan 4C pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data Diskusi Kelompok Terarah (FGD). FGD dalam penelitian ini digunakan sebagai alat pengumpulan data pra-research yang bertujuan untuk mendapatkan data dan gambaran awal tentang LKS pembelajaran STEM. Subjek data diperoleh dari 25 orang siswa Sekolah Dasar kelas 6 di SDIT Al- Idrisiyyah. Seluruh siswa berjumlah 25 siswa dengan guru menerapkan pembelajaran STEM dengan media Lightning Tamiya Car, siswa dibagai menjad 5 kelompok besar untuk membuat media Lightning Tamiya Car dengan menggunakan konsep STEM. Dengan demikian kesimpulannya LKS Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di SD layak digunakan.
References
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindi Persada.
Bmns. (2015). Worksheet for Ethics Instruction and Exercises in Reason.
Fatimah, S., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2019). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Outdoor Berbasis STEM di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 6(1), 101–107. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Fitriani Nursyaripah, Karlimah, G. H. (2016). Pada Subtema Macam-Macam Sumber Energi the Development of the Students Worksheet- Based Scientific Approach. 228–237.
Hamdu, G. (2016). Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah secara Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: Pelangi Press.
Hamdu, G., Sopandi, W., & Nahadi. (2018). Debriefing program for prospective elementary school teachers in developing learning AIDS. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 17(6), 112–126. https://doi.org/10.26803/ijlter.17.6.7
Hamdu, G., & Yulianto, A. (2018). The Ability of Prospective Preservice Elementary School Teachers to Develop Student Worksheets on Context-Based Science Learning. Mimbar Sekolah Dasar, 5(3), 155. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i3.14503
Indrizal, E. (2016). DISKUSI KELOMPOK TERARAH Focus Group Discussion (FGD) (Prinsip-Prinsip dan Langkah Pelaksanaan Lapangan). FISIP Universitas Andalas, Padang, 75–82.
Kosasih. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kurniasih, Y., Hamdu, G., Abdul, D., & Lidinillah, M. (2020). Asesmen Kinerja Berpikir Kritis pada Pembelajaran STEM dengan Media Lightning Tamiya Car. 4(2), 175–185.
moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). in PT Remaja Rosdaya Karya.
Nashirotun, N., & Rohayati, S. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Di Kelas Xi Perban Kan Smk Assa ’ Adah Bungah Gresik. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 3(2), 51–60.
Omar, D. (2018). Focus group discussion in built environment qualitative research practice. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 117(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/117/1/012050
Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2016–2023. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/173124-ID-stem-education-inovasi-dalam-pembelajara.pdf
prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. jogjakarta: DIVA Press.
Purnama, S. G. (2015). Panduan Focus Group Discussion ( FGD ) dan Penerapannya Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana Kata Pengantar. 1–15.
Senam, D. (2010). Efektivitas Pembelajaran Kimia untuk siswa SMA kelas XI dengan menggunakan LKS Berbasis Life Skill. Didaktika, 9 (3).
Septiawiyati, A. C., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 172–181.
Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204.
Yasa, A. D., Suastika, K., & Zubaidah, R. S. A. N. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 30–37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)