Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.25502Keywords:
Hasil Belajar, Keterampilan Berbicara, Media Animasi, Model Problem Based Learning (PBL)Abstract
Rendahnya keterampilan berbicara siswa yang disebabkan karena guru cenderung menggunakan metode konvensional serta kurangnya media pembelajaran yang membantu siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas model problem-based learning berbantuan media animasi terhadap keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dalam bentuk Quasy Experimental Design (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 20 siswa dan VC yang berjumlah 20 siswa, yang dipilih secara random. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel (10.9 < 3.442) artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata keterampilan berbicara siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah perlakuan, serta thitung>ttabel (10.5 < 2.776) artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah perlakuan. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa pada penggunaan model PBL berbantuan media animasi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
References
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology, 2(2), 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561.
Ali, M. (2010). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arsyad, M. (1991). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aziz, Z. (2019). Fluxus Animasi dan Komunikasi di Era Media Baru Digital. Channel Jurnal Komunikasi, 7(1), 49–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017
Candra Lestari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331
Desimyari, Putra, & Manuaba. (2018). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. International Journal of Elementy Education, 2(3), 28–289. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15969
Diah, & Riyanto. (2016). Problem-Based Learning Model In Biology Education Courses To Develop Inquiry Teaching Competency Of Preservice Teachers. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 47–57. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8364
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Gunantara, Suarjana, & Riastini. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058
Hadi, & Rahmantika. (2016). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2925
Harliawan, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan hasil belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ekuitas, 3(1). https://doi.org/http://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12786
Huda, M. (2014). Cooperative Learning:Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Irwandi. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(1), 25–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321
Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 80–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i3.4261
Janattaka, & Ghufron. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Metode Kooperatif Jigsaw Di Kelas 4 SDN 1 Jimbung Klaten. Jurnal Prima Edukasia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2647.
Kasih, F. (2017). Pengembangan Film Animasi dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar di SMA. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737
Lailiyah, & Wulansari. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. JP (Jurnal Pendidikan), 1(2), 166–173. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jp.v1n2.p166-173.
Larasati, N., Susongko, P., & Isnani. (2017). Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Discovery Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 1(1), 35–42.
Lisiswanti, Saputra, & Windarti. (2016). Peranan Media Dalam Pembelajaran. 102–105.
Muzakki, & Manan. (2016). Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Interaktif Pokok Bahasan Gaya pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 147–152. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1802
Nur, S., Pujiastuti, & Rahman. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105
Pratiwi, Abdussamad, & Syambasril. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Problem Based Learning Di S Negeri 2 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13038
Riyanti, D. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Media Pop Up Pada Siswa Kelas II SD N Widoro Kecamatan Pengasih. Basic Education, 4(16). Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1192
Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma: Jurnal Komputer Dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019
Rosmilasar. (2018). Animasi Pendidikan Untuk Menigkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 23(3), 183–192. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/16434/9853
Ruiyat, Yufiarti, & Karnadi. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518–526. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256
Rusman. (2014). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Serevina, & Dkk. (2018). Development of E-module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill”. Journal of Educational Technology, 17(3), 26–36. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1184205
Shofiyah, F. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
Siddiq, Sudarma, & Simamora. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/28928
Simbolon, N. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswasma Negeri 14 dan 21 Medan. Cakrawala Pendidikan, 33(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2149/pdf
Sumardjoko, & Musyiam. (2018). Model Of Civic Education Learningbased On The Local Wisdom For Revitalizing Values Of Pancasila. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 201–211. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/18037/pdf
Syairani, & Tarigan. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Ekosistem Di Kelas X Sma Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4008
Tarigan, G. (1981). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)