Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar

Authors

  • Fernanda Shella Elvira Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang
  • Sunan Baedhowi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.25502

Keywords:

Hasil Belajar, Keterampilan Berbicara, Media Animasi, Model Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Rendahnya keterampilan berbicara siswa yang disebabkan karena guru cenderung menggunakan metode konvensional serta kurangnya media pembelajaran yang membantu siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas model problem-based learning berbantuan media animasi terhadap keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dalam bentuk Quasy Experimental Design (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 20 siswa dan VC yang berjumlah 20 siswa, yang dipilih secara random. Hasil penelitian menunjukkan thitung > ttabel (10.9 < 3.442) artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata keterampilan berbicara siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah perlakuan, serta thitung>ttabel (10.5 < 2.776) artinya terdapat perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah perlakuan. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa pada penggunaan model PBL berbantuan media animasi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

References

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology, 2(2), 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561.

Ali, M. (2010). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arsyad, M. (1991). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aziz, Z. (2019). Fluxus Animasi dan Komunikasi di Era Media Baru Digital. Channel Jurnal Komunikasi, 7(1), 49–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017

Candra Lestari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(4), 355. https://doi.org/10.23887/jear.v2i4.16331

Desimyari, Putra, & Manuaba. (2018). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. International Journal of Elementy Education, 2(3), 28–289. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15969

Diah, & Riyanto. (2016). Problem-Based Learning Model In Biology Education Courses To Develop Inquiry Teaching Competency Of Preservice Teachers. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 47–57. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8364

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Gunantara, Suarjana, & Riastini. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058

Hadi, & Rahmantika. (2016). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 84–91. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2925

Harliawan, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Untuk Meningkatkan hasil belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ekuitas, 3(1). https://doi.org/http://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12786

Huda, M. (2014). Cooperative Learning:Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Irwandi. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Pionir Jurnal Pendidikan, 9(1), 25–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321

Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 80–86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i3.4261

Janattaka, & Ghufron. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Metode Kooperatif Jigsaw Di Kelas 4 SDN 1 Jimbung Klaten. Jurnal Prima Edukasia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2647.

Kasih, F. (2017). Pengembangan Film Animasi dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar di SMA. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737

Lailiyah, & Wulansari. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. JP (Jurnal Pendidikan), 1(2), 166–173. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jp.v1n2.p166-173.

Larasati, N., Susongko, P., & Isnani. (2017). Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Metode Discovery Learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 1(1), 35–42.

Lisiswanti, Saputra, & Windarti. (2016). Peranan Media Dalam Pembelajaran. 102–105.

Muzakki, & Manan. (2016). Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Interaktif Pokok Bahasan Gaya pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 147–152. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1802

Nur, S., Pujiastuti, & Rahman. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105

Pratiwi, Abdussamad, & Syambasril. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Problem Based Learning Di S Negeri 2 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12). Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13038

Riyanti, D. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penggunaan Media Pop Up Pada Siswa Kelas II SD N Widoro Kecamatan Pengasih. Basic Education, 4(16). Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1192

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma: Jurnal Komputer Dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019

Rosmilasar. (2018). Animasi Pendidikan Untuk Menigkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 23(3), 183–192. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/16434/9853

Ruiyat, Yufiarti, & Karnadi. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518–526. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256

Rusman. (2014). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Serevina, & Dkk. (2018). Development of E-module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill”. Journal of Educational Technology, 17(3), 26–36. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1184205

Shofiyah, F. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Siddiq, Sudarma, & Simamora. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/28928

Simbolon, N. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswasma Negeri 14 dan 21 Medan. Cakrawala Pendidikan, 33(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2149/pdf

Sumardjoko, & Musyiam. (2018). Model Of Civic Education Learningbased On The Local Wisdom For Revitalizing Values Of Pancasila. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 201–211. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/18037/pdf

Syairani, & Tarigan. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Ekosistem Di Kelas X Sma Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.4008

Tarigan, G. (1981). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Elvira, F. S., Roshayanti, F., & Baedhowi, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 511–521. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.25502