Kontribusi Faktor Mendasar Kepuasan Kerja: Fondasi Pengembangan Profesionalitas Tenaga Pendidik

Authors

  • Ratnawati Susanto

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25665

Keywords:

profil guru, kepuasan kerja, perilaku kerja

Abstract

Lembaga pendidikan yang berbasis nilai-nilai spiritual religiusitas atau keagamaan akan sangat menekankan faktor mendasar kepuasan kerja sebagai  fondasi pengembangan profesionalitas tenaga pendidik, sedangkan kepuasan kerja sangat dipenegrauhi oleh faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menentukan tingkat kepuasan kerja guru yang bekerja dalam wadah MPK KAJ sebagai lembaga berbasiskan spiritual religiusitas, (2) mengetahui kontribusi faktor mendasar yang berperan pada kepuasan kerja. Subjek penelitian adalah guru SMTA MPK KAJ. Jumlah sampel 130.  Pendekatan penelitian kuantitatif  dengan metode survey. Analisis data dengan statistik deskriptif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) sebesar 96 guru (76%) sangat puas, 30 guru (41%) puas dan 0 guru (0%) yang tidak puas, (2) Kepuasan kerja karena keakraban dan kerjasama sebesar 19%, kepuasan kerja karena status dan penghargaan sebesar 17%, kepuasan kerja karena pemenuhan kebutuhan mengajar sebesar  16%, kepuasan kerja karena fasilitas kerja sebesar 16%, kepuasan kerja karena kesempatan berkarir sebesar 16% dan kepuasan kerja karena gaji sebesar 15%. Temuan ini memberikan penegasan simpulan bahwa guru-guru SMTA MPK KAJ yang merupakan guru-guru yang bekerja dengan misi semangat pendiri, dengan visi dan misi spiritual religiusitas memiliki kepuasan kerja yang didasari pula oleh makna spiritual yang mendasar yang didasarkan para relasi  hubungan dan makna cinta kasih berupa kepuasan kerja yang tercipta karena keakraban dan kerjasam

References

Asari. 2017. Effect Of Personality, Organizational Climate, And Work Satisfaction On Organizational Citizenship Behavior Teacher. International Journal Of Human Capital Management, Vol 1 (2), hlm 45-51.

Colquitt, L. & Wesson. 2009. Organizational Behavior, Improving Performance and Commitment in the Workplace. NewYork : McGraw Hill.

Hasanah. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Guru. Manajer Penddikan, Vol 9(1), hlm 86-94.

Inanna. 2018. Peran Pendidikan Dalam Membangun Karakter Bangsa Yang Bermoral. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol 1(1), hlm. 27-33.

John R. Schermerhorn and H. Osborn. 2005. Basic Organizational Behaviour. NewYork: John Welly & Sons.

Juhji. 2016. Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. STUDIA DIDAKTIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 10 (1), hlm 52-62.

Kinicki dan Kreitner. 2008. Organizational Behavior, Key Concepts, Skills dan Best Practices. NewYork : McGraw Hill.

Liana, Yuyuk. 2012. Iklim Organisasi Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol 1(2), hlm. 15-30.

Luthans, F. 2008. Organizational Behavior. New York: McGraw Hill International.

Njiru, Leah Muthoni. 2014. Job Satisfaction and Motivation among Teachers of Kiharu District in Kenya. Mediterranean Journal of Social Sciences, Vol 5 (5), hlm 135-152.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol 1(1), hlm 24.22.

Raziq, Abdul & Raheela Maulabakhsh. 2015. Impact of Working Environment on Job Satisfaction. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol 23, hlm 717-725.

Rusydiati. 2017. Kepuasan Kerja Guru Terhadap Prestasi Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidik,Vol 11(1), hlm 43-52.

Shabir U, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Auladuna, Vol 2(2), hlm 221-232.

Stephen P & Timothy A. Judge. 2007. Organizational Behavior. New York: Prentice Hall.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian manajemen. Jakarta : Rineka.

Susanto, J. 2012. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru SMK Negeri kelompok teknologi di Kabupaten Boyolali. E-Jurnal: eprints.uny.ac.id/8225/1/1%20-%2010702259038.pdf

Tabancali, Erkan. 2016. The Relationship between Teachers’ Job Satisfaction and Loneliness at the Workplace. Eurasian Journal of Educational Research, issue 66, hlm 263.280.

Tukiyo. 2015. Motivasi dan Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, hlm 158.168.

Usop, Annierah Maulana., dkk. 2013. Work Performance and Job Satisfaction among Teachers. International Journal of Humanities and Social Science, Vol 3 (1), hlm 245-252.

Yenti, Febri. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja Guru Di Smp Negeri Kota Padang Panjang. Jurnal EDUCATIO Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol 1 (1), hlm 43-52

Downloads

Published

2020-06-21

How to Cite

Susanto, R. (2020). Kontribusi Faktor Mendasar Kepuasan Kerja: Fondasi Pengembangan Profesionalitas Tenaga Pendidik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 232–248. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25665

Issue

Section

Articles