Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436Keywords:
science teaching materials, contextual-based learning, Tri Hita KaranaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar IPA berbasis kontekstual dengan konsep Tri Hita Karana untuk siswa kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) mengadopsi dari model R & D yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap penyusunan draft bahan ajar, uji ahli, dan uji lapangan dalam skala terbatas. Sample penelitian ini berjumlah 32 orang, terdiri dari 17 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas bahan ajar yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid. (2) Kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan tergolong dalam kategori praktis. (3) Efektivitas bahan ajar yang dikembangkan tergolong dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar kelayakan bahan ajar sehingga mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa.
References
Abidin Pasaribu, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual untuk Meremidiasi Miskonsepsi pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 36–47.
Astiti, K. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Kontekstual pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(1), 29–34.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Gava Media.
Dharsana, K. S. K. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas VII SMP. Universitas Pendidikan Ganesha.
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339
Hera, R,. Khairil, & H. (2014). Pengembangan Handout Pembelajaran Embriologi Berbasis Kontekstual Pada Perkuliahan Perkembangan Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika, 2(2), 223–229.
Hidayah, D. N., & Priscylio, G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mandiri Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Menggunakan Software Camtasia. Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1), 50–64. https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.4093
MANIK, I., Lasmawan, M., & Marhaeni, M. (2015). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Motivasi Dan Perestasi Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Tulamben. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 124676. https://media.neliti.com/media/publications/124676-ID-pengaruh-pendekatan-kontekstual-terhadap.pdf
Martha, N. U., & Andini, N. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Banjarnegara. JINOP, 5(2), 185–197. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9992
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Oktaviani, W., Gunawan, & S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 1–7.
Perwitasari, S., Wahjoedi, & Akbar, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 278–285.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Kencana Prenada Media Group.
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95
Redhana, I. . (2007). Chemistry Teachers’ Views towards Teaching and Learning and Assessment of Critical Thinking Skills. The First International on Science Education.
Sardijyo, dan P. P. (2005). Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan, 6(2), 83–96.
Sari Astiti, N. N., Lasmawan, I. W., & Akhmad Haris, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Quantum Teaching Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vii. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(2), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2825
Sartini. (2006). Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah kajian Filsafat.
Satriawan, M., & R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(1).
Syafii. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Ornamen Berbasis Candi di Jawa Tengah: Studi Identifikasi Candi Gedongsanga. Jurnal Imajinasi, XI(2), 117–124. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/imajinasi.v11i2.12813
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Weriyanti, W., Firman, F., Taufina, T., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Strategi Question Student Have di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 476–483. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374
Winaya, A., Priantini, DW. A. M., & Widiastuti, N. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Pembelajaran Tematik di SD Kelas III Gugus 6 Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali. Jurnal Kajian Pendidikan: Widya Accarya, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.19016/jcshokuriku.3.0_1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)