Kontribusi Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28564Keywords:
learning media, professional competence, learning achievementAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni eksplanasi untuk menjelaskan ada tidaknya pengaruh variabel pemanfaatan media pembelajaran dan kompetensi profesional guru secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk data primer dan data sekunder menggunakan nilai rapor mata pelajaran IPS. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis validitas, reliabilitas, dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Y=64,203-2,511X1+ 8,577X2. Selain itu, berdasarkan hasil uji F, nilai Ftabel sebesar 3,806. Dengan demikian, variabel pemanfaatan media pembelajaran dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan secara parsial, variabel pemanfaatan media pembelajaran tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan variabel kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
References
Agot, K., Rusno, R., & Walipah, W. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Di Smp Negeri 03 Kepanjen. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.21067/jrpe.v4i1.3771
Arumsari, D. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 5 Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 13–25. https://doi.org/10.25273/jap.v6i1.1290
Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Undiksha, March.
Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal PGSD, Undiksha, March.
Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(April), 32–42.
Fitriani, C., AR, M., & Usman, N. (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(2), 88–95.
Gani, A. A. (2019). Interaksi Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 82–87. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.677
Iskandar, A., Nasrul, & Iskandar. (2020). Pengaruh ragam metode pembelajaran terhadap capaian prestasi belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 201–220.
Mariskhana, K. (2019). Prestasi Belajar Sebagai Dampak Dari Minat Baca Dan Bimbingan Belajar Siswa IPS. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1), 71–78.
Pratama, A. R., & Rusdarti. (2019). Pengaruh Kemandirian, Lingkungan Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Ips. 8(1), 148–162.
Rahayu, T., & Thomas, P. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Interrvening Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 711–726.
Rahmawati, A. S., & Astuti, A. P. (2017). Pengaruh kompetensi profesional guru kimia terhadap keterampilan pembelajaran laboratorium siswa kelas XIII SMA N 11 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang 48, 05(01), 47–55.
Ratnasari, M. (2012). Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Depok tahun ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 208–225.
Rocha, N., Santoso, S., & Muchsini, B. (2017). Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar perpajakan di SMK. Jurnal Tata Tarta, UNS, 3(3), 94–104.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115–123.
Syaidah, U., Suyadi, B., & Ani, H. M. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8316
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan the Role of Instructional Media To Improving. Komunikasi Pendidikan, 2(2), 105.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)